Skip to main content

Filsafat Adalah Ilmu yang Memiliki Banyak Manfaat Dalam Kehidupan

By Februari 9, 2022September 9th, 2022Artikel, Edukasi
filsafat adalah

Merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang menarik untuk disimak, filsafat adalah ilmu yang melahirkan pemikiran-pemikiran soal berbagai macam hal. Dengan menggunakan pendekatan yang lebih dalam dan bermakna, hal itu bisa dilihat dari pemikiran-pemikiran bijak para ahli mereka seperti Socrates, Plato, Immanuel Kant dan lain sebagainya.

Filsafat sejatinya merupakan studi mengenai hakikat realitas dan keberadaan, mengenai apa yang mungkin diketahui hingga perilaku benar atau salah. Anggapan umum mengenai filsafat bahwa yang dibahas sebagai hal yang tinggi, sulit, abstrak dan tidak berkaitan dengan masalah kehidupan sehari-hari, tak jarang filsuf kerap digambarkan sebagai orang jenius.

Apa Itu Filsafat

Filsafat berasal dari kata Yunani philosophia yang berarti cinta kebijaksanaan, filsafat merupakan bidang pemikiran manusia yang paling penting karena bercita-cita untuk mencapai makna hidup paling hakiki. Meskipun bagi sebagian orang cara berpikir dalam ilmu filsafat dipandang sebagai suatu hal yang berbelit-belit dan membosankan.

Cara berpikir dalam ilmu filsafat terbilang sangat membuka wawasan, pemikiran-pemikiran dasar yang dikemukakan para filsuf dahulu juga masih menjadi rujukan dalam melihat berbagai masalah yang muncul di dunia modern. Tak salah jika ilmu filsafat dikatakan sebagai ilmu tentang bagaimana pencarian makna dalam berbagai macam hal.

Pada dasarnya setiap ilmu pengetahuan mempunyai keunikan tersendiri yang saling membedakan, selain itu juga memberi manfaat dan memiliki kegunaan dalam kehidupan. Bisa dibilang filsafat merupakan bidang pemikiran manusia yang paling penting karena memiliki tujuan yang sangat krusial bagi kehidupan manusia.

Baca juga: Pengertian Nilai-nilai Pancasila Beserta Contohnya

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

● Menurut Bertrand Russel

Filsafat bisa dikatakan sebagai suatu usaha seseorang untuk menjawab pertanyaan tidak secara dogmatis atau dangkal seperti ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Namun memberi jawaban secara kritis, yakni dengan menyelidiki permasalahan yang ditimbulkan dari pertanyaan yang muncul, jawaban tersebut nantinya menjadi dasar menjalani kehidupan.

● Menurut Immanuel Kant

Filsafat ilmu pengetahuan yang menjadi pangkal dan puncak segala pengetahuan yang tercakup dalam empat persoalan, yakni apa yang bisa diketahui (metafisika), apa yang seharusnya dilakukan (etika), sampai mana harapan kita (agama) dan apa hakikat manusia (antropologi).

● Menurut W.J.S Poerwadarminta

Filsafat merupakan pengetahuan dan penyelidikan menggunakan akal budi mengenai sebab, asas hukum dan sebagainya. Ketimbang segalanya yang ada di alam semesta maupun mengetahui kebenaran dan arti dari adanya sesuatu.

● Menurut Mudhofir

Jika kata filsafat mengacu pada asal kata philen dan sophos, maka berarti mencintai sifat bijaksana atau bijaksana sebagai kata sifat. Apabila mengacu pada asal kata philos dan sophia, berarti teman kebijaksanaan atau kebijaksanaan sebagai benda.

● Menurut Nasroen

Filsafat adalah hasil dari tinjauan manusia mengenai dirinya, makna alam dan tujuan hidup dengan menggunakan pikiran serta dibantu rasa dan keyakinan di dalam diri tersebut. Sebagai suatu kesatuan, baik dalam memengaruhi atau membantu orang lain, filsafat digunakan sebagai pedoman dalam memberi makna hidup.

Filsafat Pancasila

Pancasila sebagai sistem filsafat merupakan suatu kesatuan dari bagian-bagian yang saling berhubungan, selain itu juga saling bekerja sama antara satu sila dengan sila yang lain guna mencapai tujuan tertentu dan secara keseluruhan merupakan satu kesatuan utuh guna mempunyai beberapa inti sila, nilai serta landasan mendasar.

Filsafat Adalah Ilmu yang Bermanfaat Dalam Kehidupan

Setelah mengetahui apa itu filsafat, filsafat adalah dan pengertian dari para ahli, salah satu jenis ilmu pengetahuan ini bisa mendatangkan beberapa manfaat ketika mempelajari. Ilmu filsafat merupakan jenis ilmu pengetahuan yang dinilai kurang praktis atau menyentuh hal-hal yang bersifat teknis walaupun bukan berarti tidak memiliki kegunaan:

  • Mendorong cara berpikir kritis dengan melihat hakikat atau dasar persoalan hingga mengembangkan pertanyaan dari jawaban yang didapat.
  • Membuat cara berpikir yang bijaksana, seseorang yang mendalami ilmu filsafat berdasar pada kecintaan terhadap kebijaksanaan.
  • Membuat seseorang untuk berpikir dan merenung, bertingkah atau bertindak sesuai dengan keyakinan yang dianut.

Dalam mencari pemecahan masalah diklaim akan banyak terbantu jika menggunakan ilmu filsafat, karena filsafat adalah suatu bagian dari keyakinan dan tindakan seseorang. Meskipun hal itu tanpa disadari, dengan akal budi ditambah rasionalitas dan kejujuran manusia memiliki kemampuan dalam merefleksi hasil olah pikir dengan lingkup dan batasan.

Filsafat adalah ilmu pengetahuan paling tua, dikarenakan filsafat adalah dasar dari segala dasar berpikir yang membutuhkan pemecahan dari pertanyaan dan persoalan hidup di dalam olah pikir manusia, kemudian melahirkan berbagai cabang ilmu. Filsafat menyentuh berbagai dimensi hidup manusia, realitas hidup, kejujuran hati dan refleksi suasana jiwa.

Pembahasan mengenai filsafat baru merebak di awal abad ke-20, meskipun Francis Bacon dengan metode induksi yang ditampilkan pada abad kesembilan belas bisa dikatakan sebagai dasar filsafat ilmu secara umum. Perkembangan dan permasalahan filsafat dapat dilihat, sangatlah berpengaruh mengantar ilmu filsafat sebagai cabang yang mengkaji secara mendalam dari filsafat itu sendiri.

Berdasarkan pembahasan yang diuraikan di atas dapat dipahami mengenai pengertian filsafat dan manfaat mempelajarinya untuk kehidupan. Dengan belajar filsafat, ilmu sains dan teknologi bisa berkembang dengan pesat.

Ingin belajar lebih lanjut tentang ilmu filsafat maupun ilmu lainnya di Universitas berstandar internasional?  Yuk tur virtual untuk mengetahui fasilitas yang ada di Sampoerna University. Info lebih lanjut dapat menghubungi kami di sini.

Pelajari lebih lanjut terkait program studi, metode pengajaran dan seputar informasi akademik yang ada di Sampoerna University dengan mengisi data dibawah ini dan team kami akan siap melayani.

Article Form

Referensi:
Merdeka.com – Apa itu filsafat menurut para ahli

X