Pengertian Penjualan Langsung (Direct Selling)
Apa itu direct selling, sebenarnya sistem penjualan langsung adalah salah satu metode yang diterapkan dalam menawarkan jasa maupun barang. Bisa ke ruang lingkup pemasaran mitra usaha secara langsung atau bertatap muka, alias bertemu langsung dengan para konsumen. Kondisi yang biasa terjadi di lingkungan non-ritel. Termasuk di rumah, toko virtual atau online hingga tempat lain yang sejatinya bukan toko resmi dalam penjualan. Penerapan dari metode ini mampu memberi fungsi lebih, didapat dari perantara dalam proses distribusi. Karena itu produk akan langsung dikirim oleh perusahaan, ke tempat di mana konsumen berada atau memesan sebelumnya. Direct selling artinya adalah aktivitas penjualan yang sejatinya bukan merupakan kegiatan utama yang dilakukan sebuah perusahaan atau individu dalam bisnis. Banyak perbedaan yang muncul, hal itu membuat perusahaan bisa jadi memilih teknik yang sesuai dengan sistem yang mereka miliki. Banyaknya teknik penjualan langsung dilakukan karena dinilai sangat efektif ketika diterapkan.Jenis-jenis Penjualan Langsung
Terdapat 3 jenis penjualan langsung yang ada di dalam dunia bisnis, masing-masing memiliki pengertian tersendiri dan tujuan. Pembagian penjualan langsung ini berdasarkan bagaimana cara dari penjual menyampaikan produk ke konsumen, berikut ini penjelasan dari masing-masing contoh direct selling.-
Host atau Party-plan Sales
-
Single-level Direct Sales
-
Multi-level Marketing (MLM)
Kelebihan Penjualan Langsung

-
Kontak Langsung
-
Kurangi Biaya Pemeliharaan
-
Keuntungan Margin
-
Response dan Kepuasan Konsumen
Kekurangan Penjualan Langsung
Selain memiliki banyak kelebihan, cara berbisnis seperti ini tentu memberi dampak negatif yang bisa menjadi kekurangan. Terdapat beberapa kekurangan dari sistem penjualan langsung, di antaranya seperti sulit dimanfaatkan sales representative dan distributor, tak memberi dukungan pertumbuhan bisnis, representasi harus dengan skill marketing mumpuni dan fokus penjual yang tidak jelas.Tugas Penjual Langsung

-
Menguasai Product Knowledge
-
Melakukan Promosi Langsung
-
Mampu Mempresentasikan Produk
-
Melakukan Pendekatan pada Konsumen
-
Mampu Membaca Peluang Besar
Cara Penjualan Langsung
Proses pelaksanaan penjualan ini tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga dalam transaksi penjualan. Produk yang dijual juga produk yang tidak bisa ditemukan di toko atau ritel biasa, yang artinya satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan produk tersebut adalah dengan mencari distributor produk. Pelaksanaannya juga harus melihat kondisi serta situasi, karena pentingnya menghitung biaya secara cermat apabila ingin melakukan penjualan secara langsung. Tidak bisa merugi, metode ini juga membutuhkan orang-orang dengan sikap yang cakap dalam bidangnya. Sehingga komunikasi dan sikap juga termasuk dalam pertimbangan.Contoh Penjualan Langsung

-
Sales Promotion
-
Personal Selling
-
Point of Purchase
-
Telemarketing
Manfaat Penjualan Langsung
Direct sales dipakai karena memang memiliki banyak manfaat selain kelebihan yang ada, karena itu tiap perusahaan baik di bidang ritel maupun di atasnya selalu menggunakan cara ini sebagai pemasaran produk. Di samping keuntungan yang diberikan, direct sales juga memiliki banyak manfaat baik untuk pengusaha maupun konsumen berikut di antaranya.- Biaya Operasional Rendah
- Segmentasi dan target jelas.
- Adanya peningkatan penjualan.
- Adanya loyalitas yang meningkat dari konsumen.
- Untuk menganalisa hasil secara langsung.