Milenial: 10 Karakteristik Generasi Pekerja

Milenial

Generasi milenial atau Generasi Y sering dipandang negatif, namun milenial juga bisa disebut sebagai salah satu generasi yang paling adaptif dan kreatif, terutama dalam berkarir.

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara awal 1980-an dan pertengahan 1990-an. Generasi milenial mengidentifikasi diri mereka sebagai generasi yang lebih progresif, kreatif, berpikiran lebih jauh, lebih peduli dengan nilai-nilai intrinsik dan moral daripada ideologi ekstrinsik dan material.

 

Ciri-ciri generasi pekerja milenial

Selain menjadi generasi pertama yang benar-benar menyaksikan kemajuan teknologi seperti internet, realitas virtual, dan kecerdasan buatan, ada beberapa ciri karakter yang sangat melekat pada generasi ini:

1. Menghargai motivasi yang bermakna.

Mereka dicirikan sebagai generasi yang termotivasi oleh pekerjaan kreatif, senang berbagi, dan berusaha memberikan dampak terbaik untuk komunitas mereka.

2. Menantang status-quo hirarki.

Milenial dikenal senang dalam berbagi pendapat dan ide, menurut mereka apa yang terbaik untuk perusahaan dihasilkan dari mendengarkan secara aktif, berkolaborasi, dan mempertimbangkan semua sudut pandang.

3. Menempatkan pentingnya hubungan dengan atasan.

Dalam karir, millenial lebih memilih atasan yang juga dapat mereka anggap sebagai mentor.

4. Pengetahuan intuitif tentang teknologi.

Milenial memiliki kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan perubahan teknologi terbaru dan termodern.

5. Terbuka dan adaptif terhadap perubahan.

Milenial tidak hanya adaptif namun mereka juga merangkul perubahan.

6. Menempatkan kepentingan pada tugas daripada waktu.

Milenial lebih berorientasi terhadap kualitas pekerjaan dibandingkan waktu pekerjaan yang dilaksanakan.

7. Semangat belajar.

Generasi ini menunjukkan rasa ingin tahu yang kuat dan keinginan untuk lebih mengembangkan keterampilan dan pengetahuan untuk menjadikan mereka professional yang lebih baik.

8. Secara terbuka menerima saran dan penghargaan.

Milenial sangat menghargai masukan, saran, dan bimbingan dari atasan mereka.

9. Berpikir bebas dan kreatif.

Generasi ini tumbuh selama masa transisi dari metode konvensional ke cara kerja modern dan berteknologi maju. Karena itu, millenial cenderung lebih imajinatif dalam berfikir.

10. Menghargai kerjasama tim dan interaksi sosial di tempat kerja.

Kolaborasi dan pendekatan inovatif dalam bekerja merupakan upaya kooperatif yang dilakukan generasi ini saat bekerja dalam tim.

Selain produktivitas dan kualitas hasil pekerjaan tim, millenial juga mementingkan suasana sosial di tempat kerja. Suasana kerja yang menyenangkan, santai, dan nyaman merupakan gambaran tempat kerja yang ideal dan optimal bagi generasi millenial.

X