05 Sep 2023

Simak 7 Tips untuk Mempersiapkan Ujian Akhir

Artikel,

Edukasi,

Ujian akhir adalah sebuah momen penting bagi mahasiswa. Banyak dari kita yang menganggap bahwa ujian akhir adalah sebuah mimpi buruk yang memicu rasa stres dan kecemasan. Bagi siswa yang tidak mempersiapkan diri mereka dengan baik tentu akan merasa kebingungan dan cemas menghadapi ujian akhir.

 

Untuk mencegah kecemasan tersebut, lebih baik kita menyusun tips belajar kita sendiri untuk mempersiapkan diri kita di ujian akhir sehingga kita mendapatkan hasil yang maksimal dengan percaya diri!

 

1.  Mulai belajar jauh-jauh hari

 

Kita harus memulai untuk belajar materi untuk ujian akhir setidaknya sebulan sebelum memasuki minggu ujian akhir. Sehingga, kita tidak perlu terburu-buru untuk mempelajari materi ujian yang banyak.

 

Terlalu banyak siswa yang membiasakan diri untuk menunda belajar untuk ujian akhir dan bekerja keras sepanjang malam. Tentunya hal tersebut tidak hanya membuat kamu stres, tetapi juga metode ini tidak efektif. Kinerja belajar kita akan meningkat ketika kita dapat membagi sesi belajar kita menjadi bagian-bagian kecil dari waktu ke waktu. 

 

2. Tentukan jadwal belajar kamu

 

Dalam mempersiapkan ujian akhir, sebaiknya kita membuat jadwal belajar yang efektif dan efisien untuk membantu kamu memanfaatkan waktu kamu dengan efisien. Kamu dapat menggunakan beberapa contoh untuk membuat jadwal belajar kamu supaya lebih terorganisir

 

10.00 – 11:30: Mempelajari buku psikologi bab 1-3

 

11:30 – 12:30 : Istirahat

 

12:30 – 14.00 : Baca ulang catatan psikologi

 

Strategi belajar terbaik adalah dengan membagi sesi belajar kamu lebih pendek dan fokus pada istirahat yang teratur. Hal tersebut membantu kamu untuk melawan distraksi dari luar dan lebih fokus pada saat belajar.

 

3. Buat suasana belajar yang nyaman

 

Untuk meningkatkan fokus saat belajar, sangat penting untuk memiliki ruang belajar yang nyaman dan tenang. Cobalah untuk belajar di ruangan yang tidak memiliki banyak distraksi saat belajar. Kamu juga dapat mengubah ruangan belajar kamu menjadi di perpustakaan atau kafe favorit kamu untuk mempertahankan motivasi kamu belajar, sehingga persiapan ujian akhir kamu akan maksimal. 

 

4. Kategorikan pelajaran yang paling prioritas

 

Salah satu faktor yang membuat pembelajaran menjadi tidak efektif adalah kesulitan kita memprioritaskan pembelajaran ujian akhir. Cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk mata pelajaran di kelas yang lebih sulit. Misalnya, jika kamu memiliki kesulitan dalam belajar matematika atau akuntansi, kamu dapat memfokuskan di mata pelajaran tersebut terlebih dahulu.

 

Perlu diingat bahwa menghabiskan waktu yang sama untuk setiap mata pelajaran tidak menjamin bahwa kamu dapat menguasai setiap mata pelajaran. Lebih baik kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mata pelajaran yang menurut kamu perlu ditingkatkan lagi. 

 

Simak 7 Tips untuk Mempersiapkan Ujian Akhir

 

5. Mengikuti sesi belajar kelompok 

 

Tidak semua orang memiliki gaya belajar yang sama. Kita dapat mencoba mengikuti sesi belajar kelompok untuk saling sharing apabila kita merasa kesusahan untuk memahami di mata pelajaran tertentu.

 

Belajar kelompok merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan, santai dan mengurangi stres. Mengajak teman untuk saling berbagi ide dalam mata pelajaran yang sulit dapat membantu kamu lebih cepat menguasai materi pelajaran tersebut. 

 

6. Pelajari kisi-kisi ujian akhir 

Tips berikutnya adalah kamu dapat mempelajari kisi-kisi ujian untuk lebih menguasai topik materi pelajaran di kelas. Kisi-kisi ujian akhir semester biasanya diberikan oleh dosen sebelum ujian berlangsung. Kisi-kisi ujian akhir semester dapat membantu siswa atau mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik menghadapi ujian akhir semester.

 

Dengan mengetahui kisi-kisi ujian akhir semester, mahasiswa dapat lebih fokus belajar pada materi-materi yang akan diujikan. mahasiswa juga dapat lebih mengatur waktu belajarnya dengan lebih baik.

 

7. Terus berlatih mengerjakan latihan soal

 

Tips terakhir yang dapat kamu terapkan adalah dengan rutin untuk terus latihan mengerjakan soal-soal. Berlatih mengerjakan soal adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mempersiapkan ujian akhir. Latihan soal akan membantumu untuk memahami materi yang telah kamu pelajari dan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mengerjakan soal.

 

Saat mengerjakan soal, cobalah untuk memahami konsep dasar dari soal tersebut. Jika kamu tidak memahami konsep dasar, maka kamu akan sulit untuk menjawab soal tersebut. Setelah memahami konsep dasar, cobalah untuk mengerjakan soal tersebut dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini akan membantumu untuk memahami berbagai cara untuk menjawab soal yang sama. 

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Kami menyediakan berbagai kelas, pelatihan, dan sertifikasi yang dirancang untuk membantu siswa berhasil secara akademis dan nonakademis. Alumni dan pelatih profesional dari berbagai industri dan bidang mendukung program. Mereka akan membantu siswa mencapai tujuan akademik dan masa depan mereka. 

 

Tertarik untuk bergabung bersama Sampoerna University? Sampoerna University mengundang mahasiswa berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk bergabung bersama kami. Kamu dapat melihat prosedur pendaftaran Sampoerna University melalui link disini

 

Download Sampoerna University Academic Calendar 2023 – 2024

 

 

Recent More

Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Jun, 20 2024

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat...

Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Jun, 20 2024

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game...

Jun, 15 2024

Di era yang penuh dengan persaingan dan dinamika, bisnis model menjadi pedoman penting bagi...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp