SEO vs SEM, Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) merupakan dua jenis tools marketing yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan visibilitas di search engine atau mesin pencari Google. Lalu, apa sih yang menjadi pembeda dari kedua tools tersebut?   Meskipun kedua strategi memiliki cara kerja yang berbeda, namun keduanya memiliki manfaatnya masing-masing. SEO dapat memberikan keuntungan jangka panjang dengan membangan otoritas website secara organik. Di sisi lain, SEM memberikan kontrol yang lebih cepat atas hasil yang kita inginkan dan kita dapat menentukan jangkauan target audiens yang lebih spesifik.  

Search Engine Optimization (SEO)

  Secara garis besar, SEO adalah sebuah proses untuk mengoptimasi keyword website kamu untuk mendapatkan top rank  dan traffic di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Tujuan utama SEO adalah membuat situs web menjadi lebih terlihat dan relevan bagi mesin pencari sehingga lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian.   SEO juga melibatkan pemahaman tentang algoritma mesin pencari, yang terus berubah dan diperbarui. Ini berarti bahwa praktik SEO perlu diperbarui secara teratur untuk tetap sesuai dengan kebijakan dan preferensi mesin pencari terkini.  

Search Engine Marketing (SEM)

  SEM adalah sebuah bentuk strategi pemasaran yang dimana melibatkan penggunaan iklan berbayar di mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas dan traffic secara instan.    Keuntungan utama dari SEM adalah kemampuannya untuk memberikan hasil yang cepat dan terukur. Dalam SEM, kamu dapat langsung memperoleh posisi teratas di halaman hasil pencarian dengan membayar iklan. Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web kamu dan menarik lalu lintas yang relevan dengan cepat.   Cara kerja SEM adalah pengiklan harus membayar setiap kali pengguna mengklik iklan kamu atau biasa disebut dengan istilah pay-per-click (PPC). Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan anggaran yang kita keluarkan untuk mengiklankan website tersebut.   

Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

 
  1. Meningkatkan visibilitas dan peringkat dalam kurun waktu yang panjang. Meskipun proses untuk mengoptimasi website ini tergolong lebih lambat, tetapi semakin tinggi peringkat situs web kamu, semakin besar kemungkinan situs kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian dalam jangka panjang. 
  2. SEO membantu kamu menargetkan kata kunci yang paling relevan sehingga user yang dapat melalui pencarian organik memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi pelanggan potensial. 
  3. Jika kamu berhasil mencapai peringkat satu dalam search engine, maka kamu berhasil mencapai keunggulan kompetitif lebih tinggi dan lebih banyak traffic organic dibandingkan dengan pesaing kamu.
  search engine marketing  

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

 
  1. Dengan menggunakan SEM, kamu dapat secara instan mendapatkan posisi pertama dalam mesin pencari melalui iklan berbayar. Maka dari itu, kamu tidak perlu menunggu lama seperti SEO untuk muncul di peringkat atas.
  2. SEM memberikan kemudahan untuk mengatur dan menargetkan iklan kamu kepada audiens yang spesifik. kamu dapat menentukan kata kunci yang relevan, demografi, geografi, minat, dan banyak lagi. Maka dari itu, kamu dapat menyusun kampanye yang lebih efektif dan menjangkau orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan kamu.
  3. Dengan menggunakan SEM, kamu dapat dengan cepat mencapai tujuan pemasaran kamu. Apakah itu meningkatkan lalu lintas situs web, meningkatkan penjualan, atau mengumpulkan prospek, SEM dapat memberikan hasil yang cepat dan dapat diukur dalam waktu singkat.
 
Baca juga: 5 Tips Membangun Portofolio Kerja yang Menarik dan Kreatif!
 

Belajar Digital Marketing Bersama Sampoerna University

  Dengan kombinasi yang tepat antara SEO dan SEM, kamu dapat mencapai manfaat jangka panjang dari SEO sambil mendapatkan keunggulan kompetitif dan hasil cepat dari SEM. Ini memberikan pendekatan yang seimbang dalam meningkatkan visibilitas, lalu lintas, dan kesuksesan pemasaran digital kamu.    Apakah kamu tahu bahwa Sampoerna University memiliki program digital marketing? Program digital marketing dapat memberikan kamu prospek kerja yang sangat beragam mulai dari Social Media Specialist, SEO Specialist, Digital Marketing Specialist, Content Marketing, dan Copywriter.    Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai program digital marketing di Sampoerna University dengan klik link disini. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar fakultas dan juga program beasiswa, kamu dapat mengunjungi halaman website kami atau silahkan mengisi form dibawah.    Download Academic Calendar tahun 2023-2024    

Recent Post

Mar 24, 2025


Dapatkan Dua Gelar Magister Bisnis dari Sampoerna University dan Thunderbird School of Global Management

Di dunia bisnis yang terus berkembang pesat, memiliki keunggulan lebih bukan lagi sekadar pilihan—....

Jun 20, 2024


Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat....

Jun 20, 2024


Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game bukan....

Terima kasih telah memilih Sampoerna University. Mulai pendaftaran Anda hari ini!

Dengan mengisi formulir pendaftaran kami, Anda mengambil langkah pertama untuk bergabung dengan lingkungan pembelajaran inovatif di Sampoerna University dan mempersiapkan diri untuk sukses global. Daftar hari ini dan biarkan kami membantu Anda meraih potensi terbaik!