Apa itu Marketing Funnel?
Marketing funnel adalah suatu model pemasaran yang dilakukan dengan cara menggambarkan proses yang ditempuh oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tentunya sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, ada beberapa tahapan yang akan dilewati oleh konsumen, seperti mulai dari mengenal produk, meningkatnya rasa ketertarikan, hingga mencari tahu. Saat ini marketing funnel ini digunakan di dalam bisnis digital seperti e-commerce. Digital marketing funnel dilakukan dengan cara menganalisa ketika konsumen ingin membeli sesuatu di e-commerce, tentunya konsumen akan bergerak mulai dari mencari tahu, memasukkan keranjang, hingga check-out alias melakukan transaksi pembelian. Jadi marketing funnel ini adalah suatu proses pemasaran yang memanfaatkan tahapan-tahapan yang dilalui oleh konsumen. Dengan mengetahui proses marketing funnel itu, para pebisnis akan bisa memetakan bisnisnya sehingga strategi pemasaran dapat tepat sasaran.Apa Saja Manfaat Marketing Funnel

-
Meningkatkan Penjualan
-
Mendapatkan Insight Konsumen
-
Membantu Identifikasi Area yang Kurang Maksimal
-
Efektivitas dan Efisiensi Strategi Pemasaran
Tahapan Marketing Funnel

-
Top of the Funnel (TOFU)
-
Middle of the Funnel (MOFU)
-
Bottom of the Funnel (BOFU)
-
Awareness
-
Interest
-
Consideration
-
Evaluation
-
Purchase
-
Loyalty
-
Advocacy
Contoh Marketing Funnel Strategy
Berikut adalah contoh strategi yang bisa diterapkan di dalam setiap tahapan marketing funnel.-
Lakukan Promosi Iklan secara Intensif
-
Kenali Masalah Konsumen dan Tawarkan Solusi
-
Tunjukkan Keunggulan Produk
-
Permudah Alur Transaksi
-
Program Loyalty dan Referral