Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilakukan oleh konsumen dalam hal merencanakan, mempertimbangkan, sampai pengambilan keputusan untuk mendapatkan sesuatu yang akan mereka konsumsi. Konsumen dalam hal ini adalah individu atau kelompok yang akan membeli barang atau jasa untuk keperluan dirinya sendiri maupun orang lain. Artinya, konsumen adalah orang yang akan mendapatkan nilai manfaat dari barang atau jasa yang dibelinya. Perilaku konsumen akan mempengaruhi strategi dalam penjualan suatu produk. Jadi perilaku konsumen ini wajib dipelajari oleh produsen atau penjual supaya bisa menawarkan produknya dengan strategi yang tepat sasaran.Teori Perilaku Konsumen Menurut Ahli

-
Leon Schiffman & Leslie Kanuk
-
Philip Kotler & Kevin Keller
-
John C. Mowen & Michael Minor
Faktor Perilaku Konsumen
Dalam proses pembelian suatu barang yang dilakukan oleh konsumen, tentunya ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor itu akan menentukan bagaimana cara seseorang akan mempertimbangkan suatu pembelian. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen:-
Kebudayaan
-
Sosial
-
Psikis
-
Diri Sendiri

Model Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen tentunya memiliki ruang lingkup yang luas, karena setiap konsumen pastinya punya perilaku yang berbeda-beda, tetapi untuk menyederhanakannya gambarannya, ada beberapa model yang harus diketahui dari perilaku konsumen, di antaranya adalah:-
Pavlovian Model
-
Drive
-
Drives
-
Reinforcement
-
Model Input, Process, dan Output
-
Input
-
Process
-
Output
-
Model Sosiologi

Proses Pengambilan Keputusan Pembelian
Perilaku konsumen dapat dikatakan sebagai suatu proses pengambilan keputusan dalam hal pembelian. Karena disebut proses, tentunya ada tahapan-tahapan khususnya. Tahapan itu antara lain:-
Pengenalan
-
Pencarian informasi.
-
Pencarian alternatif
-
Keputusan Pembelian
-
Evaluasi setelah pembelian.

Pendekatan untuk Mengetahui Perilaku Konsumen
-
Pendekatan Interpretif
-
Pendekatan Tradisional
-
Pendekatan Teori Hierarki Kebutuhan
Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen
Seperti yang telah dijelaskan bahwa perilaku konsumen penting untuk dipahami, karena ada beberapa manfaat yang didapatkan jika memahami perilaku konsumen. Seperti misalnya:-
Menjual Barang Secara Tepat Sasaran
-
Tahu Strategi Apa yang Akan Dilakukan
-
Mengetahui Trend Pasar
-
Unggul dari Pesaing
-
Efisien