Apa Itu Personal Selling?
Pengertian secara bahasa karena merupakan dari dua gabungan kata dalam bahasa Inggris yang masing-masing artinya personal yaitu pribadi atau perorangan dan selling berarti menjual atau kegiatan penjualan.Apabila digabungkan menjadi istilah baru yang maknanya menggambarkan salah satu teknik dalam kegiatan pemasaran adalah pengertian personal selling. Secara umum apa yang dimaksud dengan personal selling merupakan pertemuan atau aktivitas antara penjual dan pembeli secara langsung atau bertatap muka sebagai cara memberi informasi dan pemahaman dari produk yang dijual atau sekadar ditawarkan lebih dulu untuk kemudian menarik minat calon pembeli dalam memiliki barang tersebut. Sales marketing dalam sebuah perusahaan biasanya akan membuat jadwal atau mengatur janji untuk bertemu dengan konsumen. Pertemuan ini disebut proses personal selling, momen di mana sales marketing memberi penjelasan suatu produk atau brand yang akan dijual secara personal atau pribadi kepada calon pembeli dan konsumen.Apakah Dalam Personal Selling Terdapat Pendekatan Tertentu?
Menurut Kotler disebutkan bahwa dalam aktivitas personal selling ternyata mempunyai pendekatan tertentu. Kotler menjelaskan bahwa pendekatan personal selling pada umumnya mengarah pada penentuan bagaimana karakteristik produk yang akan ditawarkan oleh sales. Ada dua contoh personal selling dalam hal pemasaran yang perlu diketahui, seperti berikut ini.-
Sales-Oriented Approach
-
Customer-Oriented Approach
Bagaimana Ciri-ciri Personal Selling?
-
Hubungan Langsung Personal Confrontation
-
Hubungan Akrab Cultivation
-
Munculnya Tanggapan
Apa Tujuan dari Personal Selling?
Tujuan personal selling adalah untuk memastikan konsumen memiliki pengetahuan terhadap produk atau barang yang ditawarkan. Hingga pada akhirnya konsumen tertarik memilikinya, keputusan konsumen tergantung bagaimana sales membuat mereka merasa yakin dan ingin membelinya, berikut tujuan lain dari teknik ini.- Mendapat konsumen baru dari produk yang ditawarkan, mendapat kepercayaan penerimaan produk baru dari pelanggan.
- Sales berhasil membuat konsumen bertahan dengan pilihannya, hal ini menjurus pada kesetiaan dalam berlangganan produk.
- Mampu melengkapi penjualan di masa mendatang melalui komunikasi dari informasi produknya kepada pelanggan dan mendapatkan informasi pasar.
Bagaimana Bentuk-bentuk Personal Selling?
-
Field Selling
-
Retail Selling
-
Executive Selling
Apa Saja Faktor-faktor Penentu dalam Personal Selling?
-
Sumber Daya, Tujuan dan Strategi Pemasaran
-
Karakteristik Pasar Sasaran
-
Karakteristik Produk
-
Kebijakan Saluran Distribusi
-
Kebijakan Harga
Bagaimana Proses Tahapan dari Personal Selling
Dalam penerapan teknik pemasaran ini sangat mementingkan komunikasi dua arah dan secara langsung oleh sales serta pembeli. Namun dalam tahap ini memerlukan proses yang cukup panjang, beberapa di antaranya bahkan tidak bisa dihilangkan dan harus dilakukan. Berikut beberapa proses tahapan dari personal selling.- Memilih dan menilai dari prospek atau prospecting & qualifying.
- Pra pendekatan atau disebut preapproach.
- Approach atau juga pendekatan.
- Presentasi.
- Handling objection.
- Closing alias keberhasilan penjualan.
- Tindak lanjutan atau follow-up.
Bagaimana Strategi yang Diterapkan dalam Personal Selling?
Strategi dalam perdagangan melalui pemasaran termasuk hal yang wajar, saat perusahaan sedang bersaing dengan pihak lain untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen maka strategi ini diperlukan. Personal selling juga memerlukan langkah tepat agar tindakan yang dilakukan tidak sia-sia, beberapa langkah ini bisa diterapkan.- Sales dengan calon pembeli.
- Sales dengan calon pembeli berupa kelompok.
- Tim penjual dengan calon pembeli berupa kelompok.
- Konferensi sebagai tempat penjualan.
- Seminar sebagai ajang penawaran barang dan penjualan.
Prinsip-prinsip yang Terdapat dalam Personal Selling
- Persiapan yang matang, termasuk mengenali pasar, calon konsumen dan produk yang hendak ditawarkan dan dijual.
- Menentukan tempat pembeli yang berpedoman pada kebijaksanaan perusahaan terkait dengan distribusi yang akan dipakai.
- Realisasi penjualan perlu diperhatikan meskipun proses penawaran produk di berbagai tempat, langkah yang diterapkan tetap sama.
- Goodwill akan muncul jika kedua belah pihak mendapat kepuasan, sales puas barang dagangannya laku sementara konsumen puas dengan kualitas barang.
Apa Saja Manfaat dari Personal Selling?
Sebagai salah satu taktik dan cara penjualan agar sukses dan meraih goal, tentu personal selling memiliki beberapa manfaat yang memberi dampak baik bagi penjual dan pembeli. Berikut ini beberapa manfaat dari adanya personal selling yang dilakukan suatu perusahaan kepada calon konsumen.- Interaksi dua arah dengan adanya komunikasi langsung dari dua orang atau lebih antara penjual dan calon pembeli.
- Mempererat hubungan, hubungan konsumen dan penjual yang berlangsung lama dan baik merupakan dampak dari proses jual-beli yang dilakukan.
- Adanya tanggapan, baik dari konsumen maupun sales yang berlanjut dalam hubungan setelah sebelumnya melalui proses yang cukup lama hingga mendapat respons.