Skip to main content

Pengertian Relevan, Ciri-ciri dan Contohnya

By Agustus 2, 2022September 9th, 2022Edukasi
pengertian relevan

Pengertian relevan dapat dikatakan sebagai syarat informasi berkualitas dan akurat, dikarenakan adanya hubungan secara langsung persoalan atau permasalahan yang dihadapi. Selain itu adanya keuntungan timbal balik antara keduanya, sehingga intisari dari penggunaan kata relevan yang memiliki arti kecocokan dan bersangkut paut serta berguna pada saat itu juga.

Di satu sisi dapat dipahami jika pembicaraan mengenai kata relevan, akan membuat seseorang harus memahami apa yang dimaksud dengan istilah relevansi. Penyebabnya karena kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain, seperti teknik analisis data penelitian. Kedua istilah ini juga mungkin sering didengar banyak orang, namun tidak semuanya memahami artinya.

Pengertian Relevan

Pengertian relevan secara bahasa bisa diartikan sebagai mengait-kaitkan, saling bersangkutan dan berhubungan. Pada umumnya relevan adalah hal yang memiliki kaitan dan hubungan erat dengan pokok masalah yang sedang dihadapi. Selain adanya relevansi juga memiliki pengertian yang berkaitan dengan situasi atau kejadian yang terjadi saat ini.

Jelaskan pengertian relevan, terjadinya hubungan langsung terkait dengan persoalan yang sedang dihadapi, selain itu keuntungan timbal balik antara keduanya. Pada intinya relevan memiliki arti kecocokan, kemudian bersangkut paut serta memiliki kegunaan secara langsung. Konsep relevansi bisa dipelajari pada berbagai bidang, termasuk ilmu kognitif, logika dan ilmu perpustakaan.

Meski demikian, yang paling mendasar untuk dipelajari adalah epistemologi mengenai teori pengetahuan yang berbeda. Karena memiliki implikasi yang berbeda pula sesuatu yang dianggap relevan dan memiliki pandangan fundamental terhadap semua bidang lainnya. Memahami pengertian relevan adalah juga harus memandang dari penjelasan para ahli.

Baca juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Fungsi, Contoh dan Elemen

Pengertian Relevan dari Para Ahli

Seperti salah satunya, Ainom Mohm menyebutkan bahwa relevan memiliki kaitan dan hubungan erat dengan pokok masalah yang sedang dihadapi. Relevan adalah berbagai hal sejenis atau sama yang saling berkaitan dengan subjek dalam konteks yang tepat atau terhubung dan terkait dengan situasi yang sedang terjadi saat ini.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan relevan merupakan kait-mengait, bermanfaat secara langsung, bersangkut-paut. Sementara pengertian atau definisi baku dari kata ini harus memakai rujukan pada apa yang sudah dijelaskan di kamus ini. Sehingga seseorang bisa menjadikan sebagai rujukan resmi.

  • Kamus Luar Negeri

Cambridge dan Merriam-Webster membagi pengertian mengenai relevan dalam beberapa poin, di antaranya relevansi adalah kaitan apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Benar atau cocok yang digunakan dalam suatu tujuan tertentu, mempunyai pengaruh yang signifikan dan bisa dibuktikan mengenai masalah yang dihadapi.

  • Pengertian Relevan dan Relevansi

Relevansi menurut Suharto dan Tata Iryanto adalah kesesuaian sesuatu yang diinginkan, lebih jelasnya lagi menurut Poerwadarminta menyebutkan bahwa relevansi adalah kesesuaian keberadaan sesuatu pada tempat atau yang diinginkan. Sehingga dalam hal ini, relevansi dimaksud sebagai kesesuaian gaya kepemimpinan yang diinginkan.

Dalam dunia pendidikan, relevansi adalah kesesuaian antara kemampuan yang didapat lewat jenjang pendidikan dengan kebutuhan pekerjaan. Sehingga kurikulum atau program pendidikan yang dipakai harus sesuai dengan tuntutan hidup atau kebutuhan kerja yang terdapat di dalam kehidupan. Penalaran normal, relevansi terbukti menjadi konsep penting namun sulit dipahami.

Hal itu penting karena adanya solusi dari setiap masalah juga memerlukan identifikasi, berdasarkan elemen-elemen yang juga relevan dan menjadi dasar solusi bisa ditemukan. Meskipun sulit dipahami secara nalar, makna relevansi terlihat sulit dan bisa saja tidak mungkin ditangkap dalam sistem logis konvensional.

Contoh Kalimat Relevan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa relevan adalah bersangkutan, kait-mengait secara langsung dengan masalah yang sedang dihadapi. Contohnya seperti ceramahnya tidak relevan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, relevan tidak jika pegawai itu pergi ke kantor mengendarai sepeda motor. Materi yang disampaikan tidak relevan dengan tema acara.

Relevan memiliki lawan kata, yakni tidak relevan yang merupakan tidak menyambung dan tidak memiliki kaitan serta tidak tersangkut paut. Relevan juga sangat berhubungan era dengan relevansi, beberapa contoh kalimat relevansi seperti tujuan pendidikan yang dijalankan oleh sekolah harus mempunyai relevansi dengan kehidupan masyarakat.

Setiap mata pelajaran harus memiliki relevansi dengan keseluruhan tujuan pendidikan, lulusan sekolah kejuruan akuntansi dan mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi harusnya memiliki relevansi yang tinggi dengan pekerjaan akuntansi publik. Dan masih banyak lagi contoh kalimat dari kedua jenis materi yang sedang dibahas saat ini.

Cara Memahami Relevan

Blue arrow hit the center of target or goal of success

Guna memahami apa itu relevan diperlukan setidaknya beberapa langkah yang harus diketahui lebih dahulu. Tujuannya jelas agar tidak salah saat dihadapkan dengan momen ketika harus menggunakan kata relevan. Lantas apa saja langkah yang harus dilakukan? berikut ini beberapa cara untuk memahami yang dimaksud dengan relevan.

  • Konteks

Merupakan inti utama dari kata relevan, konteks memberi kebebasan seseorang untuk membahas apa saja selama masih memiliki hubungan atau relevansi terkait bahan satu dengan bahan lain yang kemungkinan tidak termasuk dalam bahan pertama.

  • Tujuan

Relevan merupakan sesuatu yang berhubungan, ini mencakup dari tujuan suatu tindakan atau usaha dan karena jika menginginkan bisnis sukses sehingga harus mempersiapkan langkah-langkah yang relevan. Dalam penelitian, tujuan harus sesuai dengan masalah dan metode pada bagian keseluruhan terhadap riset penelitian yang dilakukan.

Ciri Relevan

Terdapat beberapa ciri dalam memahami apa yang dimaksud dengan relevan, tak hanya mengerti pengertian yang memang erat hubungannya dengan pokok masalah yang sudah dihadapi. Kesesuaian akan keberadaan sesuatu yang diinginkan suatu kelompok, lantas apa saja ciri-ciri yang digunakan untuk mudah mengenali sesuatu yang relevan.

  • Punya Hubungan Secara Nyata

Sesuatu hal dianggap relevan jika kedua hal tersebut memiliki hubungan secara nyata, seperti seorang mahasiswa A menyelesaikan kuliah di program pendidikan Kimia, kemudian mengajar mata pelajaran Kimia di SMA. Dapat dikatakan bahwa pekerjaan yang dipunyai mahasiswa tersebut relevan dengan karier pendidikannya.

  • Ketertarikan Topik

Ciri kedua merujuk pada sesuatu yang dianggap relevan dengan hal lain memiliki ketertarikan topik, secara teoritis yang contohnya seperti ketika dosen sedang mengulas mengenai topik kemiskinan masyarakat dalam sebuah negara.

  • Konteks Relevan

Konteks dari relevan dipakai sebagai penghubung kata dalam sebuah tulisan, contoh seperti dalam sastra Indonesia dengan adanya majas, perumpamaan atau ungkapan yang disengaja dalam memperindah suatu tulisan. Memakai majas, perumpamaan atau ungkapan harus sejalan dengan apa yang dibahas dalam tulisan hingga membentuk makna yang relevan.

Contoh Relevan

African american ceo giving presentation at corporate team meeting concept

  • Bidang Umum

Kritik saat seseorang berbicara tidak relevan, terhadap topik utama pembicaraan merupakan contoh penerapan kata relevan secara umum atau dalam keseharian. Percakapan yang dikatakan relevan apabila menggunakan pola sistematis atau berurutan. Informasi yang diperoleh mengenai apa saja, kapan, siapa, dimana dan bagaimana.

  • Penelitian dan Akademik

Kedua bidang ini paling banyak menggunakan istilah relevan, karena sebelum melakukan penelitian biasanya akan dicari lebih dulu teori, konsep dan referensi. Selain itu bahan yang didapat juga harus memiliki relevansi tinggi dengan apa yang akan diteliti. Hal itu mengharuskan pencarian teori yang berkaitan dengan penelitian secara langsung.

  • Bisnis dan Akuntansi

Pengertian relevan dan akuntansi, termasuk konten dan konteks yang dipakai harus tepat mengenai laba dan rugi sebagai transaksi harus mencantumkan apa saja yang perlu tersedia. Karena kemampuan yang tidak bisa digunakan untuk menempatkan unsur atau data yang tidak sesuai, analisa yang tepat membuat analisis yang relevan dalam perencanaan dan penerapan.

  • Budaya dan Sosial

Kedua bidang ini membutuhkan kata relevan pada saat menjelaskan sesuatu, banyak yang dibicarakan di luar konteks namun berusaha menunjukkan keterkaitan. Jika dilakukan dengan sistematis dan logis, cara ini bahkan menjadi bagian dari metode analisis ilmiah. Relevansi suatu topik harus terkait langsung dengan suatu perantara.

Demikian penjelasan mengenai relevan, mulai dari pengertian, contoh kalimat, cara memahami, ciri-ciri dan contoh dari relevan. Sampoerna University menyelenggarakan program pendidikan di bawah lisensi dan otoritas kredensial dari Kementerian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Tujuan Sampoerna University dengan jelas memenuhi standar nasional dan internasional, Sampoerna University dengan keunikan memenuhi syarat dalam memberi kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan. Sampoerna University sebagai komunitas belajar yang mempersiapkan mahasiswa untuk sukses secara akademik dan profesional.

Pelajari lebih lanjut terkait program studi, metode pengajaran dan seputar informasi akademik yang ada di Sampoerna University dengan mengisi data dibawah ini dan team kami akan siap melayani.

Article Form

Referensi
Freedomsiana

X