Skip to main content

Apa Itu Pasar Monopoli? Kelebihan dan Kekurangan Serta Contohnya

By Maret 20, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FOB, Edukasi
Permainan pasar monopoli

Monopoli sebenarnya istilah yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, hal ini bisa dijumpai ketika suatu produk atau bisnis hanya dimiliki oleh satu perusahaan. Pasar monopoli yakni satu dari sekian banyak jenis pasar yang ada dan salah satunya di Indonesia, seperti yang disebut sebelumnya jika produk atau bisnis di pasar tersebut hanya dikuasai satu perusahaan saja.

Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, disebutkan bahwa monopoli merupakan penguasaan atas produksi serta pemasaran barang dan atau atas penggunaan jasa tertentu yang dilakukan oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha.

Apa Itu Pasar Monopoli?

Pasar monopoli adalah tempat yang bisa menghidupi hajat orang banyak dengan produk yang dijual, namun pasar ini hanya memiliki satu produsen yang memproduksi berbagai macam barang yang dijual. Sehingga produsen yang ada di dalamnya tidak akan memiliki pesaing dalam penjualan produk tersebut.

Bentuk pasar yang ada sebenarnya hanya satu, namun produk atau jasa yang digunakan dan dibutuhkan banyak orang tanpa adanya kompetitor adalah produk yang sama. Bisa dikatakan bahwa satu-satunya perusahaan atau produsen yang ada di dalam pasar tersebut merupakan pengendali dari pasar dan bahkan juga mengendalikan harga.

Jika dilihat dari pengertian pasar monopoli dengan adanya satu produsen tetapi banyak produk yang dijual dalam pasar tersebut, dapat disimpulkan jika tujuan adanya pasar ini adalah untuk menguasai semua jenis penawaran yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Sementara itu konsumen tak hanya mencari segi harga yang rendah, juga layanan produk yang berkualitas.

Meski begitu apabila konsumen tidak mendapatkan produk yang dicari atau yang akan dibeli dari salah satu penjual, maka kondisi ini bisa mengakibatkan penjual dalam pasar ini merugi. Dampak buruk lainnya dari adanya kondisi tersebut adalah para penjual atau produsen di pasar monopoli melakukan kecurangan.

Baca juga: Manajemen Strategi: Pengertian, Proses, dan Tujuan


Ciri-ciri Pasar Monopoli

  • Hanya terdapat satu penjual dengan banyak pembeli di pasar tersebut, sehingga mau tidak mau mereka harus membeli produk dari penjual tersebut demi memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun harga yang dipatok oleh penjual itu bisa membuat rugi.
  • Munculnya hambatan untuk bisa memasuki pasar bagi perusahaan baru, masalah atau hambatan ini bisa datang dari peraturan Undang-undang, teknologi canggih, hingga modal besar yang harus dikeluarkan oleh penjual baru itu.
  • Penjual di dalam pasar monopoli memiliki keuntungan untuk menetapkan sendiri harga yang diinginkannya, karena tidak tersedia barang substitusi dekat dari barang atau produk yang dijual oleh mereka.
  • Tidak memiliki barang pengganti yang dapat disediakan oleh pihak ketiga, selain penjual yang terdapat di pasar monopoli itu sendiri. Biasanya konsumen terpaksa membeli barang tersebut meski di banderol dengan harga yang mahal.
  • Kurva permintaan di dalam pasar sama dengan kurva permintaan yang terdapat atau sedang dihadapi oleh perusahaan monopoli.

Hambatan yang ada baik secara langsung atau tidak langsung bisa muncul dan diciptakan sendiri oleh perusahaan yang memiliki kemampuan dalam melakukan monopoli pasar. Biasanya perusahaan monopoli akan berusaha membuat kesulitan pendatang baru yang akan masuk ke dalam pasar tersebut, bahkan dengan menggunakan berbagai cara.

Salah satu cara menyulitkan pendatang baru di pasar ini adalah dengan menetapkan harga serendah-rendahnya, bisa jadi berada di tingkat paling rendah. Kondisi ini secara langsung berdampak pada pendatang baru, untuk menetapkan harga yang rendah pula. Tak peduli modal yang digunakan oleh pendatang baru terbilang kecil.

Sehingga perusahaan baru ini tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopoli, meskipun memiliki kekuatan pasar, image produk hingga harga yang murah. Kondisi ini perlahan membuat mati persaingan yang ada di dalam pasar monopoli. 

Seperti menetapkan hak paten atau hak cipta serta hak eksklusif terhadap sebuah barang, namun hal ini biasanya dilakukan melalui peraturan pemerintah. Dengan adanya status kepemilikan terhadap suatu barang, maka perusahaan lain tidak akan memiliki hak untuk menciptakan produk sejenis dan melepasnya ke pasaran.

Sebab Adanya Pasar Monopoli

  • Terjadi Secara Alamiah

Monopoli lahir dan tumbuh secara alamiah karena dukungan dari iklim atau lingkungan tertentu, artinya monopoli bisa tercipta dengan sendirinya karena tak ada pesaing. Selain itu industri lain yang lebih efisien untuk memenuhi kebutuhan suatu masyarakat.

  • Hukum

Monopoli by law biasanya dilakukan oleh pemerintah atau negara untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi negara tersebut. Karena mampu menguasai kebutuhan hidup banyak orang, di Indonesia terdapat aturan yang mengatur perusahaan dapat memproduksi dan memberi layanan masyarakat.

  • Oleh Lisensi

Biasanya ditandai dengan izin pemakaian hak atas kekayaan intelektual, yang nantinya menghasilkan hak cipta atau hak paten yang sebelumnya sudah didaftarkan lebih dulu. Lisensi ini biasanya menyasar pada produk atau barang yang dijual.

Kelebihan Pasar Monopoli

Mampu digunakan untuk melindungi hak kekayaan dari seorang individu, dengan potensi melakukan pengembangan serta inovasi meskipun pada akhirnya nanti memang diperlukan dan dibutuhkan agar tetap laku di masyarakat.

Pemerintah bisa terjun dalam peran sebagai pelindung sumber daya alam negara, sesuatu yang sangat penting ini memang dibutuhkan oleh masyarakat di suatu negara tempat mereka tinggal dan hidup.

Mampu menjaga kestabilan ekonomi dan efisiensi terhadap produk maupun jasa, adanya perusahaan lain dengan menawarkan produk maupun jasa yang sama hanya akan membuat siklus ekonomi menjadi tidak stabil.

Perusahaan yang menggunakan jenis monopoli tak perlu mengeluarkan banyak modal, khususnya untuk promosi. Karena produk dan jasa yang ditawarkan dekat dengan masyarakat sudah pasti dibutuhkan.

Kelebihan lain dari pasar monopoli adalah para penjual dengan bebas bisa menentukan harga dari produk atau jasa yang mereka tawarkan. Bisa itu dengan harga paling rendah, atau harga paling tinggi sekalipun.

Kekurangan Pasar Monopoli

Pembeli dalam pasar tak memiliki pilihan selain membeli produk atau jasa yang ditawarkan di pasar monopoli. Dampaknya keuntungan terpusat pada perusahaan yang memang menggunakan metode ini dalam mengelola bisnis.

Perusahaan dalam monopoli bisa saja menaikkan harga jual karena konsumen atau pembeli tidak bisa pindah ke perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan mereka, kondisi ini tentu menguntungkan perusahaan tersebut.

Adanya kemungkinan perusahaan tidak memberi layanan dengan optimal dan efisien karena perusahaan dapat mengurangi maupun menetapkan harga jual bahkan perusahaan tersebut mampu memanipulasi kelangkaan produk.

Jenis-jenis Pasar Monopoli

Ahmad Syafii dalam bukunya berjudul Ekonomi Mikro yang terbit pada 2020 menyebutkan terdapat beberapa jenis pasar yang ada. Kemunculan dari jenis-jenis monopoli ada tak lain karena kondisi dari suatu lingkungan tersebut. Berikut beberapa jenis pasar monopoli yang ada dan perlu diketahui.

  • Pasar monopoli alamiah.
  • Pasar monopoli masyarakat.
  • Pasar monopoli undang-undang yang mencakup hak paten, hak cipta, monopoli negara hingga merek.
  • Monopoli yang muncul karena adanya bahan baku yang dikuasai.
  • Monopoli karena kemampuan efisiensi yang dimiliki.


Contoh Pasar Monopoli

Beberapa perusahaan yang terjun membentuk pasar yang berjenis seperti ini di Indonesia antara lain seperti PLN, Pertamina dan PDAM. Ketiga perusahaan ini muncul dengan masing-masing fungsi utama, yakni memasok listrik, bahan bakar dan air bersih yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pasar sejenis ini tak hanya hadir di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Seperti Google, Microsoft hingga Facebook dan meskipun beberapa di antara mereka memiliki pesaing. Namun dapat dikatakan musuh-musuh mereka belum sepadan dengan kekuatan yang dimiliki serta status perusahaan besar yang tersemat pada mereka. Sehingga adanya pesaing justru membuat perusahaan-perusahaan ini semakin menggila di pasar monopoli dunia.

Demikian penjelasan mengenai pasar monopoli, sebab adanya, jenis-jenis hingga contoh yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Sampoerna University membangun sumber daya manusia melalui mahasiswa yang memiliki bekal dalam ilmu bisnis, sehingga memahami benar bagaimana pasar dan serba-serbi di dalamnya.

Fakultas Bisnis Sampoerna University dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan individu yang cakap dan terlatih untuk mengisi lapangan pekerjaan di sektor manajemen bisnis, perbankan dan jasa keuangan di Indonesia. Program akademik dalam Fakultas Bisnis dirancang untuk memenuhi kurangnya talenta bangsa dalam sektor ini.

Memastikan semua mahasiswa bersaing untuk pekerjaan di dalam maupun luar negeri. Menurut Boston Consulting Group, perusahaan-perusahaan Indonesia di segala tingkatannya mengalami krisis kekurangan manajer terlatih. Di tahun 2017, semua lulusan Fakultas Bisnis langsung menerima tawaran pekerjaan dan mulai bekerja dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan.

Referensi
Money.kompas.com – Pasar Monopoli

X