Search Engine Optimization (SEO)
Secara garis besar, SEO adalah sebuah proses untuk mengoptimasi keyword website kamu untuk mendapatkan top rank dan traffic di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Tujuan utama SEO adalah membuat situs web menjadi lebih terlihat dan relevan bagi mesin pencari sehingga lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian. SEO juga melibatkan pemahaman tentang algoritma mesin pencari, yang terus berubah dan diperbarui. Ini berarti bahwa praktik SEO perlu diperbarui secara teratur untuk tetap sesuai dengan kebijakan dan preferensi mesin pencari terkini.Search Engine Marketing (SEM)
SEM adalah sebuah bentuk strategi pemasaran yang dimana melibatkan penggunaan iklan berbayar di mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas dan traffic secara instan. Keuntungan utama dari SEM adalah kemampuannya untuk memberikan hasil yang cepat dan terukur. Dalam SEM, kamu dapat langsung memperoleh posisi teratas di halaman hasil pencarian dengan membayar iklan. Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web kamu dan menarik lalu lintas yang relevan dengan cepat. Cara kerja SEM adalah pengiklan harus membayar setiap kali pengguna mengklik iklan kamu atau biasa disebut dengan istilah pay-per-click (PPC). Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan anggaran yang kita keluarkan untuk mengiklankan website tersebut.Manfaat Search Engine Optimization (SEO)
- Meningkatkan visibilitas dan peringkat dalam kurun waktu yang panjang. Meskipun proses untuk mengoptimasi website ini tergolong lebih lambat, tetapi semakin tinggi peringkat situs web kamu, semakin besar kemungkinan situs kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian dalam jangka panjang.
- SEO membantu kamu menargetkan kata kunci yang paling relevan sehingga user yang dapat melalui pencarian organik memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi pelanggan potensial.
- Jika kamu berhasil mencapai peringkat satu dalam search engine, maka kamu berhasil mencapai keunggulan kompetitif lebih tinggi dan lebih banyak traffic organic dibandingkan dengan pesaing kamu.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)
- Dengan menggunakan SEM, kamu dapat secara instan mendapatkan posisi pertama dalam mesin pencari melalui iklan berbayar. Maka dari itu, kamu tidak perlu menunggu lama seperti SEO untuk muncul di peringkat atas.
- SEM memberikan kemudahan untuk mengatur dan menargetkan iklan kamu kepada audiens yang spesifik. kamu dapat menentukan kata kunci yang relevan, demografi, geografi, minat, dan banyak lagi. Maka dari itu, kamu dapat menyusun kampanye yang lebih efektif dan menjangkau orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan kamu.
- Dengan menggunakan SEM, kamu dapat dengan cepat mencapai tujuan pemasaran kamu. Apakah itu meningkatkan lalu lintas situs web, meningkatkan penjualan, atau mengumpulkan prospek, SEM dapat memberikan hasil yang cepat dan dapat diukur dalam waktu singkat.
Baca juga: 5 Tips Membangun Portofolio Kerja yang Menarik dan Kreatif!