Artikel,
Berita & Kegiatan FOB,
Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh brand maupun perusahaan pada zaman digital saat ini adalah social media marketing. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membuat social media planning ataupun melihat lebih dalam social media analytics untuk keuntungan brand dan perusahaan.
Jadi, sebenarnya apa itu social media marketing dan apa pula strategi, manfaat, hingga contohnya? Simak dalam penjelasan lengkap berikut ini mengenai social media marketing.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media sosial berarti laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Sedangkan marketing atau pemasaran berarti proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan.
Artinya, social media marketing adalah sebuah proses atau cara pemasaran digital menggunakan media sosial untuk memasarkan produk dan jasa.
Social media marketing strategi ada banyak, mulai dari interaksi langsung dengan pelanggan, menyelesaikan keluhan pelanggan, pengumuman produk baru, mencari feedback dari pelanggan, serta membangun komunitas pelanggan.
Social media specialist adalah orang yang punya spesialisasi dalam pemasaran melalui media digital khususnya media sosial tersebut. Sebelum masuk lebih dalam, mari simak dulu beberapa pengertian social media marketing menurut para ahli.
Berikut ini adalah pengertian menurut para ahli:
Menurut Patel, merupakan proses menarik perhatian orang agar tertarik dan terikat dengan konten yang disajikan.
Sedangkan Hubspot berpendapat bahwa merupakan aksi dari pembuatan konten. Konten ini yang kemudian dipakai untuk menarik perhatian calon pelanggan atau pengguna media sosial.
Weinberg berkata bahwa merupakan proses yang mendorong individu untuk melakukan pemasaran melalui laman web, sosial media, atau layanan lain melalui saluran pemasaran daring.
Social media marketing juga digunakan untuk berkomunikasi dengan komunitas, berpeluang melakukan pemasaran jika dibandingkan melalui saluran periklanan konvensional.
Tuten beranggapan bahwa bentuk promosi daring yang menggunakan latar budaya dari komunitas sosial untuk melakukannya.
Terakhir, Gunelius berkata bahwa merupakan bentuk dari direct marketing dan indirect marketing, digunakan untuk membangun sebuah kesadaran, pengakuan, daya ingat, dan tindakan untuk sebuah merek, bisnis, produk, atau orang, dan dilakukan dengan menggunakan alat dari website sosial seperti blogging, microblogging, social networking, social bookmarking, hingga content sharing.
Baca juga: Pay Per Click: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Cara Mengelola
Media sosial sudah menjadi tak terpisahkan dengan kehidupan manusia saat ini, artinya bahwa pemasaran di media sosial juga sangat penting artinya. Strategi ini bisa meningkatkan brand awareness bagi brand atau produk yang akan dipasarkan, terutama apabila pemasaran dilakukan terus menerus.
Selain itu, pemasaran cara ini juga bisa meningkatkan user engagement alias interaksi dari pembeli maupun calon pembeli kepada produk yang dipasarkan. Strategi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui strategi promosi kompetitor hingga mengetahui respons pelanggan terhadap produk yang dikeluarkan.
Dalam social media marketing strategi, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa maksimal.
Saat ini, ada banyak platform media sosial. Dalam menjalankan pemasaran harus dilihat dan dimengerti di mana target pasar berada, atau di sosial media apa target pasar tersebut berada.
Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, Snapchat, Twitter, WhatsApp, TikTok, hingga Reddit menjadi beberapa media sosial yang banyak digunakan saat ini. Pemilihan media sosial yang tepat akan sangat menentukan berhasil tidaknya social media marketing, karena setiap media sosial punya pasar dan pengguna yang berbeda-beda. Bahkan untuk reporting dan monitoring progress kita bisa memanfaatkan aplikasi omnichannel yang dapat menyatukan semua platform sosial media.
Saat ini, ada banyak model yang bisa dilakukan. Untuk iklan atau ads contohnya, iklan video dan gambar di Instagram dan YouTube menjadi contohnya. Selain itu, bisa juga marketing tidak menggunakan ads dari platform media sosial, tetapi menggunakan jasa influencer di TikTok ataupun Instagram untuk mengiklankan produk.
Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:
Ada banyak tujuan tergantung apa yang ingin dicapai dalam social media marketing tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya:
Demikian penjelasan lengkap tentang arti, cara, manfaat, dan strategi social media marketing. Untuk lebih dalam memahami mengenai social media marketing, Digital Marketing menjadi salah satu hal yang perlu dipelajari. Di Sampoerna University, ada program studi Pemasaran Digital atau Digital Marketing yang berkolaborasi dengan salah satu universitas terkenal di dunia, yakni University of Arizona.
Selain itu, mahasiswanya juga mendapatkan pengetahuan mendasar mengenai ilmu pemasaran dan memberikan anda keterampilan dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi yang efektif dengan pihak-pihak lain dalam organisasi.
Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.
[formidable id=8]
Referensi