Skip to main content

Pendekatan Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran

pendekatan penelitian

Ketika kita akan melakukan penelitian, kita harus mengetahui lebih dulu pendekatan apa yang akan digunakan untuk melakukan penelitian tersebut. Pasalnya, perlu adanya pendekatan yang tepat supaya penelitian lebih mudah dijalankan.

Bagi mahasiswa, terutama yang ada dalam tingkat sarjana yang diwajibkan untuk menyusun skripsi harus mengetahui apa itu pendekatan penelitian. Pasalnya hal ini sebenarnya merupakan hal yang mendasar di dalam suatu penelitian. 

Pengertian Pendekatan Penelitian

Pendekatan penelitian adalah suatu cara berpikir yang akan digunakan oleh peneliti untuk melakukan penelitian atau riset. Cara berpikir ini harus sudah ditentukan sejak awal akan melakukan penelitian. Pasalnya, beda pendekatan, maka akan beda juga proses penelitiannya.

Adapun dari segi metode, pendekatan penelitian terbagi menjadi tiga metode, yaitu kualitatif, kuantitatif, serta campuran atau mixed-method. Sedangkan dari segi analisis data, pendekatan penelitian terbagi menjadi tiga juga, yakni induktif, deduktif, dan campuran. 

Pengertian Pendekatan Penelitian Menurut Para Ahli 

  • Nazir

Pendekatan penelitian adalah suatu metodologi penelitian ilmiah yang bertujuan untuk mencari kebenaran sesuai dengan pertimbangan logis.

  • Arikunto

Metode penelitian adalah suatu cara yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan penelitian dan mendapatkan jawaban atas permasalahan.

  • Deirdre D. Johnston dan Scott W. Vanderstoep

Keduanya menyatakan bahwa pendekatan penelitian adalah suatu rencana dan desain suatu penelitian yang diawali dari tahap hipotesis hingga diakhiri kesimpulan. 

  • Hamid Darmadi

Pendekatan penelitian adalah suatu metode atau cara ilmiah yang dipilih untuk menghimpun data dengan tujuan tertentu. 

  • Sukandarrumidi

Pendekatan penelitian adalah cara utama yang dipilih untuk mendapatkan jawaban atas segala permasalahan yang diajukan.

Baca juga: Karya Sastra: Pengertian, Contoh & Perkembangan di Indonesia

Jenis Pendekatan Penelitian 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pendekatan penelitian terbagi menjadi tiga macam metode. Metode itu biasanya akan digunakan untuk menyusun karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, sampai disertasi. Berikut adalah penjelasan mengenai macam-macam pendekatan penelitian. 

  • Pendekatan Penelitian Kualitatif

Sesuai dengan namanya, pendekatan penelitian kualitatif adalah pendekatan yang berfokus pada kualitas. Maksud kualitas disini adalah memahami secara mendalam mengenai suatu fenomena yang terjadi untuk diteliti kebenarannya. Oleh sebab itu, penelitian kualitatif biasanya menggunakan teknik analisis mendalam. Teknik itu maksudnya adalah mendalami masalah secara rinci dari kasus per kasus.

Tujuan dari penelitian kualitatif tentunya untuk memahami secara mendalam suatu permasalahan agar dapat memberikan saran-saran yang sesuai dengan hasil dari penelitian. 

Penelitian kualitatif juga masih terbagi menjadi lima jenis, yaitu: 

  • Phenomenological Research

Phenomenological research adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mencari suatu kunci fenomena di dalam pengalaman sepanjang hidupnya dengan cara observasi. 

  • Grounded Theory

Grounded theory adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mengamati tindakan atau interaksi dari objek yang diteliti untuk nantinya digeneralisir. 

  • Ethnography

Ethnography adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara memahami budaya suatu kelompok dengan cara wawancara atau observasi. 

  • Case Studies

Case studies adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mengeksplorasi secara mendalam terhadap suatu fenomena yang dialami oleh satu atau lebih orang. Penelitian jenis ini harus dilakukan secara detail agar benar-benar bisa mendalam. 

  • Narrative Research

Narrative Research adalah suatu penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mempelajari individu tertentu untuk mendapatkan rekam jejak kehidupannya yang bersejarah untuk nantinya dijelaskan secara naratif. Oleh sebab itu, penelitian jenis ini biasanya dilakukan untuk penelitian biografis. 

  • Pendekatan Metode Kuantitatif

Pendekatan metode kuantitatif adalah penelitian yang datanya lebih bersifat numerik atau angka. Angka yang dimaksudkan dalam hal ini bukan hanya untuk matematika, tetapi maksudnya adalah untuk meneliti permasalahan yang bisa diukur dengan angka. 

Penelitian kuantitatif ini digunakan untuk meneliti suatu populasi atau sampel yang bertujuan untuk membuktikan suatu hipotesis yang ditetapkan di dalam penelitian. 

Karena data yang didapat berupa angka-angka, maka analisis data yang dipakai akan bersifat statistik. 

Pendekatan kuantitatif sendiri terbagi menjadi dua metode, yaitu: 

  • Survei

Survei adalah pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mencari data baik di masa lalu maupun masa sekarang. Data yang dicari itu berupa hubungan variabel, pendapat, dan karakteristik perilaku.

Teknik pengumpulan data pada survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket dimana hasilnya akan cenderung digeneralisasikan. 

  • Eksperimen

Metode eksperimen adalah pendekatan yang dilakukan untuk mencari tahu pengaruh atau hubungan antar variabel terkait kondisi yang telah disesuaikan. Kondisi yang telah disesuaikan ini ditetapkan dengan tujuan supaya tidak ada variabel lain yang ikut campur. Kondisi yang disesuaikan ini maksudnya adalah dengan melakukan eksperimen terhadap suatu kelompok yang sudah dikontrol. 

  • Pendekatan Metode Campuran

Pendekatan metode campuran pada dasarnya adalah penggabungan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif menjadi satu.  Jadi, sumber data yang didapatkan dari penelitian campuran lebih dari satu jenis dengan tujuan untuk memahami lebih mendalam dan lengkap lagi mengenai suatu fenomena. Selain itu, tujuan dari metode campuran adalah untuk memperkuat kesimpulan dari penelitian karena data yang didapatkan lebih lengkap. 

Dalam penggunaannya, metode campuran harus memastikan bahwa setiap metode akan memberikan jawaban penelitian supaya kesimpulan yang didapat juga lebih lengkap dan metode juga lebih efektif digunakan. 

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari metode penelitian campuran ini, di antaranya adalah: 

  1. Dapat mengimbangi kelemahan yang didapat pada satu pendekatan saja.
  2. Memberikan banyak bukti yang lebih meyakinkan dan komprehensif. 
  3. Menjawab pertanyaan yang tidak bisa dijawab melalui metode tunggal.
  4. Dapat membuat kolaborasi antar disiplin ilmu.
  5. Berbagai pandangan atau paradigma dapat digunakan pada metode campuran. 
  6. Bersifat praktis karena bisa menggunakan teknik terbaik untuk melakukan penelitian. 

Contoh Judul Penelitian Berdasarkan Pendekatannya

Berikut adalah contoh pendekatan penelitian: 

  • Metode Kualitatif

Judul: Analisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jateng pada periode 2018-2022

Dari judul tersebut metode penelitian yang bisa digunakan adalah metode kualitatif, pasalnya data yang dibutuhkan untuk menjawab tujuan penelitian lebih bersifat naratif atau deskriptif. Maksudnya adalah jawaban yang ingin didapat berupa jawaban mengenai penjelasan bukan berupa angka yang dibandingkan. 

Oleh sebab itu, pengumpulan data yang dilakukan dapat berupa wawancara terhadap narasumber yang berkaitan serta melihat data yang sudah ada. 

  • Metode Kuantitatif

Judul: Pengaruh Terpaan Iklan di Sosial Media Instagram terhadap Kesadaran Merek Produk MS Glow pada Perempuan Berusia 20-25 Tahun

Dari judul tersebut dapat dilihat terdapat dua variabel yang jelas untuk diteliti, yaitu terpaan iklan dan juga kesadaran merek. Dari dua variabel itu metode penelitian yang bisa dilakukan adalah kuantitatif karena akan terpaan iklan dapat diukur dengan angka. 

Tujuan dari penelitian itu adalah untuk menjawab pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. 

Oleh sebab itu, instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan kuesioner atau angket yang akan diberikan kepada populasi atau sampel, dimana dalam hal ini adalah perempuan yang berusia di antara 20-25 tahun. 

  • Metode Campuran

Judul: Pengaruh Komputerisasi Pelayanan terhadap Efektivitas Kerja dan Kepuasan Pelanggan Bank X

Meskipun mungkin dapat menggunakan metode tunggal, tetapi penelitian tersebut juga dapat menggunakan metode campuran. Metode kuantitatif dapat digunakan untuk meneliti apakah ada pengaruh dari variabel bebas terhadap dua variabel terikat. Sedangkan secara kualitatif, peneliti dapat mencari tahu lebih mendalam mengenai kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan agar nantinya kesimpulan yang didapat lebih lengkap sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan saran untuk selanjutnya. 

Demikian penjelasan mengenai pendekatan penelitian. Berbagai metode pendekatan penelitian yang disebutkan di atas tentu akan diajarkan di Sampoerna University. Hal ini karena Sampoerna University  secara aktif mendorong kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia.

Selain itu, nantinya penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat dan tetap memperhatikan norma serta etika akademik sesuai dengan prinsip otonomi keilmuan dalam visi dan misi Sampoerna University.

Referensi
Sosiologis.com – Pendekatan Penelitian

X