Skip to main content

Mengenal Teknologi Artificial Intelligence (AI) Beserta Contohnya

By Maret 3, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET, Edukasi
Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan atau istilahnya artificial intelligence perlu disadari saat ini sudah banyak bertebaran dan diterapkan di berbagai bidang. Memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Contohnya seperti, mulai dari komputer yang bermain catur hingga mobil yang mampu mengendarai sendiri.

AI bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, yang paling mudah ditemukan adalah asisten virtual Google dan Siri contohnya. Kecerdasan buatan bukanlah hal baru, meskipun perkembangannya selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk diperhatikan. Dalam perkembangannya AI juga didukung banyaknya kehadiran fiksi-fiksi ilmiah yang berkaitan.

Pengertian Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence adalah ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas yang melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer. Bisa dibilang AI merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sistem komputer, perangkat lunak, program dan robot untuk berpikir secara cerdas layaknya seorang manusia.

Saat ini hampir semua perangkat komputer atau teknologi modern telah banyak menerapkan kecerdasan buatan. Seperti yang sudah diterapkan dalam penggunaan smartphone, melalui asisten virtual Google atau Siri. AI diprediksi akan terus berkembang dan lebih cerdas lagi, sehingga kondisi ini tak lagi dapat dihindari.

Kecerdasan buatan juga disebut sebagai simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. Dengan kata lain, AI adalah sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia guna menyelesaikannya.

Apa itu artificial intelligence, teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan, sama seperti manusia. Membutuhkan pengalaman dan data agar kecerdasan yang dimiliki bisa menjadi lebih baik lagi, poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning dan self correction. AI perlu belajar menambah pengetahuan, proses belajar ini dengan sendirinya berdasar pengalaman.

Riset awal AI dimulai pada tahun 1950 dengan mengeksploitasi topik-topik seperti penyelesaian masalah dan metode simbolik. Kemudian pada 1960, Departemen Pertahanan AS menaruh minat terhadap jenis pekerjaan ini dan mulai melatih komputer-komputer untuk menirukan penalaran manusia yang mendasar, seperti Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Contoh Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan memiliki dua kategori yakni AI lemah (Weak AI) dan AI kuat (Strong AI), kategori yang lemah dirancang untuk melakukan tugas tertentu seperti menjawab pertanyaan berdasarkan input dari pengguna. Sementara AI kuat dirancang dengan sistem yang bersifat kognitif, seperti manusia, sistem ini akan memberi solusi baik tanpa peran manusia, berikut beberapa contohnya.

  • Streaming Video atau Musik

Streaming telah menjadi salah satu hiburan favorit masyarakat dunia, program ini bisa mengakses semua video atau musik dengan mudah dan cepat. Saat streaming dijalankan, program ini akan menampilkan kualitas yang sesuai dengan kemampuan sinyal. Ketika program streaming dibuka maka secara otomatis akan menampilkan berbagai konten.

  • Search Engine

Artificial intelligence artinya kemudahan belajar dan web dikenal dengan kemampuannya yang tahu segalanya, namun kepintaran web ini merupakan hasil kontribusi dari masyarakat dunia yang saling berbagi pengetahuan melalui tulisan atau artikel. Mayoritas search engine selalu berlomba-lomba memberi akses yang tinggi sehingga pengguna nyaman di internet.

  • Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System (GPS) termasuk dalam teknologi yang tergolong rumit, karena itulah disebut sebagai teknologi pintar. Menggunakan big data dalam proses pembuatannya, untuk merekam seluruh perjalanan dunia secara detail bisa diakses menggunakan GPS. Teknologi ini mampu dipakai untuk mendeteksi jalanan dengan berbagai pilihan rute.

  • AI dalam Bidang Pendidikan

Sedang menjadi tren, dimana AI diterapkan dalam pembelajaran karena dianggap sebagai solusi mengatasi tantangan yang dihadapi oleh siswa dan guru. Kecerdasan buatan bisa membantu meningkatkan kinerja siswa dengan memberi umpan balik yang lebih relevan, membantu belajar lebih cepat dan meningkatkan retensi belajar.

Arti artificial intelligence dipakai karena tren yang berkembang dalam dunia belajar-mengajar, digunakan untuk melatih siswa dalam meningkatkan pembelajaran dan kinerja para siswa. Contoh mudahnya ketika kecerdasan buatan dipakai oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas, sementara pembelajaran AI juga bisa digunakan di dalam kelas.

Algoritma pembelajaran mesin dirancang untuk belajar melalui data dan membuat prediksi, AI digunakan dalam semua jenis aplikasi. Mulai dari diagnosis medis, hingga analis keuangan dan hal itu semakin meningkat seiring kinerja siswa yang memberikan informasi tepat waktu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman siswa.

Machine learning menjadi teknologi baru dengan tujuan meningkatkan kinerja peserta didik, algoritma pembelajaran mesin menjadi salah satu alat terpenting guna memecahkan masalah kompleks yang muncul saat ini. Algoritma pembelajaran mesin bisa dipakai untuk mengerjakan banyak tugas yang berbeda dan dalam berbagai cara.

Demikian penjelasan mengenai pengertian artificial intelligence, beserta contoh dan manfaat dalam pembelajaran. Perkembangan teknologi yang canggih membuat para mahasiswa harus bekerja keras untuk beradaptasi demi dapat bertahan dalam arus teknologi terdepan. Sebagai bagian dari jaringan sekolah global, program Universitas Sampoerna menawarkan kesempatan yang belum pernah diadakan sebelumnya untuk melanjutkan program studi ke berbagai universitas terkemuka di dunia.

Gunanya adalah agar ilmu dan pengalaman belajar para mahasiswa yang didapatkan setara dengan perkembangan teknologi internasional maupun global. Sampoerna University adalah universitas internasional dengan standar pendidikan Amerika Serikat yang menawarkan program akademik dengan konteks Indonesia. Sampoerna University merupakan lembaga pendidikan bagian dari Sampoerna Schools Systems Indonesia. Cari tahu lebih lanjut tentang Universitas mana saja yang bergabung dengan Universitas Sampoerna di sini.

Referensi
Sas.com – What is Artificial Intelligence

X