Pengertian Ekonomi Mikro
Ekonomi makro adalah salah satu studi di bidang perekonomian yang mempelajari mengenai aktivitas produsen dan konsumen terkait dengan penentuan kuantitas, kualitas, dan harga barang atau jasa di pasar. Disebut ekonomi mikro karena cakupan pelaku ekonominya terletak pada perseorangan dan perusahaan. Teori ekonomi mikro ini pada dasarnya digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen, mulai dari pertimbangan sampai pengambilan keputusan. Sebab, hal itu akan mempengaruhi permintaan dan penawaran atas barang jasa di pasar. Beberapa aspek penting yang dijadikan sebagai analisis ekonomi mikro adalah model pasar, analisis manfaat, teori permintaan, analisis biaya, dan penawaran. Analisis ekonomi mikro ini biasanya akan dijadikan strategi perusahaan untuk mengelola harga barang atau jasa yang diproduksi. Contoh ekonomi mikro sederhana adalah aktivitas jual beli yang kita lakukan di pasar. Hal itu tentunya mengandung berbagai macam faktor, mulai dari alasan kita membeli, berapa harga yang ditawarkan, sampai mengapa kita mau membeli barang tersebut.Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

-
David A. Moss
-
Adam Smith
-
Sadono Sukirno
-
Marshal dan Pigou
-
Mary A Marchant dan William M Snell
-
N.G. Mankiw
-
David Ricardo

Tujuan Ekonomi Mikro
Berikut ini adalah tujuan dari mempelajari ekonomi mikro:- Menentukan strategi suatu perusahaan ketika akan memproduksi barang atau jasa.
- Mengetahui secara detail mengenai perilaku ekonomi dari konsumen.
- Untuk menganalisis mekanisme pembentukan harga relatif pada produk barang atau jasa.
- Digunakan sebagai analisis kegagalan pasar yang merupakan kondisi ketika pasar gagal menghasilkan barang dan jasa yang efisien baik untuk produsen nya sendiri maupun konsumen.
Elemen Ekonomi Mikro
Berikut ini adalah elemen-elemen yang ada di dalam ekonomi mikro:-
Penawaran
-
Permintaan
-
Perilaku Konsumen dan Produsen
-
Harga
-
Biaya
-
Pasar

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro
Ruang lingkup ekonomi mikro adalah batasan apa saja yang dipelajari di dalam ekonomi mikro. Ruang lingkup itu di antaranya adalah:-
Interaksi Pasar
-
Perilaku Pelaku Ekonomi
-
Faktor Produksi
-
Teori Nilai Guna
-
Teori Struktur Pasar
-
Elastisitas Harga
-
Industri ‘
-
Pasar Input