Pengertian Pengembangan Produk
Pengembangan produk adalah suatu strategi, proses, dan inovasi dari produsen untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari produk yang sudah ada untuk dipasarkan. Pengembangan ini dilakukan supaya bisa memberikan nilai lebih di mata konsumen. Pengembangan produk ini bisa dibilang hukumnya wajib dilakukan guna bisa tetap bersaing di pasar dan tidak tertinggal dari kompetitor. Oleh sebab itu strategi pengembangan produk ini tidak akan pernah berhenti selama masih ada pesaing di pasar. Pasalnya, kompetitor pasti juga akan selalu mengembangkan produknya seiring dengan persaingan yang ketat di pasar. Contoh pengembangan produk yang dapat dilihat dalam kehidupan kita sehari-hari adalah makin berkembangnya telepon genggam. Seperti diketahui saat ini produk telepon genggam kian banyak beredar di masyarakat. Padahal, pada dasarnya fungsinya sama, yaitu sebagai alat komunikasi. Namun, pada prakteknya setiap produk telepon genggam selalu berinovasi untuk memberikan kepuasan yang berbeda di mata konsumen. Jenis inovasi terkait dengan pengembangan produk adalah misalnya produk handphone merek Apple yang mengembangkan produknya dengan teknologi sidik jari untuk membuka kunci, di saat produk handphone lain masih menggunakan kata sandi manual untuk membuka kunci telepon genggam.
Tujuan Pengembangan Produk
Menurut Kotler dan Keller (2008), ada dua tujuan utama mengapa produk dikembangkan sedemikian rupa, tujuan itu antara lain;- Memenuhi kebutuhan baru serta menguatkan reputasi perusahaan dengan menawarkan produk yang lebih baru dibanding produk sebelumnya.
- Mempertahankan daya saing dengan menawarkan produk yang menawarkan kepuasan baru, bentuknya bisa dalam hal pertambahan produk atau memperbaiki produk yang sudah ada.
- Memenuhi keinginan dari konsumen.
- Meningkatkan omzet penjualan.
- Memaksimalkan sumber produksi.
- Persaingan ketat dengan produk serupa.
- Meningkatkan keuntungan penjualan.
- Memanfaatkan sisa-sisa bahan produksi.
- Mencegah rasa bosan yang dialami oleh konsumen.
Strategi Pengembangan Produk
Dalam mengembangkan suatu produk, tentunya dibutuhkan strategi-strategi tertentu untuk melakukannya. Strategi-strategi itu di antaranya:-
Perbaikan Produk Lama
-
Positioning
-
Mengubah Ide
-
Memperluas Lini Produk
-
Meniru Pesaing
-
Menambah Produk
Tahapan atau Proses Pengembangan Produk
Pengembangan produk tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Pasalnya, ada beberapa tahapan yang wajib dipenuhi agar pengembangan produk dapat berjalan dengan baik. Tahapan itu antara lain:-
Analisis Kebutuhan Konsumen
-
Munculnya Ide
-
Evaluasi dan Penyortiran Ide
-
Analisis Bisnis
-
Analisis Strategi Pemasaran
-
Pengembangan Produk
-
Pengujian Produk
-
Penjualan