Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa menggunakan media digital untuk menarik konsumen dan calon pembeli dengan cepat. Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Hal tersebut yang menyebabkan pengguna sosial media semakin meningkat dan jumlah transaksi online juga semakin banyak.Kenapa Perlu Belajar Digital Marketing?
Sekarang ini, penting bagi mahasiswa untuk memahami sistem pembelajaran digital marketing karena memahami arti dari digital marketing itu sendiri saja belum cukup. Ada banyak sekali elemen dan fungsi dari digital marketing yang mesti diketahui oleh mahasiswa. Digital marketing melibatkan berbagai channel seperti Google, Email, Social Media, dan search engine seperti Google. Dengan kamu menguasai bidang digital marketing, kamu dapat memahami dan mengetahui strategi marketing yang tepat untuk bisnis kamu.
Elemen-Elemen Digital Marketing
1. Website
Website adalah salah satu channel digital marketing yang paling banyak digunakan oleh setiap pengguna user. Situs web yang dirancang dengan baik dan ramah pengguna dapat meningkatkan traffic user, menarik dan melibatkan pengunjung, yang nantinya akan berubah menjadi pelanggan.2. Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) mengacu pada strategi mempromosikan situs website kamu dan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari melalui iklan berbayar. SEM memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens tertentu dengan cara mengatur budget iklan kamu, nantinya kamu dapat mengukur seberapa efektif iklan tersebut melalui metrik seperti CTR (click-through rates) dan konversi (conversion)3. Content Marketing
Content marketing berfokus pada pembuatan konten yang relevan dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens target yang ditentukan dengan jelas. Tujuannya adalah untuk melibatkan pengguna, membangun kesadaran merek, membangun kepemimpinan pemikiran, dan mendorong calon pelanggan baru. Konten dapat mengambil berbagai bentuk, seperti postingan blog, artikel, video, infografis, dan banyak lagi.4. Social Media
Social media berfokus pada platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube untuk mempromosikan merek kamu, terlibat dengan audiens dan mendorong traffic atau konversi situs web. Social media marketing mencakup membuat dan berbagi konten, menjalankan iklan berbayar, memantau interaksi dengan audiens, dan terlibat langsung dengan followers dengan melihat metrik like, comment, dan share.5. Email Marketing
Email marketing merupakan proses pengiriman email yang ditargetkan dan dikhususkan ke sekelompok individu yang telah memberikan persetujuan mereka untuk menerima komunikasi dari bisnis kamu. Cara kerja email marketing pun bisa dikatakan cukup gampang. Kamu dapat menargetkan email marketing ke calon pelanggan dengan memberikan penawaran menarik seperti diskon, ebook gratis, seminar invitation, dan juga free trial aplikasi dalam jangka waktu tertentu.Baca juga: Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Ikut Konferensi International