Pengertian Diversifikasi Produk
Diversifikasi produk merupakan salah satu bentuk dari strategi pengembangan produk. Jadi maksud dari diversifikasi produk yaitu untuk membuka lini produk baru supaya lebih beragam untuk mendapatkan target pasar yang baru juga. Diversifikasi produk juga dilakukan sebagai antisipasi apabila satu produk yang biasa dijual sudah tidak memiliki nilai di mata konsumen. Dengan kata lain, diversifikasi produk dilakukan supaya satu merek tidak hanya bergantung pada satu produk saja. Sebenarnya, salah satu faktor pendukung dalam melakukan diversifikasi produk ialah untuk menyesuaikan produk agar sesuai dengan apa yang diminta oleh konsumen.Tujuan Diversifikasi Produk
Seperti yang telah dijelaskan bahwa sebenarnya alasan utama dari diversifikasi produk adalah supaya tidak bergantung pada satu lini bisnis. Namun demikian, ada faktor-faktor lain yang mendorong terjadinya diversifikasi produk, di antaranya adalah:-
Menurunkan risiko bisnis
-
Untuk Beradaptasi
-
Bertahan dalam Persaingan
-
Memberikan Nilai Tambah
-
Mencegah Monopoli
-
Memenuhi Ambisi
Jenis Strategi Diversifikasi Produk
Terdapat dua jenis diversifikasi produk, yaitu:-
Diversifikasi Horizontal
-
Diversifikasi Vertikal
-
Diversifikasi Konglomerasi
Cara Melakukan Diversifikasi Produk
-
Rebranding
-
Repricing
-
Penggantian Nama
-
Pengemasan Ulang
-
Ekstensi Produk
-
Ukuran
Risiko Diversifikasi Produk
Meski pada dasarnya tujuan dari diversifikasi produk untuk hal-hal yang berkaitan dengan keuntungan. Namun, sebenarnya untuk melakukan produk harus memperhatikan risiko-risiko yang dihasilkannya. Risiko itu antara lain:-
Kerusakan Merek
-
Perubahan Operasional
Contoh Diversifikasi Produk
- Apple
- McDonalds