Skip to main content

Social Media Marketing: Pengertian, Strategi, hingga Contohnya

By September 4, 2022September 10th, 2022Artikel, Berita & Kegiatan FOB
social media marketing

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh brand maupun perusahaan pada zaman digital saat ini adalah social media marketing. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membuat social media planning ataupun melihat lebih dalam social media analytics untuk keuntungan brand dan perusahaan.

Jadi, sebenarnya apa itu social media marketing dan apa pula strategi, manfaat, hingga contohnya? Simak dalam penjelasan lengkap berikut ini mengenai social media marketing.

Pengertian Social Media Marketing

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media sosial berarti laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Sedangkan marketing atau pemasaran berarti proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan.

Artinya, social media marketing adalah sebuah proses atau cara pemasaran digital menggunakan media sosial untuk memasarkan produk dan jasa.

Social media marketing strategi ada banyak, mulai dari interaksi langsung dengan pelanggan, menyelesaikan keluhan pelanggan, pengumuman produk baru, mencari feedback dari pelanggan, serta membangun komunitas pelanggan.

Social media specialist adalah orang yang punya spesialisasi dalam pemasaran melalui media digital khususnya media sosial tersebut. Sebelum masuk lebih dalam, mari simak dulu beberapa pengertian social media marketing menurut para ahli.

Pengertian Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian menurut para ahli:

  1. Neil Patel

Menurut Patel, merupakan proses menarik perhatian orang agar tertarik dan terikat dengan konten yang disajikan.

  1. Hubspot

Sedangkan Hubspot berpendapat bahwa merupakan aksi dari pembuatan konten. Konten ini yang kemudian dipakai untuk menarik perhatian calon pelanggan atau pengguna media sosial.

  1. Tamar Weinberg

Weinberg berkata bahwa merupakan proses yang mendorong individu untuk melakukan pemasaran melalui laman web, sosial media, atau layanan lain melalui saluran pemasaran daring.

Social media marketing juga digunakan untuk berkomunikasi dengan komunitas, berpeluang melakukan pemasaran jika dibandingkan melalui saluran periklanan konvensional.

  1. Tract L. Tuten

Tuten beranggapan bahwa bentuk promosi daring yang menggunakan latar budaya dari komunitas sosial untuk melakukannya.

  1. Susan Gunelius

Terakhir, Gunelius berkata bahwa merupakan bentuk dari direct marketing dan indirect marketing, digunakan untuk membangun sebuah kesadaran, pengakuan, daya ingat, dan tindakan untuk sebuah merek, bisnis, produk, atau orang, dan dilakukan dengan menggunakan alat dari website sosial seperti blogging, microblogging, social networking, social bookmarking, hingga content sharing.

Baca juga: Pay Per Click: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Cara Mengelola

Pentingnya Social Media Marketing

social media marketing

Media sosial sudah menjadi tak terpisahkan dengan kehidupan manusia saat ini, artinya bahwa pemasaran di media sosial juga sangat penting artinya. Strategi ini bisa meningkatkan brand awareness bagi brand atau produk yang akan dipasarkan, terutama apabila pemasaran dilakukan terus menerus.

Selain itu, pemasaran cara ini juga bisa meningkatkan user engagement alias interaksi dari pembeli maupun calon pembeli kepada produk yang dipasarkan. Strategi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui strategi promosi kompetitor hingga mengetahui respons pelanggan terhadap produk yang dikeluarkan.

Strategi Social Media Marketing

Dalam social media marketing strategi, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa maksimal.

  1. Perlu lakukan riset terlebih dahulu sebelum emmulai, dan jangan lupa lakukan audit evaluasi media sosial.
  2. Tetapkan metrics atau ukuran kesuksesan yang ingin diraih dalam pemasaran ini.
  3. Perlu terlebih dahulu mempelajari selera target pasar yang ingin dimasuki.
  4. Platform yang dituju juga harus ditentukan, karena setiap platform memiliki keunikan tersendiri.
  5. Konten yang menarik jadi senjata utama dalam pemasaran ini dan harus melakukan riset terlebih dahulu untuk membuat konten tersebut.
  6. Kerja sama dengan influencer sangat dianjurkan untuk memperluas jangkauan pemasaran.
  7. Penjadwalan waktu kapan pemasaran akan dilakukan secara detail juga akan membantu pemasaran ini tepat sasaran.
  8. Memanfaatkan tools ads dari media sosial juga bisa dilakukan agar maksimal.
  9. Evaluasi dan controlling tetap harus dilakukan untuk bisa menghasilkan data-data yang akurat.

Platform Media Sosial Populer

Saat ini, ada banyak platform media sosial. Dalam menjalankan pemasaran harus dilihat dan dimengerti di mana target pasar berada, atau di sosial media apa target pasar tersebut berada.

Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, Snapchat, Twitter, WhatsApp, TikTok, hingga Reddit menjadi beberapa media sosial yang banyak digunakan saat ini. Pemilihan media sosial yang tepat akan sangat menentukan berhasil tidaknya social media marketing, karena setiap media sosial punya pasar dan pengguna yang berbeda-beda.

Contoh Social Media Marketing

Saat ini, ada banyak model yang bisa dilakukan. Untuk iklan atau ads contohnya, iklan video dan gambar di Instagram dan YouTube menjadi contohnya. Selain itu, bisa juga marketing tidak menggunakan ads dari platform media sosial, tetapi menggunakan jasa influencer di TikTok ataupun Instagram untuk mengiklankan produk.

Manfaat Social Media Marketing

Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Akan selalu teringat oleh orang, dengan selalu menyajikan konten secara reguler, membuat orang FOMO (Fear of Missing Out).
  2. Bisa mendapatkan ide konten baru hasil dari engagement dari pelanggan.
  3. Membuat reputasi menjadi lebih baik dengan selalu menerima dengan baik pertanyaan, feedback, dan keluhan pelanggan.
  4. Dari kemampuan ads media sosial, jadi bisa mengetahui pasar yang tepat untuk produk.
  5. Sosial media juga bisa jadi penghasil pendapatan yang efektif bagi sebagian produk.

Tujuan Social Media Marketing

Social media marketing

Ada banyak tujuan tergantung apa yang ingin dicapai dalam social media marketing tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Pemasaran dalam bentuk ini bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.
  2. Membangun minat pelanggan terhadap suatu produk sekaligus membangun kesadaran merek dengan konten yang terus menerus.
  3. Bisa memperluas target pasar sekaligus mendapatkan konsumen baru.
  4. Dibanding pemasaran konvensional, pemasaran digital kadang lebih murah soal biaya.
  5. Selain itu, bisa juga pemasaran digital menjadi CRM alias Customer Relationship Management dari satu perusahaan.

Demikian penjelasan lengkap tentang arti, cara, manfaat, dan strategi social media marketing. Untuk lebih dalam memahami mengenai social media marketing, Digital Marketing menjadi salah satu hal yang perlu dipelajari. Di Sampoerna University, ada program studi Pemasaran Digital atau Digital Marketing yang berkolaborasi dengan salah satu universitas terkenal di dunia, yakni University of Arizona. 

Selain itu, mahasiswanya juga mendapatkan pengetahuan mendasar mengenai ilmu pemasaran dan memberikan anda keterampilan dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi yang efektif dengan pihak-pihak lain dalam organisasi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Glints

X