Skip to main content

Pengertian VLAN, Fungsi beserta Kegunaannya

By April 20, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET, Edukasi
vlan kabel miniatur

Disebut juga dengan jaringan area lokal, Virtual Local Area Network atau VLAN penting karena kompleksitas jaringan yang sudah melampaui kapasitas jaringan area lokal. VLAN adalah bagian terpenting setelah awalnya LAN hanya menghubungkan sekelompok komputer dan perangkat terkait server lewat kabel lokasi fisik secara bersamaan.

Namun kini banyak LAN menghubungkan perangkat internet nirkabel bukan Ethernet, walaupun sebagian besar LAN memakai kombinasi dari kedua jenis konektivitas. Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, organisasi telah berkembang sesuai kebutuhan jaringan dengan solusi yang memungkinkan jaringan tumbuh dalam ukuran fleksibilitas dan kompleksitas.

Pengertian VLAN

VLAN adalah

VLAN adalah singkatan dari Virtual Local Area Network, guna menghindari keterbatasan fisik LAN melalui sifat yang dimilikinya, memungkinkan skala jaringan dan segmentasi guna meningkatkan langkah-langkah keamanan dan mengurangi adanya latensi jaringan. VLAN adalah subnetwork yang dapat mengelompokkan kumpulan perangkat pada jaringan area lokal fisik (LAN) yang terpisah.

VLAN juga memudahkan administrator jaringan dalam mempartisi jaringan tunggal untuk diaktifkan sesuai dengan persyaratan fungsional dan keamanan sistem yang dimiliki. Tanpa harus menggunakan atau menjalankan kabel baru dan membuat perubahan besar dalam struktur jaringan yang ada, VLAN cenderung fleksibel karena berdasar koneksi logis dan bukan fisik.

Secara umum konfigurasi jaringan VLAN dilakukan oleh perangkat lunak atau disebut juga software yang hasilnya memberi keuntungan saat perangkat berpindah tidak perlu lagi menyiapkan setup jaringan. VLAN juga disebut jaringan yang memungkinkan komputer dan pengguna untuk melakukan komunikasi dalam satu jaringan seolah-olah berada dalam satu lan dan berbagai domain.

VLAN dikelompokkan berdasarkan metode yang digunakan untuk mengelompokkan, baik menggunakan MAC Addres, port dan lain sebagainya. Segala informasi dari pengalamatan dan penandaan suatu VLAN disimpan dalam suatu database. Apabila penandaan berdasarkan port, maka database akan mengindikasikan port-port yang dipakai.

Fungsi VLAN

Selain membagi jaringan fisik menjadi beberapa domain, VLAN juga berfungsi dalam jaringan komputer. Lebih dari itu banyak manfaat yang diberikan VLAN dalam dua jaringan komputer, berikut ini beberapa fungsi lain yang harus diketahui terkait manfaat sesuai dengan nama dan kepanjangan VLAN yakni virtual local area network dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pengurangan Biaya

VLAN berkomunikasi satu sama lain lewat saklar VLAN dan tidak memerlukan router kecuali bagi mereka yang mengirim data dari luar area ini. Biaya untuk pengelolaan beban data, di sisi lain saklar memiliki kemampuan lebih sedikit ketimbang router yang menyebabkan kemacetan atau tabrakan jaringan. VLAN tak perlu meneruskan lewat router sehingga mengurangi latensi.

  • Banyak Fleksibilitas

Dapat dikonfigurasi dna dan ditetapkan berdasar port, protokol atau kriteria subnet sehingga mampu untuk mengubah VLAN dan mengubah desain jaringan jika diperlukan. VLAN juga memungkinkan grup yang masuk dengan transfer banyak data ke perangkat satu sama lain guna berbagai network meskipun berada di tempat terpisah.

  • Jumlah Administratif

VLAN memungkinkan administrator jaringan secara otomatis membatasi akses ke grup pengguna tertentu, cara yang dipakai dengan membagi workstation ke dalam segmen LAN yang terisolasi berbeda. Ketika memindahkan workstation, administrator tak perlu melakukan konfigurasi ulang atau mengubah grup VLAN.

Kegunaan dan Manfaat VLAN

  • Menambah Keamanan

VLAN bukan sebuah jaringan private yang bisa diakses oleh sembarang pengguna, dari segi keamanan tentu sangat maksimal karena setiap akses memerlukan izin atau permission dari administrator jaringan. Konsep VLAN juga nyaris sama dengan LAN konvensional, yang membedakan jaringannya sudah bersifat nirkabel yang dapat diakses di mana saja.

Faktor keamanan merupakan hal sangat penting dari sebuah bisnis dan perusahaan, mengingat banyaknya data-data sensitif yang harus disimpan dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses untuk melihatnya. Sehingga berbagai data ini harus dijaga dengan semaksimal mungkin dengan peralatan canggih saat ini.

  • Efisiensi Biaya

Dalam menggunakan LAN diperlukan jaringan nirkabel yang lumayan banyak sehingga berdampak pada kebutuhan biaya terkait pemasangan dalam jumlah besar. Namun, VLAN membuat pengguna tetap mendapat fasilitas dan fitur-fitur LAN tanpa harus repot menggunakan kabel dan memasangnya di kediaman atau tempat yang dikehendaki.

Kondisi inilah yang disebut sangat efektif dan efisien karena perusahaan dapat menghemat anggaran pembelian untuk kabel LAN saat ada komputer baru yang akan dihubungkan. Lebih mudahnya lagi, sistem jaringan VLAN tidak memakai router yang membutuhkan banyak proses. Namun memakai switch yang jauh lebih memudahkan pengguna.

  • Tak Perlu Atur Ulang Jaringan

Untuk bisa tetap terhubung dengan koneksi jaringan LAN, setiap komputer yang dipindah membutuhkan pengaturan ulang. Kondisi ini tentu akan membuat banyak waktu terbuang, sementara menggunakan VLAN komputer bisa dipindahkan kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir harus melakukan pengaturan ulang terhadap jaringan.

  • Peningkatan Kerja

VLAN bisa membuat layer datar 2 jaringan menjadi beberapa grup kerja logis, VLAN bertujuan untuk mengurangi beban traffic pada jaringan. Selain itu kondisi ini membuat adanya pemisahan antara jaringan non-esensial dengan jaringan penting yang berkaitan dengan performa, dampak yang ditimbulkan kinerja lebih baik.

  • Memudahkan Administrasi

Menyederhanakan proses administrasi, jaringan VLAN membuat komputer server tidak perlu berada langsung di area komputer server untuk bisa masuk ke jaringan. Semua komputer dapat terhubung dan menjangkau server dari tempat lain. Sementara keberadaan komputer server ini memudahkan administrator dalam pengaturan dan kontrol terhadap jaringan agar lebih aman.

Jenis-jenis VLAN

  • VLAN Default

Adalah jenis VLAN yang digunakan untuk menamai konfigurasi sejak saklar pertama kali dinyalakan. Jenis VLAN ini masih terbilang standar dengan semua port switch yang dipakai dan disediakan, serta masih terhubung dalam fungsi dasar.

  • Data VLAN

Yang dimaksud dengan data VLAN merupakan jenis kedua dari VLAN yang memiliki fungsi utama sebagai bagian yang bertugas sebagai pengatur lalu lintas data yang muncul atau terjadi dalam sebuah jaringan VLAN.

  • VLAN Suara

Secara umum VLAN suara adalah sebuah jaringan yang memberi dukungan layanan VoIP dan memiliki rancangan khusus dalam hal dukungan terhadap kebutuhan komunikasi dengan fitur utamanya berbasis suara.

  • Management VLAN

Sesuai dengan nama yang dimiliki, management Vlan merupakan suatu sistem jaringan virtual Local Area Network yang sudah terhubung atau terkonfigurasi untuk kebutuhan saklar management dalam prosesnya.

  • VLAN Asli

Secara umum jenis VLAN asli merupakan suatu jaringan VLAN yang pengembangannya berbasis pada pengembalian ke port apabila tidak memiliki tag atau juga bisa dilakukan demikian jika tidak ada di dalam bagasi.

Keuntungan VLAN

VLAN merupakan salah satu teknologi dengan jaringan yang mampu digunakan untuk membuat optimal koneksi antar jaringan komputer dalam suatu perusahaan. Terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari manfaat VLAN. Sehingga sangat cocok diterapkan bagi perusahaan yang ingin networking bekerja dengan optimal tanpa adanya masalah berbelit.

Umumnya perangkat layer 3 membagi domain broadcast dengan switch memakai konsep VLAN, domain broadcast merupakan segmen jaringan di mana apabila perangkat menyiarkan data maka semua perangkat dalam domain siaran yang sama juga akan menerima data yang sama meskipun terbatas pada saklar karena router meneruskan data siaran tersebut.

Cara Kerja VLAN

Pada umumnya cara kerja VLAN dengan menghubungkan semua perangkat komputer ke dalam lebih dari satu jaringan VLAN. Jaringan ini menyediakan akses data ke semua pengguna komputer yang sebelumnya sudah terhubung ke switch dan diberi nama pengguna yang sama. Selain itu server VLAN pada dasarnya membuat domain broadcast sendiri.

Dengan cara memisahkan jaringan fisik menjadi beberapa bagian jaringan logis, Sementara itu lalu lintas komunikasi VLAN diatur oleh server. Sebelum switch memastikan data yang keluar dan juga data yang diakses ke proses selanjutnya sama seperti proses LAN pada umumnya hanya saja VLAN memberi lebih banyak kemudahan dalam penggunaan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu VLAN, mulai dari pengertian, jenis-jenis, manfaat yang dimiliki hingga cara kerjanya. Program Studi Komputer dan Sistem Informasi Sampoerna University menyediakan fasilitas lengkap bagi para mahasiswa yang ingin mengembangkan minat dalam bidang teknologi serta menambah wawasan perkembangan teknologi informasi.

Sampoerna University melahirkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan teknologi baru serta ide-ide baru di dalamnya. Sesuai dengan kurikulum internasional, program Sampoerna University mencakup berbagai macam target, mulai dari landasan teori dan algoritmik hingga pengembangan di bidang baru seperti robotika, visi komputer, sistem cerdas dan bioinformatika.

Referensi
Kompas.com – Pengertian VLAN

X