Skip to main content

Apa Itu Teks Narasi? Ciri, Unsur dan Contohnya

By April 13, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FOE, Edukasi
teks narasi adalah

Pada umumnya kebanyakan orang sudah tak asing lagi dengan cerpen, biografi dan novel, bahkan sebagian masyarakat menjadikan ketiga bahan bacaan ini makanan sehari-hari. Jika dicermati lebih jauh,ketiga jenis bahan bacaan itu termasuk ke dalam teks narasi. Teks narasi adalah serangkaian cerita mengenai peristiwa atau kejadian disusun menurut kronologi sesuai urutan waktunya.

Narasi itu berbeda dengan deskripsi. Jika deskripsi hanya menjelaskan gagasan tanpa embel-embel waktu atau penggambaran suatu peristiwa. Sedangkan pada teks narasi berisi mengenai kegiatan sehari-hari, pengalaman, atau karangan bebas. Peristiwa tersebut dikembangkan dari sebuah ide dan memiliki kronologi yang dibuat secara sempurna.

Pengertian Teks Narasi Menurut Para Ahli

Teks narasi bisa menceritakan dari suatu peristiwa yang benar-benar terjadi atau hanya imajinasi, namun tujuan teks ini untuk menghibur para pembaca lewat pengalaman yang estetis dalam membaca kisah fiksi maupun non-fiksi. Tujuan yang lain adalah memberi wawasan dan informasi serta pengetahuan kepada para pembaca, lebih dari itu berikut beberapa pengertian lain dari ahli.

  • Gorys Keraf

Gorys Keraf menjelaskan teks narasi adalah sebagai suatu karangan yang menjelaskan sebuah cerita dengan menyajikan serangkaian peristiwa kejadian yang sedang terjadi atau hanya imajinasi dari penulisnya.

  • Sirait

Teks narasi adalah karangan mengenai rangkaian suatu kejadian atau peristiwa, tujuan dari penulisan teks ini adalah memberitahu pembaca mengenai kronologis yang terjadi dan pokok permasalahan dalam teks ini seputar perbuatan atau tindakan dan aksi.

  • Remini

Merupakan bentuk sebuah tulisan yang tujuannya menyampaikan dan menceritakan serangkaian peristiwa atau kejadian dan pengalaman manusia berdasarkan pada perkembangan dari waktu ke waktu.

  • Widjono HS

Teks narasi adalah serangkaian tindakan, kejadian dan keadaan yang diceritakan secara berurutan dari awal sampai akhir. Sehingga dalam membaca juga bisa melihat rangkaian hubungan satu sama lain dari peristiwa yang muncul.

Jenis-jenis Teks Narasi

  • Narasi Ekspositorik

Merupakan narasi yang mengisahkan serangkaian peristiwa nyata dan fakta, logika menjadi hal penting dalam narasi ekspositorik. Teks jenis ini sama dengan karangan biografi atau peristiwa bersejarah dan tujuannya menyampaikan kisah hidup seseorang secara runut. Selain itu juga agar menambah wawasan pembaca.

Perlu diingat, penulis tak dapat membumbui cerita suatu peristiwa dengan kisah fiktif, penulisan teks ini juga harus menggunakan bahasa yang logis berdasarkan fakta dan sifatnya objektif.

  • Narasi Artistik

Teks narasi yang mengisahkan suatu karangan yang sifatnya imajinatif atau karangan fiksi, contoh dari teks narasi artistik bisa seperti cerita pendek, novel, cerita rakyat dan lain sebagainya. Selain bersifat fiktif, teks ini juga bisa bersifat non-fiksi dengan tujuan memberi hiburan sekaligus menyampaikan pesan kepada pembaca.

  • Narasi Informatif

Adalah teks yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat mengenai suatu peristiwa, hingga dapat memperluas pengetahuan orang-orang mengenai kisah sesosok itu. Teks informatif juga menyampaikan sebuah informasi secara lengkap. Sehingga pembaca bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas dari narasi informatif.

  • Narasi Sugestif

Narasi sugestif merupakan teks narasi yang bersifat fiktif. Biasanya, tulisannya mengisahkan suatu hasil rekaan, khayalan, atau imajinasi dari penulis agar dapat mencapai kesan terhadap peristiwa yang dijelaskan. Karena tujuannya memberi pesan sekaligus pengaruh kepada para pembaca.

Ciri-ciri Teks Narasi

  • Peristiwa Nyata dan Imajinasi

Menceritakan peristiwa nyata, imajinasi dan bisa gabungan dari keduanya, penulis dalam membuatnya berdasarkan kisah nyata yang berasal dari pengalaman pribadi. Atau juga kehidupan seseorang atau sejarah. Selain itu, penulis mampu membuat karya yang berasal dari kisah fiktif, khayalan atau imajinasi.

  • Menekankan Kronologis Peristiwa

Dalam penulisan narasi, mengedepankan rangkaian peristiwa atau kronologi. Ini bertujuan untuk menampilkan peristiwa yang terjadi dalam suatu cerita.

  • Konflik

Sama seperti karya sastra lain dengan konflik yang dimuat di dalamnya, suatu peristiwa atau fenomena sosial terkait adanya pertentangan dan pertikaian. Kondisi ini bisa dialami oleh individu dengan individu, individu atau kelompok dan kelompok dengan kelompok.

  • Punya Pesan

Pesan atau amanat untuk pembaca menjadi salah satu yang harus dipenuhi dalam penulisan teks narasi fiksi atau non-fiksi. Ini bertujuan agar pembaca mendapat wawasan atau pengetahuan dari tulisan tersebut.

Unsur-unsur Teks Narasi

  • Tema

Merupakan gagasan pokok atau ide pikiran mengenai suatu tulisan, dalam tulisan pasti memiliki tema sebagai pondasi cerita. Baik cerpen, puisi, novel atau karya tulis dan pada suatu karya lain menggunakan tema sebagai struktur semantic dan sifatnya abstrak. Tema yang diusung bisa berupa moral, etika, agama, sosial budaya, teknologi dan tradisi.

  • Latar

Latar merupakan unsur intrinsik dalam suatu karya. Biasanya, berisi keterangan mengenai ruang, waktu dan suasana dari peristiwa yang terjadi dalam suatu karya tulisan. Pentingnya latar dalam sebuah penulisan berdampak pada pembaca menggambarkan situasi peristiwa tersebut.

  • Penokohan

Penokohan menjadi gambaran watak atau karakter yang diberikan oleh penulis untuk tokoh-tokoh dalam suatu cerita. Biasanya, ini berkaitan dengan sikap, keinginan, ketertarikan, emosi, dan prinsip moral para tokoh. Hal ini harus ditentukan oleh penulis, sehingga karakter para tokoh jelas diketahui.

  • Alur

Rangkaian peristiwa dalam suatu cerita yang dikaitkan dengan hubungan kausalitas, dalam alur terdapat peristiwa, konflik dan klimaks. Penulis bebas membuat alur cerita, meskipun kebanyakan muncul dari awal kemunculan tokoh, muncul konflik, penyelesaian konflik hingga akhir dari cerita yang ditulis.

  • Struktur Teks Narasi

Struktur teks jenis ini sangat berguna saat penyusunan kerangka paragraf nya, sehingga pembuat teks narasi bisa lebih mudah dalam membuat kronologi. Hal itu juga agar membuat cerita yang dituliskan berkesan terhadap pembaca. Berikut ini beberapa poin dalam struktur pembuatan teks narasi.

  • Orientasi

Bagian awal dari suatu cerita yang isinya pengenalan, baik tokoh, latar, tempat dan waktu, suasana dan unsur lain yang ditampilkan di awal cerita. Poin ini harus dibuat semenarik mungkin, sehingga dapat memberi kesan pertama yang baik dari pembacanya.

  • Komplikasi

Merupakan permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh lain, mulai dari memberi konflik yang akan berkembang hingga klimaks terhadap ceritanya. Setelah itu konflik akan menuju antiklimaks dan menghilang, di bagian inilah jalan cerita dimulai.

  • Resolusi

Merupakan pemecahan masalah yang dilakukan oleh para tokoh, tepat setelah memberi konflik dalam cerita tersebut. Pentingnya resolusi dalam struktur sangat dibutuhkan, tujuannya agar mendapatkan konflik yang sudah selesai dan akhir cerita.

  • Koda

Merupakan bagian teks yang berisi pesan atau pelajaran yang bisa dipetik dari cerita tersebut, koda dikenal pembaca sebagai bagian akhir dari cerita. Dalam hal ini, penulis dapat menuliskan koda sebagai akhir yang bahagia, sedih atau menggantung.

Baca juga: Teks Persuasi: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contohnya

Contoh Teks Narasi

  • Tentang Sekolah

Aku menangis tersedu saat membaca pengumuman di sekolah, terkait perjuanganku selama ini. Jauh dari hari ini, sejak duduk di kelas 11 aku sudah memperjuangkan diri untuk bisa sampai di hari ini. Ada dua kemungkinan, lulus atau tidak lulus dan pikirku beberapa bulan terakhir menjadi ekspektasi terburuk sudah aku pikirkan dan kulatih agar hal itu tak terjadi.

Hingga di hari pengumuman tiba, aku kunjungi laman LTMPT dan per sekian detik munculah profilku dan kotak berwarna merah bertuliskan: Anda dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN 2020, pengumuman yang membuatku patah hati.

  • Tentang Fiksi

Hanief tersenyum sambil mengayunkan langkah di pagi itu, angin sejuk berhembus membuat bulu kuduk di sekitar tubuhnya berdiri. Aku memasukkan dua tanganku ke dalam satu jaket, berharap tak kedinginan lagi. Tak lama setelah itu, aku disambut wangi kayu yang terbakar dan menjadi wangi yang akan kurindukan saat Hanief telah kembali ke tanah air.

  • Tentang Lingkungan

Menjadi hal sulit saat mengajak orang untuk bisa mencintai lingkungan, membuat mereka memercayai bahwa sekecil apapun kontribusi mereka memberi dampak. Bekerja sebagai relawan di bidang lingkungan memang sangat menantang, aku terbiasa makan menggunakan styrofoam dan minum menggunakan gelas plastik, semua ini harus kuubah demi lingkungan.

Demikian penjelasan mengenai teks narasi, mulai dari pengertian hingga contoh yang dapat digunakan. Jurnal Sampoerna University memberi penjelasan lengkap mengenai bahan-bahan penulisan dan cara menulis dengan baik secara detail. Termasuk penulisan teks narasi, memahami dengan lengkap apa itu teks narasi.

Melalui program Sampoerna University, mahasiswa dijamin memiliki kredensial dan keterampilan yang lebih baik. Serta membukakan pintu untuk karier di tingkat nasional maupun internasional setelah lulus. Hal ini tak lepas dari Sampoerna University yang menerapkan kurikulum internasional dan berbagai relasi di luar negeri.

Referensi
Detik.com – Teks Narasi adalah

X