5 Formula Copywriting agar Kontenmu Ramai Klik

Dalam era serba digital, konten adalah raja. Di dalam konten yang menarik, terdapat copywriting yang menjadi salah satu keberhasilan sebuah konten. Konten yang menarik dapat menarik perhatian banyak orang, baik itu dari sisi konsumen, pelanggan, atau bahkan orang yang belum mengenal produk kamu.    Copywriting adalah seni menulis teks untuk promosi atau persuasi. Copywriting yang baik akan mampu menarik perhatian pembaca, menyampaikan pesan secara efektif, dan mendorong pembaca untuk mengambil tindakan.   Ada banyak formula copywriting yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten yang ramai klik. Berikut ini adalah lima formula copywriting yang paling efektif:  

1. Formula AIDA

  Salah satu formula yang cukup familiar dalam dunia digital marketing adalah formula AIDA. formula AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action  
  1. Attention (Perhatian): Menarik perhatian pembaca dengan judul, gambar, atau kalimat pembuka yang menarik.
  2. Interest (Minat): Menciptakan minat pembaca dengan menyampaikan manfaat dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.
  3. Desire (Keinginan): Menciptakan keinginan pembaca untuk memiliki produk atau jasa kamu.
  4. Action (Tindakan): Mendorong pembaca untuk mengambil tindakan, seperti membeli produk, berlangganan newsletter, atau mengikuti akun media sosial kamu.
 

2. Formula PAS

  Formula berikutnya adalah formula PAS. Formula PAS merupakan singkatan dari Problem, Agitate, dan Solution.  
  1. Problem (Masalah): masalah yang dihadapi target audiens kamu.
  2. Agitate (Menggerakkan): masalah yang dihadapi target audiens kamu.
  3. Solution (Solusi): solusi dari masalah yang dihadapi target audiens kamu.
  3d rendering of pen with notebook  

3. Formula 4C

  Menurut Neuroflash, 4C adalah formula copywriting yang berfokus pada empat hal penting, yaitu:  
  1. Clear (Jelas): Copywriting harus menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh target audiens.
  2. Concise (Ringkas) : Copywriting harus ringkas dan tidak bertele-tele.
  3. Compelling (Menarik) : Copywriting harus menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk membaca lebih lanjut.
  4. Credible (Kredibilitas) : Copywriting harus meyakinkan pembaca bahwa produk atau jasa yang ditawarkan adalah solusi yang tepat.
 

4. Formula FAB

  Formula FAB merupakan singkatan dari Feature, Advantage, dan Benefit. Formula ini adalah formula copywriting yang menekankan pada tiga hal penting, yaitu:  
  1. Feature (Fitur): Fitur-fitur apa yang dimiliki produk atau jasa kamu?
  2. Advantage (Keunggulan): Keunggulan apa yang dimiliki produk atau jasa kamu dibandingkan pesaing?
  3. Benefit (Manfaat): Manfaat apa yang akan didapatkan target audiens kamu dari produk atau jasa kamu?
 

5. Formula ACCA

  Formula copywriting terakhir adalah ACCA. Formula ACCA merupakan singkatan dari Awareness, Comprehension, Conviction, dan Action.ACCA adalah formula copywriting yang berfokus pada empat hal penting, yaitu:  
  1. Awareness (Kesadaran) : Copywriting harus menciptakan kesadaran di benak pembaca tentang masalah yang dapat diatasi oleh produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Comprehension (Pemahaman) : Copywriting harus membantu pembaca untuk memahami realita masalah tersebut.
  3. Conviction (Keyakinan) : Copywriting harus meyakinkan pembaca bahwa mereka perlu mengatasi masalah tersebut.
  4. Action (Tindakan) : Copywriting harus mendorong pembaca untuk mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.
 

Sampoerna University

  Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.    Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.   Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.   Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!    

Recent Post

Mar 24, 2025


Dapatkan Dua Gelar Magister Bisnis dari Sampoerna University dan Thunderbird School of Global Management

Di dunia bisnis yang terus berkembang pesat, memiliki keunggulan lebih bukan lagi sekadar pilihan—....

Jun 20, 2024


Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat....

Jun 20, 2024


Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game bukan....

Terima kasih telah memilih Sampoerna University. Mulai pendaftaran Anda hari ini!

Dengan mengisi formulir pendaftaran kami, Anda mengambil langkah pertama untuk bergabung dengan lingkungan pembelajaran inovatif di Sampoerna University dan mempersiapkan diri untuk sukses global. Daftar hari ini dan biarkan kami membantu Anda meraih potensi terbaik!