Skip to main content

Teori Konspirasi: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contoh

By Maret 27, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
teori konspirasi

Menjadi salah satu bahan pembicaraan, diskusi hingga adu mulut yang tak pernah lekang atau tergerus waktu. Teori konspirasi merupakan dugaan terkait adanya persekongkolan dalam menjalankan rencana besar yang terselubung. Adanya berbagai macam peristiwa atau tragedi yang dinilai ganjil biasanya dikaitkan dengan konspirasi.

Di Amerika Serikat penggunaan teori ini sudah bukan barang rahasia yang berfokus pada ekstrimisme serta radikalisasi. Teori ini bahkan menyebar seperti api dalam beberapa dekade terakhir, beberapa di antaranya karena adanya media sosial. Media sosial bisa menyebabkan apa saja dengan mudah, untuk memperkuat penyebaran informasi yang salah.

Pengertian Teori Konspirasi

Teori konspirasi adalah sebuah persengkokolan atau bisa diartikan sebagai teori usaha untuk menjelaskan bahwa alasan utama dari satu atau serangkaian peristiwa maupun tragedi adalah karena hal yang bersifat tidak untuk disebarkan secara umum alias rahasia. Sering kali teori ini digunakan untuk memperdaya seseorang oleh sekelompok atau organisasi tertentu.

Peristiwa yang dikaitkan dengan konspirasi disebut dengan peristiwa politik, tetapi bisa juga sejarah dan sosial. Apa itu konspirasi? kata ini diambil dari bahasa Inggris yang berarti conspiracy, artinya adalah sebuah rencana rahasia sekelompok tertentu untuk melakukan perbuatan yang melanggar dan merugikan hukum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teori konspirasi artinya persekongkolan atau komplotan, sementara menurut arti kata menyiratkan suatu perbuatan yang salah serta ilegal telah dilakukan oleh pihak yang disebut dengan konspirator. Namun beberapa pihak tidak perlu melakukan persekongkolan ini demi terlibat dalam aksi yang sama.

Dapat disimpulkan bahwa arti konspirasi merupakan tindakan yang berusaha menjelaskan suatu penyebab dari kejadian atau sederet kejadian yang bersifat rahasia. Sementara arti teori konspirasi adalah sebuah teori yang berusaha menjelaskan penyebab utama adanya kejadian atau serangkaian peristiwa misterius tersebut.

 

Konspirasi Menurut Ahli

Fake News, Mainstream Media, Conspiracy

1. Robert O Zelency

Disebutkan pada tahun 1897, konspirasi artinya tindakan rahasia yang sangat terencana atau direncanakan secara matang untuk melakukan suatu tindakan ilegal dan salah.

2. Yenni Salim

Konspirasi adalah suatu perencanaan dari tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan cara rahasia dan bersekongkol. Tujuannya melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

3. Oxford Dictionary

Diartikan sebagai suatu rencana yang sifatnya rahasia dan dilakukan oleh sekelompok orang tertentu dengan tujuan ilegal dan bisa merugikan beberapa pihak tertentu.

Jenis-jenis Teori Konspirasi

Saking bekennya teori konspirasi pada prakteknya teori ini memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Mengingat teori ini sangat berkembang pesat di seputaran gerak dunia global dan ke semua ranah kehidupan manusia. Mulai dari politik hingga urusan perut manusia, berikut ini jenis-jenis teori konspirasi yang ada.

  • Politik

Merupakan persekongkolan yang terjadi antara kelompok orang tertentu dengan tujuan untuk memperoleh kekuasaan politik. Atau memenuhi hasrat politik seperti tujuan, konspirasi ini meyakini bahwa ada beberapa golongan atau orang yang punya tujuan untuk mendapatkan suatu kekuatan dalam lingkup politik.

  • Kriminal

Teori ini meyakini adanya perjanjian yang berlangsung antara sekelompok orang maupun beberapa orang saja bisa terjadi untuk tujuan melanggar hukum yang ada di masa depan. Tak jarang karena teori ini menimbulkan konflik antarkelompok, sama seperti digunakannya teori konspirasi untuk memenuhi hawa nafsu politik.

  • Perdata

Merupakan persekongkolan yang muncul di antara beberapa orang dalam melakukan tindakan penipuan, sifatnya menyesatkan karena menipu orang lain dari hak hukum yang didapatkan oleh seseorang tersebut. Sementara tujuan dilakukan teori perdata oleh suatu kelompok ini hanya untuk kepentingan sepihak.

  • Hub dan Spoke

Merupakan konspirasi di mana satu atau beberapa orang konspirator utama melakukan adanya pergerakan persekongkolan yang sama dengan beberapa orang lain. Dan keberhasilan dari konspirasi tersebut tergantung berapa banyak pihak yang ikut di dalamnya, jika hanya segelintir maka akan sulit mencapai tujuan.

Baca juga : Manajemen Waktu: Manfaat, Dampak Buruk, dan Tips

Tujuan dari Melakukan Konspirasi

Dilihat dari berbagai jenis konspirasi yang ada tindakan ini memiliki tujuan yang beragam, namun secara keseluruhan sama yakni untuk mencari keuntungan sepihak oleh beberapa orang atau kelompok tertentu. Bisa dipahami jika dengan merujuk penjelasan yang sudah diberikan di atas maka konspirasi adalah tindakan yang merugikan.

Masyarakat bahkan tidak mengetahui apa sebenarnya tujuan dari kelompok atau orang yang melakukan konspirasi karena tindakan ini dilakukan secara rahasia. Yang jelas menurut jenis yang telah dikemukakan sebelumnya, konspirasi memiliki tujuan yang beragam dan berbeda-beda antara jenis satu dengan yang lainnya.

Menariknya lagi konspirasi bisa terjadi di seluruh bidang kehidupan manusia, misalnya seperti lingkungan bisnis, kerja, kawasan regional, negara hingga peristiwa yang terjadi atau serangkaian yang merujuk pada teori konspirasi dunia. Meskipun pada akhirnya, jangan jarang dari pihak tersebut yang bisa membuktikan teori konspirasi yang dikemukakan.

Contoh-contoh Teori Konspirasi

  • Bumi Itu Datar

Teori konspirasi ini menjadi yang cukup populer dan bahkan memiliki pengikut cukup banyak, teori ini mengatakan bahwa bumi itu datar dan tidak bulat. Muncul secara tak terduga pada abad ke-19 dan bahkan membuat masyarakat dunia menjadi dua kelompok. Yakni masyarakat yang memercayai bumi itu datar dan yang percaya dengan bumi itu bulat.

Keunikan serta keanehan lain yang dipercaya masyarakat bumi datar adalah meyakini bahwa cahaya yang ada pada satelit di orbit merupakan palsu dan sengaja dipasang untuk menipu manusia. Selain itu, menurut mereka gaya gravitasi bumi juga merupakan fenomena palsu yang dibuat dunia untuk dipercayai manusia.

  • Bulan Tidak Nyata

Pertama kali dikemukakan oleh mantan pemain bola, penulis sekaligus seorang publik speaker bernama David Icke yang menyebut bahwa bulan itu tidak ada atau tidak nyata. Inspirasi yang didapat saat mengatakan hal itu dari seorang penulis Amerika yang menyebut ukuran dari bulan tersebut cukup aneh.

Teori konspirasinya adalah sebuah sistem kontrol yang mampu memanipulasi perasaan masyarakat terhadap suatu realitas, menurutnya hal itu membuat manusia bisa menjadi ras budak. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa semua hal yang ada dunia merupakan sebuah kebohongan yang dibangun sangat rapi agar dipercaya manusia.

  • Manipulasi Cuaca

Adanya manipulasi cuaca merupakan konspirasi pertama yang muncul di tahun 1993, tepat saat proyek penelitian pertahanan AS menggandeng militer mereka hingga Universitas Alaska. Penelitian ini memulai sebuah program dengan nama High Frequency Active Auroral Research atau jika disingkat menjadi HAARP.

Merupakan sebuah proyek AS yang tak pernah diungkap publik dan menimbulkan banyak kecurigaan bahwa proyek HAARP memang disembunyikan oleh Pemerintah AS. Pasalnya proyek ini menimbulkan dampak yang besar seperti gempa hingga tsunami.

  • Tragedi 9/11

Teori konspirasi ini juga cukup terkenal setelah insiden ini melibatkan kelompok yang diduga ekstrimis atau teroris. Namun teori yang berkembang menyebutkan bahwa insiden itu secara sengaja dibuat oleh Pemerintah Amerika Serikat dan bukanlah serangan teroris. Hal itu diketahui dari pernyataan pemerintah AS sendiri.

Dimana sebelum kejadian mereka mengklaim akan ada serangan dari teroris di hari tersebut, namun pemerintah AS tidak melakukan tindakan apa-apa. Alias menolak untuk melakukan pencegahan terhadap serangan yang menewaskan banyak orang dan membuat gedung-gedung di AS runtuh hingga rata dengan tanah.

Demikian penjelasan mengenai apa itu teori konspirasidengan beragam jenis dan tujuan dilakukan suatu tindakan secara rahasia. Memahami ilmu pengetahuan dunia secara mengasyikan bersama Sampoerna University, perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan kurikulum internasional, termasuk sejarah teori konspirasi dan cara menghadapinya.

Kurikulum internasional dan soft skills yang relevan diajarkan di Sampoerna University, mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi ini tak membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan pekerjaan dan bersaing dunia kerja baik nasional maupun internasional. Sebagai salah satu keunggulannya memiliki informasi mengenai pengetahuan umum yang sangat luar.

Referensi

Liputan6.com – Teori Konspirasi

X