Skip to main content

Membahas Binance Coin (BNB) dan Cara Mendapatkannya

By Maret 23, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET, Artikel - FOB, Edukasi
binance coin

Binance coin termasuk dalam aset kripto yang dibuat oleh Binance. Perlu diketahui, Binance merupakan platform pertukaran kripto terbesar di dunia. Binance coin disebut juga dengan BNB, dipakai sebagai utility token guna mendapatkan potongan harga saat membayar trading fees dalam platform Binance, seiring perkembangan BNB menjadi aset kripto yang banyak dimiliki sebagai investasi.

Menurut laporan Coinmarketcap, BNB menjadi salah satu aset kripto terbesar nomor empat di dunia setelah Bitcoin (BTC) dan Ethereum (TH). Sementara itu Binance sebagai platform terbesar mampu mencatat lebih dari 1,4 juta transaksi yang dilakukan setiap detiknya pada April 2021. Binance juga disebut sebagai coin exchange atau pertukaran dari satu koin ke koin lain.

Apa Itu Binance Coin?

Bitcoin and a computer graphic card

BNB sejauh ini sudah memiliki total persediaan 200 juta token, mulanya hanya diperuntukkan mendukung operasional exchange. Karena kegunaan yang beragam mulai dari pembayaran biaya perdagangan, pertukaran, pencatatan dan biaya-biaya lainnya di bursa pembayaran di tempat tersebut.

Binance mengumumkan bahwa sudah menyelesaikan pembakaran sebanyak 2.220.314 token BNB atau sekitar 30 juta dolar AS pada pertengahan April 2018 . Tujuan dari pembakaran tersebut adalah untuk menekan laju inflasi, nilai BNB akan meningkat apabila suplai berkurang dan demand tetap stabil atau bahkan bertambah.

Pembakaran BNB yang meningkat sesuai rencana atau yang dijadwalkan bisa sebagai petunjuk profitabilitas bursa Binance. Binance Smart Chain adalah teknologi besutan Binance yang berjalan bersamaan dengan teknologi lainnya yang dinamakan Binance Chain (BC). Terdapat alasan mengapa Binance menggunakan dua rantai blockchain di dalam jaringannya.

Baca juga: Membahas tentang Cryptocurrency dan Cara Kerjanya

Siapa Pendiri Binance?Bitcoin crypto currency diagram

Binance didirikan pada 2017 oleh Changpeng Zhao yang basisnya saat itu berada di China, namun setelah regulasi cryptocurrency di China membuat Binance memindahkan kantor mereka di Cayman Islands. Wilayah tersebut berada di teritorial luar negeri Inggris, tak hanya markas besarnya yang berpindah, ketika baru muncul Binance menggunakan platform blockchain Ethereum token.

Coin Binance adalah mata uang kripto yang diterbitkan oleh Binance Exchange dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi di platform yang bersangkutan. Binance Exchange merupakan marketplace jual-beli mata uang kripto terbesar di dunia, dirilis pada 26 Juni 2017 di jaringan blockchain Ethereum harga awalnya 1 BTC untuk 20.000 BNB atau 1 ETH untuk 2.700 BNB.

Apa Kelebihan Binance Coin?The golden bitcoin in mail hands

  • Terikat pada Ekosistem Binance

Koin ini merupakan mata uang bawaan yang melekat pada platform. BNB memiliki potensi kenaikan yang besar terutama saat kenaikan perluasan dan pengembangan layanannya. Di awal tahun 2021, Binance meluncurkan Binance Smart Chain (BSC) yang dibangun menjalankan aplikasi berbasis smart contract dan membuat harga BNB meningkat tajam.

  • Kebijakan Tingkatkan Harga

Binance memiliki kebijakan yang terbilang unik saat digunakan untuk membakar koin secara berjangka. Dengan suplai koin yang terbatas yakni sebatas 200 juta, pembakaran BNB dijadwalkan dalam setiap tiga bulan sekali hingga sejumlah 100.000.000 BNB dimusnahkan. Jumlah tersebut mewakili 50 persen dari total BNB yang pernah diterbitkan.

  • Kompatibilitas Blockchain Ethereum

Pada awalnya koin ini dibuat menggunakan standar teknis ERC-20 yang dipunyai Ethereum, Binance kemudian meluncurkan standar teknis sendiri yakni BEP-2 untuk Binance Chain dan BEP-20 untuk Binance Smart Chain. Hal ini membuat token BEP-2 dan BEP-20 bisa dipertukarkan dan kompatibel dengan standar ERC-20.

Koin ini sudah menarik minat investor terhadap cryptocurrency dan harganya sempat naik signifikan serta memecahkan rekor All-Time High (ATH). Selain itu menurut banyak para aset kripto, harga BNB akan terus naik dan bahkan memecahkan rekor baru ATH.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Binance Coin?Bitcoin, credit card and pos-terminal

  • Memanfaatkan Ekosistem Binance

Binance Smart Chain digunakan untuk menjalankan aplikasi menggunakan smart contract dan kompatibel dengan Mesin Virtual Ethereum (EVM). Manfaat ini memberikan kebebasan kepada developer membangun beragam Decentralized Applications (Dapps), Decentralized Finance (DeFi) atau ekosistem aplikasi keuangan berbasis blockchain tanpa otoritas pusat.

  • Menggunakan Pertukaran Uang

Dimanfaatkan dengan platform Binance Exchange, jika pertukaran uang Binance dilakukan maka akan mendapatkan diskon biaya layanan apabila memiliki koin BNB di dalam dompet yang digunakan. Diskon biaya layanan juga berlaku jika menggunakan Binance DEX, selain itu juga Binance dapat digunakan untuk berinvestasi pada koin-koin baru lewat Launchpad Binance.

  • Sebagai Alat Pembayaran

BNB menjadi alat pembayaran di tempat-tempat seperti Crypto.com, Monetha dan HTC selain itu juga bisa dipakai untuk memesan akomodasi perjalanan (TravelbyBut, Trip.io dan Travala.com) sekaligus pembayaran online (BitTorrent, Canva dan Storm). Namun demikian beberapa tempat yang digunakan untuk melakukan pembayaran ini belum tentu legal di Indonesia dan memiliki ijin.

  • Investasi Jangka Panjang

Berkaca pada akhir 2021 lalu, nilai kapitalisasi pasar BNB mencapai sekitar 83 juta dolar AS dengan harga 1 BNB setara dengan 498 dolar AS. Sama seperti Ethereum dan Bitcoin, Binance juga mengalami kenaikan nilai yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Grafik serta harganya menunjukkan BNB pernah mencapai harga tertinggi senilai 675,68 dolar AS.

Bagaimana Cara Mendapatkan BNB?

The golden bitcoin in mail hands

Untuk mendapatkan BNB bisa langsung melalui laman resmi Binance, namun ada pula cara yang lebih mudah dan praktis yakni melalui aplikasi yang bisa diinstal melalui PlayStore maupun AppStore. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi kalangan yang terjun ke dalam dunia cryptocurrency, website resmi Binance Indonesia diblokir oleh Kominfo namun aplikasinya diberi izin.

Meski demikian terdapat situs alternatif yang bisa dipakai untuk mengakses ke laman tersebut, antara lain seperti binance.me, binance.us dan binance.org. Sebagai catatan, binance.org seringkali tidak bisa diakses oleh masyarakat Indonesia. Dan apabila kesulitan menggunakan laman alternatif, manfaatkan VPN atau Virtual Private Network.

Merupakan koneksi terenkripsi dari perangkat ke jaringan melalui internet, jika sudah terhubung dengan VPN maka nantinya akan digunakan IP Address dari negara lain dan tidak dikenali dari Indonesia. Tentu hal ini memudahkan bagi masyarakat Tanah Air yang ingin terjun ke dunia ini dan belum mengerti tahapannya, berikut beberapa langkahnya.

  • Lakukan pendaftaran di crypto exchange atau broker kripto yang resmi di Indonesia, salah satunya bisa melalui Tokocrypto.
  • Kemudian membuat akun menggunakan Tokocrypto dan melakukan verifikasi data, setelah itu melakukan deposit uang.
  • Kemudian pilih jenis kripto yang akan dibeli, misalnya Binance Coin yang digadang-gadang mampu menjadi binance futures.
  • Pelaku bisnis kemudian bisa memulai trading menggunakan aset kripto tersebut guna mendapat keuntungan.

Indodax merupakan salah satu koin exchange yang memungkinkan pengguna bisa membeli bitcoin menggunakan flat atau Rupiah. Namun Indodax hanya memberi sedikit pilihan koin, kurang lebih 9 macam Altcoin. Cara deposit binance coin dari Tokocrypto atau USD dari exchange bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui BUSD hingga transfer dengan USDT (TRC-20).

Demikian penjelasan mengenai apa itu Binance Coin dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. Melalui Fakultas Bisnis dan Fakultas Teknik Sampoerna University membangun pemuda dan pemudi Indonesia yang melek dengan aset digital dan bagaimana cara mengelolanya dengan benar.

Para mahasiswa Sampoerna University akan dibekali dengan ilmu pengetahuan secara mendalam mengenai perkembangan bisnis digital hingga cryptocurrency. Diharapkan dengan persiapan-persiapan secara matang dan benar-benar dilakukan dengan baik oleh mahasiswa. Akan banyak jebolan Sampoerna University yang menguasai dunia bisnis digital.

Referensi
Cryptoharian.com – Apa itu binance

X