Pengertian CRM dan Definisinya
Interaksi dalam sebuah bisnis merupakan hal sangat penting dan wajib, adanya kegiatan bisnis yang terjadi selalu berujung untuk menarik minat pelanggan. Termasuk bagaimana cara agar konsumen menjadi pelanggan tetap, hal ini tentu membutuhkan komunikasi yang tepat. Customer Relationship Management (CRM) adalah hal yang wajib dipelihara demi kepentingan masing-masing pihak. CRM adalah sistem yang dipakai perusahaan dalam mengelola hubungan yang dijalin dengan pelanggan, demi memenuhi kebutuhan masing-masing, Pelanggan bisa memenuhi kebutuhan barang atau produk yang dicari, sementara perusahaan atau pelaku bisnis bisa mendapatkan untuk dari penjualan produk ke pelanggan dan konsumen ini. Lantas apa kepanjangan CRM sebenarnya? penjelasan lebih detail mengenai hal ini harus memahami tiga hal mendasar dari sistem ini. Di antaranya customer, relationship dan management, jika dibedah ketiga kata ini memiliki arti tersendiri. Namun secara garis besar memang erat kaitannya dengan bagaimana perusahaan menjalin komunikasi atau hubungan yang baik dengan pelanggan.Sistem CRM Pada Perusahaan
Dalam menjalankan bisnis perusahaan tentu memerlukan tempat untuk menyimpan sebuah informasi dan mudah untuk diakses. Kemudahan dalam mengakses berbagai perangkat, baik itu berbentuk bisnis besar untuk kemudian dikelola interaksi dengan pelanggan dan fokus terhadap peningkatan akan kepuasan pelanggan. Merupakan hal yang harus dilakukan ketika menjalankan sebuah bisnis, memelihara adanya sistem CRM yang berbasis lokal dengan CRM berbasis cloud. Sistem CRM lokal biasanya hanyalah sebagai bisnis dengan persiapan infrastruktur back-end lengkap. Selain itu terdapat pula pembiayaan terhadap pemeliharaan dan peningkatan versi aplikasi CRM. Sistem CRM software cloud termasuk opsi yang paling diminati pebisnis atau perusahaan karena aksinya bisa dijalankan dengan mudah. Bisa melalui browser apa saja, hal ini memungkinkan penerapan dan penggunaan yang dilakukan secara lebih cepat. Keuntungan lain adalah tidak dibebani biaya pemeliharaan, aksesibilitas yang lebih mudah ke dalam data jika sedang diperlukan.Apa Itu CRM
CRM singkatan dari Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang dipakai untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan, termasuk juga kepada calon pelanggan dengan tawaran menarik agar tertarik membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Hal ini dilakukan agar bisa mempertahankan memakai produk dari perusahaan tersebut. CRM artinya juga bisa sebagai kegiatan manajemen atau pengelolaan terhadap hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memelihara hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan sehingga kegiatan bisnis dapat berjalan dengan lancar dan bahkan berlangsung secara terus menerus seiring berjalannya waktu. Sistem CRM merupakan sebuah sistem informasi yang terhubung ketika digunakan atau dipakai untuk merencanakan. Selain itu sistem ini juga dapat dipakai untuk melakukan penjadwalan serta mengontrol aktivitas yang terjadi dalam bisnis. Mulai dari pra penjualan hingga pasca penjualan yang terjadi secara berulang di suatu perusahaan.Komponen CRM

-
Pelanggan (Customer)
-
Hubungan (Relationship)
-
Manajemen (Management)
Tujuan CRM
Secara umum tujuan dari CRM adalah mendapatkan hubungan baik dengan para pelanggan termasuk calon pelanggan. Caranya dengan mengetahui apa saja informasi yang dibutuhkan mengenai apa yang diharapkan dari pelanggan, termasuk bagaimana perilaku pelanggan sehingga perusahaan dapat memperbaiki sistem operasional yang sudah dijalankan. Tujuan ini mengarahkan kepada perusahaan untuk bisa merencanakan strategi pemasaran dengan baik di waktu yang akan datang. Yang membedakan dari sebelumnya adalah, penerapan strategi didasarkan pada data dan informasi mengenai pelanggan yang sudah dikumpulkan melalui sistem CRM milik perusahaan sebelumnya. Hal ini menjadi sebuah kunci sukses dari berjalannya sebuah bisnis, mengenai seberapa jauh memahami pelanggan dan memberikan pemenuhan terhadap kebutuhan mereka. Karena itu tujuan CRM dipakai guna mempermudah perusahaan memahami kebutuhan pelanggan, sekaligus memberi pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya.Fungsi CRM
Secara garis besar, CRM memiliki fungsi sebagai proses yang membantu dan mempermudah bagaimana manajemen suatu perusahaan dapat dijalankan. Khususnya dalam memantau aktivitas penjualan, demi mendapatkan informasi secara menyeluruh mengenai bagaimana perilaku dari pelanggan. CRM diterapkan juga sebagai cara dari suatu perusahaan memperbaiki sebuah sistem operasional, termasuk pelayanan kepada para konsumen dan calon pelanggan baru. Bagaimana cara mempertahankan pelanggan untuk tetap setia dengan mereka, hal ini bisa dilakukan dengan baik jika CRM suatu perusahaan memiliki data dan informasi lengkap.Tahapan CRM

-
Memperoleh Pelanggan Baru
-
Menambah Nilai Pelanggan
-
Mempertahankan Pelanggan
Tugas dari CRM
- Mengelola informasi yang berhubungan langsung dengan pelanggan, termasuk pada pelayanan dan penjualan dari produk bisnis.
- Membantu dalam pengambilan keputusan, secara strategis yang didasarkan pada data tersimpan di CRM.
- Membantu kegiatan pelacakan terhadap prospek dari penjualan bisnis, adanya sales di bagian penjualan bisa mempermudah mengetahui wilayah potensial.
- Adanya personalisasi dari kebutuhan pelanggan, hal ini membuat promosi yang sudah dilakukan dapat mengenai sasaran dengan tepat.
- Membantu dalam penanganan keluhan dan saran yang dilontarkan pelanggan, bisa dilakukan dengan cepat karena terintegrasi seluruh saluran komunikasi yang dimiliki.
Manfaat CRM Bagi Perusahaan

-
Menghemat Biaya
-
Meningkatkan Layanan Pelanggan
-
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
-
Loyalitas Pelanggan Meningkat
-
Transparansi Data Meningkat