Apa Saja yang Dipelajari Dalam Digital Marketing?

Pembelajaran digital marketing kini sedang ramai dicari dimana-mana. Terutama era bisnis digital ini mendorong strategi pemasaran modern karena murah dan target audiens yang lebih luas. Tools dari digital marketing itu sendiri pun gampang digunakan dan kamu dapat mencapai audiens hingga seluruh dunia hanya dari perangkat elektronik saja.    Digital marketing merupakan sebuah strategi bisnis yang banyak sekali digunakan oleh setiap pelaku bisnis melalui berbagai platform digital untuk mempromosikan produk, layanan, merek, atau bisnis secara efektif.   Pemasaran kini sudah jarang sekali menggunakan cara tradisional dan sekarang ini digital marketing menjadi era baru dalam pemasaran demi mencapai keberhasilan sebuah bisnis.   

Apa itu Digital Marketing?

  Digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa menggunakan media digital untuk menarik konsumen dan calon pembeli dengan cepat.   Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Hal tersebut yang menyebabkan pengguna sosial media semakin meningkat dan jumlah transaksi online juga semakin banyak.  

Kenapa Perlu Belajar Digital Marketing?

  Sekarang ini, penting bagi mahasiswa untuk memahami sistem pembelajaran digital marketing karena memahami arti dari digital marketing itu sendiri saja belum cukup. Ada banyak sekali elemen dan fungsi dari digital marketing yang mesti diketahui oleh mahasiswa.   Digital marketing melibatkan berbagai channel seperti Google, Email, Social Media, dan search engine seperti Google. Dengan kamu menguasai bidang digital marketing, kamu dapat memahami dan mengetahui strategi marketing yang tepat untuk bisnis kamu.    Elemen digital marketing  

Elemen-Elemen Digital Marketing

 

1. Website

Website adalah salah satu channel digital marketing yang paling banyak digunakan oleh setiap pengguna user. Situs web yang dirancang dengan baik dan ramah pengguna dapat meningkatkan traffic user, menarik dan melibatkan pengunjung, yang nantinya akan berubah menjadi pelanggan.  

2. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) mengacu pada strategi mempromosikan situs website kamu dan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari melalui iklan berbayar. SEM memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens tertentu dengan cara mengatur budget iklan kamu, nantinya kamu dapat mengukur seberapa efektif iklan tersebut melalui metrik seperti CTR (click-through rates) dan konversi (conversion)  

3. Content Marketing

  Content marketing berfokus pada pembuatan konten yang relevan dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens target yang ditentukan dengan jelas. Tujuannya adalah untuk melibatkan pengguna, membangun kesadaran merek, membangun kepemimpinan pemikiran, dan mendorong calon pelanggan baru.   Konten dapat mengambil berbagai bentuk, seperti postingan blog, artikel, video, infografis, dan banyak lagi.  

4. Social Media 

  Social media  berfokus pada platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube untuk mempromosikan merek kamu, terlibat dengan audiens dan mendorong traffic atau konversi situs web. Social media marketing mencakup membuat dan berbagi konten, menjalankan iklan berbayar, memantau interaksi dengan audiens, dan terlibat langsung dengan followers dengan melihat metrik like, comment, dan share.  

5. Email Marketing

  Email marketing merupakan proses pengiriman email yang ditargetkan dan dikhususkan ke sekelompok individu yang telah memberikan persetujuan mereka untuk menerima komunikasi dari bisnis kamu.    Cara kerja email marketing pun bisa dikatakan cukup gampang. Kamu dapat menargetkan email marketing ke calon pelanggan dengan memberikan penawaran menarik seperti diskon, ebook gratis, seminar invitation, dan juga free trial aplikasi dalam jangka waktu tertentu.  
Baca juga: Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Ikut Konferensi International
 

Belajar Digital Marketing dengan Sampoerna University 

  Sampoerna University merupakan universitas internasional yang memiliki fokus dalam mengembangkan bidang manajemen untuk meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan, kepemimpinan dan tanggung jawab sosial yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan bangsa.   Salah satu program studi di Sampoerna University adalah Digital Marketing. Program studi digital marketing dari SU ini akan mengajarkan mahasiswa cara untuk mengkomunikasikan nilai bisnis dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens dan konsumen melalui channel digital marketing.    Setelah kamu memahami konsep dasar dari pemasaran digital, kamu akan mulai mengerti cara untuk analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi yang efektif dengan organisasi yang kuat.   Kamu dapat mengunduh informasi lengkap mengenai kurikulum Internasional dari Sampoerna University dengan klik link disini. Silahkan kunjungi website kami dan kontak kami apabila kamu mempunyai pertanyaan lebih lanjut.    Download Sampoerna University Academic Calendar 2023 - 2024    

Recent Post

Mar 24, 2025


Dapatkan Dua Gelar Magister Bisnis dari Sampoerna University dan Thunderbird School of Global Management

Di dunia bisnis yang terus berkembang pesat, memiliki keunggulan lebih bukan lagi sekadar pilihan—....

Jun 20, 2024


Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat....

Jun 20, 2024


Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game bukan....

Terima kasih telah memilih Sampoerna University. Mulai pendaftaran Anda hari ini!

Dengan mengisi formulir pendaftaran kami, Anda mengambil langkah pertama untuk bergabung dengan lingkungan pembelajaran inovatif di Sampoerna University dan mempersiapkan diri untuk sukses global. Daftar hari ini dan biarkan kami membantu Anda meraih potensi terbaik!