Pengertian Direct Marketing
Secara umum pengertian dari pemasaran langsung atau apa itu direct marketing adalah sebuah salah satu teknik dari proses pemasaran. Yang caranya dilakukan secara langsung oleh penjual kepada pembeli, pembeli dalam hal ini mereka yang sudah menjadi pelanggan, orang baru atau target yang menjadi prioritas produk dari produsen atau pebisnis. Direct marketing digunakan karena banyak anggapan yang menilai bahwa strategi pemasaran yang satu ini lebih efektif diterapkan dalam mendapat pelanggan ketimbang periklanan konvensional. Digunakannya teknik ini secara langsung membuat penjual dapat menyampaikan apa yang dirasa dibutuhkan kepada para pelanggan. Apa yang dimaksud dengan direct marketing pemasaran langsung merupakan hubungan yang terjadi secara langsung antara penjual dan pembeli. Prosesnya bisa menggunakan media, bisa iklan dan lainnya dengan tujuan dari direct marketing adalah agar lebih mudah mendapat respons dari pembeli. Media yang bisa digunakan seperti telemarketing, TV interaktif, situs web dan telepon.Bagaimana Bentuk-bentuk dari Direct Marketing?
Penjelasan dari Kotler dan Amstrong terkait direct marketing atau pemasaran langsung sebagai kualifikasi mereka selaku konsultan dan profesor pemasaran di Amerika Serikat. Disebutkan bahwa contoh direct marketing atau bentuk yang menunjukkan strategi pemasaran langsung dalam prakteknya, berikut di antaranya.-
Penjualan Tatap Muka (Face to Face Selling)
-
Pemasaran Pengeposan Langsung (Direct Mail Marketing)
-
Pemasaran Katalog ( Catalogue Marketing)
-
Telemarketing
-
Pemasaran Televisi Tanggapan Langsung (Direct Response Television Marketing)
-
Pemasaran Kios (Kios Marketing)
Karakteristik dalam Direct Marketing
- Karakteristik Non-Public, berupa pesan dan informasi terkait produk yang ditujukan untuk konsumen, namun informasi ini hanya boleh diakses dan didapatkan oleh pelanggan tertentu.
- Customized berupa informasi yang sudah disiapkan terkait produk dan dikemas sedemikian rupa dengan tujuan konsumen tertarik membeli.
- Interactive, adalah informasi terkait produk yang bisa diubah dan disesuaikan dengan keinginan atau tanggapan dari para pelanggan.
Apa Saja Media yang Digunakan dalam Direct Marketing?
-
Email
-
Telemarketing
-
Majalah
-
Surat Kabar
-
Radio
-
Televisi
-
Internet
Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing
Kelebihan pemasaran secara langsung yang pertama adalah targeting, upaya yang dilakukan saat memilih hingga menjangkau pasar. Harapannya produk yang dijual bisa menjangkau pasar tersebut. Kemudian cost effective terhadap biaya yang dikeluarkan dalam melakukan pemasaran nantinya akan jauh lebih bisa ditekan. Fleksibel dalam pemasaran produk mengingat prosesnya memanfaatkan banyak media, selain itu pemasaran secara langsung juga membuat perusahaan lebih mudah menghitung respons dari masyarakat. Hingga memunculkan feedback dari konsumen terkait produk dan jasa yang sudah dipakai, sementara itu berikut ini beberapa kekurangan dari pemasaran langsung.-
- Privasi konsumen akan terganggu oleh aktivitas yang dilakukan perusahaan.
- Ketepatan daftar berada dalam tingkat yang terlalu rendah.
- Dalam memberi fasilitas dan sarana membuat pengeluaran biaya membengkak.
- Harga iklan yang terlalu mahal.