10 Nov 2022

Keunggulan Fasilitas Perpustakaan Digital di Sampoerna University

Artikel,

Siapa yang tidak mengenali perpustakaan? Perpustakaan merupakan sebuah tempat yang dimana terdapat banyak buku yang bisa kita baca dan pinjam untuk membawanya ke rumah. Di zaman yang sudah canggih ini, kita tidak perlu melakukan kedua hal tersebut secara konvensional karena terdapat yang namanya perpustakaan digital.

Perpustakaan digital atau e-library merupakan tempat untuk membaca dan meminjam buku, namun melakukannya hanya dengan melalui perangkat digital, seperti laptop atau komputer, handphone, tablet, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu universitas unggulan di Indonesia dengan kurikulum internasional, Sampoerna University tentunya mengikuti perkembangan zaman dalam proses belajar-mengajar, terutama dalam hal digitalisasi seperti adanya e-library yang dapat diakses dengan mudah.

Sebelum mengetahui seperti apa perpustakaan digital yang terdapat pada Sampoerna University, simak terlebih dahulu tentang pengertian perpustakaan digital, contoh, manfaat, dan lain sebagainya pada artikel berikut ini.

Pengertian Perpustakaan Digital

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) perpustakaan berarti tempat, gedung, ruang yang tersedia untuk pemeliharaan dan pemakaian koleksi buku dan sebagainya. 

Digital sendiri berarti  rangkaian dengan digit angka 0 dan 1 yang dapat menyatakan akan adanya sebuah data atau sinyal serta umumnya dengan kuantitas fisik, seperti tegangan dan polaritas magnetik.

Secara garis besar, pengertian perpustakaan digital adalah perpustakaan yang semua koleksi bukunya berada dalam bentuk digital yang dapat diakses menggunakan perangkat elektronik, seperti komputer, laptop, tablet, dan handphone, sehingga dapat diakses dari rumah, ruang kerja, atau ruang belajar (sekolah atau kuliah). 

Karakteristik Perpustakaan Digital

perpustakaan digital

Berdasarkan dari pengertian di atas, e-library pada dasarnya memiliki tiga karakteristik utama menurut Tedd dan Large (2005), yaitu:

  • Memakai teknologi dengan mengintegrasikan kemampuan menciptakan, mencari, dan menggunakan informasi pada bentuk sebuah jaringan yang tersebar luas.
  • Terdapat koleksi yang mencakup data dan metadata dan saling mengintegrasikan berbagai data, baik di lingkungan internal maupun eksternal.
  • Sebagai kegiatan mengoleksi dan mengatur sumber daya digital yang dikembangkan bersama-sama komunitas pemakai jasa dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka.

Manfaat Perpustakaan Digital

Adapun manfaat dari perpustakaan digital ini sendiri, adalah sebagai berikut.

Informasi cepat dan mudah didapatkan

Hadirnya e-library dapat memberikan kemudahan ketika mencari buku yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan buku yang ingin dibaca. 

Ketika menggunakan e-library, kita hanya perlu mencari kata kunci (judul buku atau penulis) saja yang diinginkan pada mesin pencarian. Setelahnya, buku yang diinginkan akan muncul dan dapat segera dibaca. 

Terlihat Profesional

Untuk institusi pendidikan seperti sekolah maupun kampus, hadirnya teknologi ini merupakan salah satu faktor penilaian. Selain itu, e-library kampus dapat digunakan sebagai sarana publikasi penelitian ilmiah dalam jurnal atau lainnya, seperti misalnya ketika ingin mencari makalah perpustakaan digital sebagai referensi untuk pembelajaran.

Minim Kerusakan Buku Secara Fisik

Bukan hal yang baru ketika meminjam buku secara fisik di perpustakaan akan mengalami kerusakan. Hal tersebut tentunya membuat pembaca tidak nyaman dan cukup merugikan. Berbeda dengan buku yang terdapat pada perpustakaan digital yang tidak akan rusak karena berbentuk format digital dan disimpan pada sebuah server.

Akses Instan Konten Pendidikan

Selama adanya koneksi internet, perpustakaan digital dapat diakses di manapun dan kapanpun menggunakan perangkat digital, seperti PC, laptop, tablet, dan handphone. Artinya, mahasiswa dapat melihat semua konten pendidikan secara online tanpa perlu menunggu dan pergi ke perpustakaan konvensional.

Membantu Pembelajaran Jarak Jauh

Teknologi ini dapat diakses secara online di manapun dan kapanpun, baik oleh dosen maupun mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga tidak perlu bingung ketika ingin mencari referensi untuk penelitian ilmiah. 

Perpustakaan digital kini dapat dijadikan referensi resmi dan juga sarana publikasi dari hasil penelitian. Adanya perpustakaan digital, referensi dari dalam juga dapat diperoleh manfaatnya oleh mahasiswa di luar perguruan tinggi tersebut.

Baca juga: Student Transfer Sampoerna University, Apa Saja Keunggulannya?

Tujuan Perpustakaan Digital

  • Sebagai fasilitas untuk mendukung penelitian, pengajaran, pembelajaran, dan komunikasi ilmiah lintas disiplin ilmu.
  • Membantu mengumpulkan, mengatur, dan menyusun informasi dan menyebarluaskan untuk penggunaan di masa mendatang.
  • Memberikan akses sepenuhnya informasi.
  • Sebagai pintu gerbang ke informasi digital dan elektronik.
  • Membagikan perspektif global dan mengintegrasikan materi dari banyak sumber pada satu tempat.

Kelebihan dan Kekurangan

Adapun kelebihan dan kekurangan pada teknologi perangkat digital ini, yaitu:

Kelebihan

  1. Akses mudah
  2. Hemat biaya dan waktu
  3. Penyimpanan koleksi buku lebih aman
  4. Membantu Pustakawan dalam memantau dan memonitor pendataan aset pustaka

Kekurangan

  1. Hak cipta
  2. Biaya awal yang tinggi
  3. Pemeliharaan teknologi
  4. Membutuhkan bandwidth yang tinggi

Contoh Perpustakaan Digital di Indonesia

perpustakaan digital

Di Indonesia, ada beberapa perpustakaan digital yang dapat diakses oleh semua khalayak. Bahkan, di setiap instansi pendidikan seperti universitas juga memiliki perpustakaan digital untuk memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi. Berikut adalah beberapa contohnya yang perlu diketahui.

  1. e-Perpus (Gramedia)
  2. iPusnas (Perpustakaan Nasional)
  3. iSantri (Perpustakaan Santri)
  4. iJakarta (Perpustakaan Jakarta)
  5. Biblio
  6. e-Perpusdikbud (Kemendikbud)
  7. Buku Sekolah Elektronik
  8. Dll 

Perpustakaan Digital Sampoerna University

Dikarenakan bekerja sama dengan University of Arizona, Sampoerna University tentunya selalu mengikuti perkembangan zaman terutama dalam hal perpustakaan digital yang terintegrasi langsung dengan University of Arizona.

Mahasiswa nantinya tidak hanya bisa mengakses perpustakaan digital milik Sampoerna University saja, namun juga mengakses e-library milik University of Arizona juga. Akses untuk e-library miliki Sampoerna University dapat diakses di sini.

Tujuan Perpustakaan Digital Sampoerna University

Sampoerna University mendukung kegiatan belajar-mengajar dan penelitian para pemangku kepentingannya, yang terdiri dari mahasiswa, anggota sekolah, staf, dan anggota serta organisasi mitra lainnya.

Bersama dengan Virtual Learning Environment (VLE), Sampoerna University juga akan mendukung PSF dan Ekosistem Pendidikan Sampoerna yang lebih luas dan kebutuhan informasi dan pembelajarannya.

Misi kami yaitu mendukung terciptanya pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki nilai “kepemimpinan”, “kewirausahaan”, dan “tanggung jawab sosial”, serta berkomitmen untuk melayani masyarakat Indonesia melalui partisipasi berkelanjutan bersama Putera Sampoerna Foundation. Adapun tujuan dari perpustakaan kami, yaitu:

  • Membangun koleksi dan menyediakan sumber informasi yang selaras dengan kebutuhan Ekosistem Sampoerna University dan pendidikan
  • Secara langsung merencanakan dan melayani kebutuhan informasi mata kuliah yang diajarkan melalui hubungan dekat dengan perwakilan Fakultas.
  • Meningkatkan ketersediaan dan aksesibilitas koleksi, serta sumber informasi lainnya melalui perpustakaan digital.
  • Merancang berbagai lingkungan belajar yang efektif melalui fasilitas untuk meningkatkan pedagogi, penelitian, dan studi.
  • Mendukung manajemen pengetahuan di Sampoerna University melalui Proyek Repositori Digital untuk memungkinkan penyimpanan dan berbagi konten lokal dengan universitas lain.

Keunggulan E-Library Sampoerna University

  • Kepemilikan buku total sekarang yaitu 10.000 volume dan akses ke database akademik meliputi e-book, e-journal, kasus online, data keuangan dari seluruh dunia, dan lain sebagainya.
  • Perpustakaan memiliki komputer berjaringan, ruang belajar kelompok untuk berlatih presentasi atau mengadakan pertemuan dan area belajar senyap. 
  • Akses wireless dan iPad di seluruh kampus. 
  • Tim staf yang ramah untuk memberikan saran dan bantuan selama jam buka dengan tim pustakawan profesional yang siap sedia sepanjang hari.

Kesimpulan

Sampoerna University adalah satu-satunya universitas dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas, dan operasional Amerika Serikat di Indonesia yang bekerja sama dengan University of Arizona. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

[formidable id=8]

Referensi

Perpusnas

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp