Loyalty Loop: Apa itu, Tahap-Tahap, dan Manfaatnya

Nov 20, 2023 by Admin

Dalam dunia marketing, loyalitas pelanggan merupakan salah satu senjata penting bagi kita agar pelanggan terus melakukan pembelian, memberikan rekomendasi positif, dan bahkan menjadi advokat merek. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan berbagai upaya untuk membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan.    Loyalty loop adalah salah satu skema marketing yang paling dikenal untuk mendorong customer melakukan pembelian ulang atau repeated purchase sehingga angka penjualan perusahaan semakin meningkat.    Pada artikel ini, Sampoerna University akan membahas mengenai Loyalty Loop dan tahapannya. Yuk, simak artikel berikut ini!  

Apa itu Loyalty Loop?

  Loyalty loop adalah skema pemasaran yang diadaptasi dari skema marketing funnel. Skema ini bertujuan untuk mendatangkan leads dan meningkatkan angka konversi. Dengan menerapkan loyalty loop, bisnis dapat melakukan akuisisi pelanggan baru sekaligus menjaga pelanggan yang sudah ada agar tetap loyal.   Dalam loyalty loop, apabila pelanggan mulai merasa puas dengan pembelian suatu produk, maka mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang. Ketika pelanggan melakukan pembelian ulang, maka perusahaan biasanya akan memberikan manfaat lebih kepada pelanggan berupa diskon, poin, atau hadiah.    Free photo coupon gift certificate shopping concept  

Perbedaan Skema Loyalty Loop dan Marketing Funnel

  Terdapat beberapa perbedaan skema antara loyalty loop dan juga marketing funnel.    Seperti yang sudah kita pelajari, skema dalam marketing funnel terdiri dari enam tahap, yaitu: awareness, interest, consideration, intent, evaluation, dan purchase.    Setelah customer menjalani tahapan pra-pembelian, maka konsumen yang puas dengan produk yang ia beli akan membanding produk bisnis kamu dengan produk milik kompetitor. Setelah konsumen merasa bahwa produk kita memiliki keunggulan yang lebih, maka mereka akan melakukan pembelian.    Loyalty loop memiliki konsep yang berbeda dimana konsumen hanya akan melakukan sekali saja perbandingan produk. Perbandingan produk hanya akan terjadi ketika seorang konsumen belum pernah sama sekali melakukan pembelian produk.   Dalam fase awal ini, konsumen akan melalui tahapan consideration dan evaluation. Tahapan ini akan terjadi secara berulang-ulang sampai konsumen telah memasuki tahap pembelian. Ketika konsumen sudah melakukan pembelian, mereka tidak akan melakukan perbandingan produk lagi.   

Tahapan Loyalty Loop

 

1. Consideration

  Tahapan awal ini adalah dimana pelanggan mulai mempertimbangkan untuk membeli produk atau layanan dari bisnis. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti iklan, rekomendasi dari teman atau keluarga, atau pengalaman positif sebelumnya dengan produk atau layanan serupa.  

2. Evaluation

  Tahapan berikutnya adalah evaluation yang dimana pelanggan membandingkan produk atau layanan dari bisnis dengan produk atau layanan dari pesaing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan produk atau layanan terbaik.  

3. Buy

  Pada tahap ini, pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan dari bisnis. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti harga, kualitas, fitur, atau layanan pelanggan.  

4. Enjoyment

  Pada tahap ini, pelanggan menggunakan produk atau layanan dari bisnis. Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan tersebut, mereka akan cenderung untuk kembali membeli dari bisnis tersebut.  

5. Advocacy

  Pada tahap ini, pelanggan merekomendasikan produk atau layanan dari bisnis kepada orang lain. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti media sosial, ulasan online, atau word-of-mouth.  

6. Bond

  Tahapan terakhir adalah bond yang dimana pelanggan merasa terikat dengan bisnis. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti pengalaman positif, nilai-nilai yang sama, atau rasa memiliki.  

Sampoerna University

  Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.    Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.   Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.   Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!  

Recent Post

May 07, 2025


Sampoerna University Teken MOU dengan Colorado State University untuk Perluas Akses Pendidikan Global

Sampoerna University (SU) resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Colorado State Universi....

Apr 27, 2025


Sampoerna University: Universitas Swasta Terbaik di Indonesia dengan Kurikulum Internasional

Persaingan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini semakin ketat, sehingga memaksa banyak siswa ber....

Apr 27, 2025


10 Strategi Sukses Persiapan SNBT 2025, Pasti Lolos!

Persiapan SNBT 2025 menjadi langkah penting bagi siswa kelas 12 yang ingin masuk perguruan tinggi ne....

Terima kasih telah memilih Sampoerna University. Mulai pendaftaran Anda hari ini!

Dengan mengisi formulir pendaftaran kami, Anda mengambil langkah pertama untuk bergabung dengan lingkungan pembelajaran inovatif di Sampoerna University dan mempersiapkan diri untuk sukses global. Daftar hari ini dan biarkan kami membantu Anda meraih potensi terbaik!