Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah sebuah metode yang biasa dilakukan untuk melakukan perencanaan strategi yang dimana kita menganalisa kekuatan, peluang, kelemahan, serta ancaman untuk menjadi bahan evaluasi dasar. Analisis SWOT dapat digunakan untuk membuat strategi yang lebih efektif. Dengan memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, organisasi dapat membuat strategi yang memanfaatkan kekuatan dan peluangnya, serta mengatasi kelemahan dan ancamannya. Hingga saat ini, banyak sekali organisasi masih melakukan analisis SWOT untuk melihat potensi yang ada di masa sekarang dan masa yang akan datang.Komponen dari SWOT
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing komponen SWOT:1. Strength (Kekuatan)
Strength dalam analisis SWOT mengacu kepada kekuatan apa yang dimiliki oleh sebuah internal yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Kekuatan dapat berupa produk atau layanan yang unik, tim yang berpengalaman, atau lokasi yang strategis. Kekuatan juga mengacu pada dominasi pasar hingga merek yang dapat menjadi sebuah kekuatan internal untuk mencapai tujuan bisnis. Identifikasi kekuatan internal yang signifikan membantu organisasi untuk memanfaatkan potensi terbaiknya dan membangun strategi yang berfokus pada pemanfaatan keunggulan yang dimilikinya.2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dalam analisis SWOT adalah sebuah faktor internal organisasi yang membuat organisasi menjadi memiliki kinerja yang buruk. Menganalisis kekuatan dalam organisasi, juga harus melihat kelemahan agar memberikan sebuah titik keberhasilan dan kegagalan. Kelemahan dapat berupa harga yang tinggi, kualitas produk yang buruk, atau layanan pelanggan yang buruk. Organisasi pun harus melihat peluang seperti apa saja hal yang perlu diperbaiki dan bagaimana caranya untuk meningkatkan kinerja organisasi?3. Opportunities (Peluang)
Peluang dalam analisis SWOT adalah bagaimana sebuah organisasi dapat melihat hasil kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, dan menempatkan pada posisi kompetitif yang lebih kuat. Peluang dari terjadi ketika kita melihat perkembangan baru, munculnya target pasar yang baru, sumber daya apa yang bisa kita gunakan untuk mengambil kesempatan sehingga posisi organisasi lebih kuat, dan apa saja target yang perlu dicapai tahun ini.4. Threats (Ancaman)
Ancaman dalam analisis SWOT adalah bagaimana faktor eksternal yang dapat merugikan organisasi atau perusahaan. Biasanya ancaman dalam organisasi adalah ketika kompetitor lebih unggul, mulai dari harga pasar, kenaikan bahan baku, atau bencana alam yang tidak diduga. Organisasi biasanya akan melihat perubahan seperti apa yang perlu mereka antisipasi dan bagaimana kompetitor bisa lebih unggul dari kita. Ancaman biasanya berasal dari sesuatu yang diluar kendali kita, salah satu contohnya pandemi COVID-19.Tujuan Analisis SWOT
Tujuan analisis SWOT adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi organisasi. Analisis SWOT juga membantu perusahaan untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap faktor yang mempengaruhi keputusan bisnis mereka serta menetapkan strategi bisnis. Berikut adalah beberapa tujuan analisis SWOT:- Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi.
- Mengidentifikasi peluang dan ancaman yang ada di lingkungan eksternal organisasi.
- Memformulasikan strategi yang memanfaatkan kekuatan dan peluang, serta mengatasi kelemahan dan ancaman.
- Membuat keputusan yang lebih tepat dan efektif.
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.
- Meningkatkan daya saing organisasi.
- Mencapai tujuan dan sasaran organisasi.
Contoh Analisis SWOT
Ketika perusahaan ingin melakukan analisis SWOT, maka mereka perlu melakukan penilaian secara pribadi, seperti berikut: Kekuatan:- Produk yang unik dan inovatif
- Model bisnis yang terus berkembang
- Harga pasar yang unggul
- Struktur organisasi yang lemah
- Persaingan pasar yang kuat
- Gugup saat mempresentasikan kepada klien
- Teknologi yang terus maju dan berkembang
- Peluang pasar yang muncul
- Krisis ekonomi
- Bencana alam yang tidak diduga