Skip to main content

Apa Itu Direct Selling, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

By Juli 3, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FOB, Edukasi
direct selling adalah

Direct selling adalah istilah dalam bahasa Inggris yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya penjualan langsung. Suatu kondisi di mana munculnya aktivitas dari pihak yang statusnya penjual produknya secara langsung kepada konsumen atau pembeli tanpa menggunakan adanya pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan perantara.

Meski banyak jenis yang bisa diterapkan dalam strategi marketing, namun tidak semua bisa dilakukan dengan mudah secara menyeluruh. Pelaku dalam hal ini membutuhkan informasi lebih detail mengenai cara yang akan digunakan, sebelum kemudian dipahami dan jika sudah mengerti dengan benar baru dipraktekkan di lapangan dalam kondisi sebenarnya.

Pengertian Penjualan Langsung (Direct Selling)

Apa itu direct selling, sebenarnya sistem penjualan langsung adalah salah satu metode yang diterapkan dalam menawarkan jasa maupun barang. Bisa ke ruang lingkup pemasaran mitra usaha secara langsung atau bertatap muka, alias bertemu langsung dengan para konsumen. Kondisi yang biasa terjadi di lingkungan non-ritel.

Termasuk di rumah, toko virtual atau online hingga tempat lain yang sejatinya bukan toko resmi dalam penjualan. Penerapan dari metode ini mampu memberi fungsi lebih, didapat dari perantara dalam proses distribusi. Karena itu produk akan langsung dikirim oleh perusahaan, ke tempat di mana konsumen berada atau memesan sebelumnya.

Direct selling artinya adalah aktivitas penjualan yang sejatinya bukan merupakan kegiatan utama yang dilakukan sebuah perusahaan atau individu dalam bisnis. Banyak perbedaan yang muncul, hal itu membuat perusahaan bisa jadi memilih teknik yang sesuai dengan sistem yang mereka miliki. Banyaknya teknik penjualan langsung dilakukan karena dinilai sangat efektif ketika diterapkan.

Jenis-jenis Penjualan Langsung

Terdapat 3 jenis penjualan langsung yang ada di dalam dunia bisnis, masing-masing memiliki pengertian tersendiri dan tujuan. Pembagian penjualan langsung ini berdasarkan bagaimana cara dari penjual menyampaikan produk ke konsumen, berikut ini penjelasan dari masing-masing contoh direct selling.

  • Host atau Party-plan Sales

Penggunaan penjualan langsung jenis party-plan sales diterapkan pada pengaturan grup atau ketika muncul banyak calon konsumen. Penjual akan membuat sebuah acara, bertajuk sosial yang sebenarnya tujuannya untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

  • Single-level Direct Sales

Jenis penjualan ini memaksa sales agar berkunjung secara langsung satu demi satu ke rumah calon pembeli yang potensial. Artinya yang benar-benar memiliki persentase ingin membeli sangat besar, jenis ini juga bisa dilakukan secara offline maupun online. 

  • Multi-level Marketing (MLM)

Menjadi istilah yang lebih akrab didengar, karena memang jenis penjualan seperti ini dalam beberapa tahun terakhir menjamur hingga ke pelosok desa. Fokus MLM adalah perekrutan pada anggota baru, bukan keberhasilan menjual produk.

Kelebihan Penjualan Langsung

Happy young asian couple and realtor agent

  • Kontak Langsung

Produsen dalam hal ini penjual memiliki kesempatan besar berjumpa langsung dengan calon pembeli atau konsumen. Kondisi ini memberi banyak keuntungan, selain bertemu langsung konsumen juga mengetahui apa saja yang dibutuhkan pelanggan sehingga membuat peluang bisnis serta memberi pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Kurangi Biaya Pemeliharaan

Kondisi ini terjadi di lingkungan non-ritel, seorang penjual tidak harus mendirikan perusahaan seperti toko guna menjual produk. Butuh dana besar untuk mendirikan toko, dan dengan penjualan langsung justru dapat meningkatkan margin keuntungan. Karena memiliki toko berarti harus mengeluarkan banyak dana guna pemeliharaan.

  • Keuntungan Margin

Pertama dan penting adalah margin laba tinggi terhadap perusahaan induk dan penjual, kebanyakan pengusaha juga mengadopsi cara ini demi mendapat untung banyak. Sementara pengusaha kecil dengan dana terbatas, biasanya akan menghemat biaya mediator dan meningkatkan margin keuntungan.

  • Response dan Kepuasan Konsumen

Kelebihan ini menjadi yang paling ingin dituju oleh pengusaha, karena kepuasan para pelanggan terhadap produk yang dijual merupakan faktor dari majunya perusahaan atau bisnis tersebut. Apalagi juga response baik yang diterima, maka informasi bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan kesetiaan pelanggan tetap terjaga.

Kekurangan Penjualan Langsung

Selain memiliki banyak kelebihan, cara berbisnis seperti ini tentu memberi dampak negatif yang bisa menjadi kekurangan. Terdapat beberapa kekurangan dari sistem penjualan langsung, di antaranya seperti sulit dimanfaatkan sales representative dan distributor, tak memberi dukungan pertumbuhan bisnis, representasi harus dengan skill marketing mumpuni dan fokus penjual yang tidak jelas.

Tugas Penjual Langsung

Young asian seller girl showing woman clothes and making video live streaming online at home online market with social media concept

  • Menguasai Product Knowledge

Menjadi tugas paling penting bagi seorang direct sales, menguasai produk yang dijual karena memang seluruh aktivitas dari pelaku dengan konsumen akan berhubungan langsung dengan produk yang dibawa. Konsumen juga biasanya akan menanyakan berbagai macam informasi produk, karena itu pengetahuan mengenai produk sangat penting.

  • Melakukan Promosi Langsung

Melakukan promosi secara langsung sudah menjadi kewajiban bagi direct sales, begitu juga dengan penawaran produk kepada para calon konsumen. Karena itu petugas dalam hal ini diwajibkan harus pintar dalam membawa diri, khususnya ketika memasarkan produk dalam jumlah kecil maupun besar.

  • Mampu Mempresentasikan Produk

Kemampuan ini harus dimiliki petugas sales di lapangan, tujuannya agar dapat menarik minat dan keinginan pembeli dari calon konsumen. Produk tidak akan hanya dipajang, lalu menghasilkan calon pembeli yang datang. Tetapi juga dibutuhkan keahlian dari salesman dalam menawarkan produk tersebut hingga menarik perhatian.

  • Melakukan Pendekatan pada Konsumen

Pekerja dalam menerapkan hal ini harus dengan pendekatan langsung terhadap konsumen sekaligus membawa penawaran berupa produk. Pendekatan yang dilakukan diusahakan agar calon pembeli tertarik dengan produk yang dijual, secara santun dan baik. Pada intinya membuat calon pembeli merasa nyaman dan mau membeli produk tersebut.

  • Mampu Membaca Peluang Besar

Perusahaan yang memiliki usaha di bidang penjualan langsung wajib memiliki salesman yang mampu melihat dan membaca peluang besar, kejelian yang dimiliki seorang sales yang terjun langsung ke lapangan. Bertemu konsumen dan mempersiapkan diri menghadapi prospek ke depannya, selain itu perlu didapat peluang lokasi untuk melakukan penjualan langsung.

Baca juga: Pasar Oligopoli adalah: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh

Cara Penjualan Langsung

Proses pelaksanaan penjualan ini tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga dalam transaksi penjualan. Produk yang dijual juga produk yang tidak bisa ditemukan di toko atau ritel biasa, yang artinya satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan produk tersebut adalah dengan mencari distributor produk.

Pelaksanaannya juga harus melihat kondisi serta situasi, karena pentingnya menghitung biaya secara cermat apabila ingin melakukan penjualan secara langsung. Tidak bisa merugi, metode ini juga membutuhkan orang-orang dengan sikap yang cakap dalam bidangnya. Sehingga komunikasi dan sikap juga termasuk dalam pertimbangan.

Contoh Penjualan Langsung

Young asia muslim businesswoman check product purchase order on stock and save to tablet computer work at home office.

  • Sales Promotion

Salah satu jenis strategi penjualan dengan memperkenalkan produk, utamanya barang baru yang akan dirilis. Selain itu juga bisa memperkenalkan produk lama untuk dihabiskan dengan harapan menaikkan angka penjualan.

  • Personal Selling

Situasi di mana bertemunya penjual dan calon pembeli secara langsung, bertatap muka untuk saling bertukar informasi kebutuhan. Penjual menawarkan produk yang akan dijual, sementara konsumen terkait produk yang dibutuhkan, disebut juga sebagai kegiatan dalam mempertahankan bisnis.

  • Point of Purchase

Merupakan bentuk penjualan yang dipakai para pengusaha toko ritel, penggunaan point of purchase ditujukan pada dorongan terhadap pembeli dalam belanja lebih banyak. Konsep ini merujuk pada strategi penjualan dan terhadap orang banyak yang sebelumnya sudah direncanakan.

  • Telemarketing

Menjadi salah satu strategi penjualan dan dinilai efektif terhadap iklan pada media, dilakukan dengan cara memasarkan produk dan jasa menggunakan media telepon. Targetnya tidak spesifik menjual, bisa jadi hanya untuk memperkenalkan produk berupa barang atau jasa.

Manfaat Penjualan Langsung

Direct sales dipakai karena memang memiliki banyak manfaat selain kelebihan yang ada, karena itu tiap perusahaan baik di bidang ritel maupun di atasnya selalu menggunakan cara ini sebagai pemasaran produk. Di samping keuntungan yang diberikan, direct sales juga memiliki banyak manfaat baik untuk pengusaha maupun konsumen berikut di antaranya.

  • Biaya Operasional Rendah
  • Segmentasi dan target jelas.
  • Adanya peningkatan penjualan.
  • Adanya loyalitas yang meningkat dari konsumen.
  • Untuk menganalisa hasil secara langsung.

Demikian penjelasan mengenai direct selling, mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangan hingga manfaat yang diberikan. Sistem bisnis yang semakin canggih membuat para pelaku bisnis harus menyerap banyak ilmu pengetahuan guna mengatasinya. Sampoerna University memiliki Fakultas Bisnis yang menerapkan kurikulum internasional.

Para mahasiswa dan mahasiswi akan dididik secara intensif, tak hanya mempelajari ilmu pengetahuan secara teori saja di dalam kelas tetapi juga praktek secara langsung. Seperti halnya direct selling sebagai strategi utama pemasaran sebuah perusahaan. Berbekal ilmu pengetahuan yang secara langsung diterapkan, menghasilkan lulusan terbaik di bidangnya.

Referensi
Vocasia – Direct Selling adalah

X