Apa Itu Content Marketing?
Content Marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara membagikan suatu konten yang bernilai bagi target pasar supaya tertarik, melibatkan, dan mempertahankan target pasar itu sendiri. Menurut Neil Patel, tujuan perusahaan menggunakan content marketing adalah untuk membangun relasi dengan audiensnya dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu pembuatan konten haruslah relevan supaya dapat memicu rasa minat dari calon target pasar. Tentunya kalian sering melihat, terutama di era sosial media ini, nyaris semua brand membagikan konten dalam bentuk gambar maupun video baik untuk kepentingan promosi maupun tidak. Dari situ, brand ingin supaya mereka akan selalu terhubung dengan audiensnya sehingga audiens akan selalu mengingat brand anda. Contoh content marketing adalah video-video yang dibuat oleh merek di kanal seperti Youtube, Instagram, atau TikTok. Baca juga: Pengertian Marketing Funnel: Manfaat, Tahapan, dan StrategiMengapa Content Marketing Penting?
Content marketing ini sangat penting untuk dilakukan karena audiens kemungkinan besar akan melihat konten lebih dulu sebelum melakukan penelitian. Hal itu sudah diteliti oleh situs Profitwell.com, dimana nyaris 50% atau lebih tepatnya 47% konsumen akan melihat lebih dulu setidaknya 4 hingga lima konten hingga pada akhirnya melakukan pembelian. Jadi pada dasarnya content marketing ini digunakan supaya memicu munculnya siklus pembelian pada konsumen. Siklus pembelian itu antara lain:-
Awareness
-
Riset
-
Consideration
-
Pembelian

Manfaat Content Marketing
Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa content marketing ini akan sangat bermanfaat bagi para pemasar. Adapun manfaat-manfaat itu antara lain:-
Menciptakan Persona Bisnis
-
Meningkatnya Brand Awareness
-
Meningkatkan Penjualan dan Traffic
-
Mempertahankan Loyalitas Konsumen
-
Mengembangkan Relasi

Komponen Penting Content Marketing
Setidaknya terdapat empat komponen penting yang harus diketahui sebelum membuat suatu content marketing, di antaranya adalah:-
Target Audiens
-
Terukur
-
Media atau Kanal
-
Konsistensi

Contoh Kanal Content Marketing
Seiring dengan berkembangnya zaman, kanal pemasaran pun juga makin banyak dan makin bervariasi. Oleh sebab itu, pemasar dituntut untuk adaptif dengan perkembangan tersebut. Adapun berikut ini adalah beberapa contoh kanal dari content marketing:-
Media Sosial
-
Blog
-
Podcast
-
Video Streaming

Langkah Membuat Content Marketing
Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat content marketing:-
Kenali Target Pasar
-
Pilih Jenis Konten
-
Pilih Kanal atau Media yang Diinginkan
-
Tetapkan Target Akhir
-
Produksi dan Distribusi Konten
-
Analisis dan Evaluasi