Skip to main content

Pengertian Teks Inspirasi: Jenis, Struktur, dan Contoh

By Juni 29, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
pengertian teks inspirasi

Pernahkah kalian sedang merasa berada dalam kondisi yang terpuruk, sedih, atau menyesal? Situasi tersebut tentunya tidak bisa kita biarkan secara terus menerus karena bagaimanapun hidup harus terus berjalan. Bangkit menjadi cara yang harus dilakukan untuk menghindar dari keterpurukan. Caranya bagaimana? Caranya pun berbagai macam, salah satunya adalah dengan membaca cerita inspiratif yang dapat menginspirasi. Di dalam bahasa Indonesia cerita inspiratif itu disebut dengan teks inspiratif. Berikut adalah penjelasan tentang pengertian teks inspirasi.

Pengertian Teks Inspirasi

Teks inspirasi pada dasarnya adalah tulisan yang berisi kalimat atau kata-kata yang memberikan inspirasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspirasi berarti suatu ilham. 

Secara umum, pengertian teks inspirasi adalah suatu teks tertulis yang digunakan untuk mendapatkan suatu ilham berupa ide atau gagasan yang bisa digunakan sebagai pemicu semangat atau rasa percaya diri dalam mengatasi berbagai macam masalah diri. Jadi, sebuah teks inspirasi dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi dengan alasan cerita yang ditampilkan berupa kisah-kisah heroik seseorang dalam menyelesaikan sesuatu di tengah keterbatasan. 

Teks inspirasi dapat berupa cerita fiksi atau karangan, tetapi juga bisa berdasarkan pengalaman diri. 

Jenis-Jenis Teks Inspirasi

Jika dilihat dari latar belakangnya, teks inspirasi terbagi menjadi dua macam, yaitu peristiwa dan tokoh, tetapi dari dua jenis itu masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah penjelasannya: 

  • Berdasarkan Peristiwa

Teks inspirasi berdasarkan peristiwa masih terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Fiksi

Teks inspirasi fiksi adalah teks yang berisi tentang kisah-kisah karangan yang sifatnya tidak nyata atau khayalan dari penulis untuk memberikan inspirasi atau motivasi kepada pembacanya. 

  • Nonfiksi

Nonfiksi adalah kebalikan dari fiksi, jadi  teks yang ditulis berdasarkan kisah nyata pengalaman hidup seseorang. Bisa dari tokoh ternama ataupun orang biasa dengan kisah yang menginspirasi.

  • Berdasarkan Tokoh

Sedangkan teks inspirasi berdasarkan tokoh terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Orang Terkenal

Orang terkenal ini adalah orang-orang yang cenderung banyak dikenal masyarakat karena karyanya, perjuangannya, atau yang lainnya. Jadi teks inspirasi berdasarkan tokoh terkenal ini berarti teks-teks yang menceritakan kisah orang terkenal yang sifatnya menginspirasi, biasanya dari perjuangannya.

  • Sufi

Sufi sebenarnya nyaris sama dengan tokoh terkenal, tetapi yang membedakan adalah sufi merupakan tokoh terkenal yang spesifik berbicara mengenai agama. Jadi kisah inspiratifnya ditulis berdasarkan perjuangannya dalam mengamalkan hal-hal yang berkaitan dengan ketuhanan atau keagamaan. 

  • Hewan

Tak hanya tokoh manusia, hewan pun juga terkadang dijadikan sebagai tokoh utama di dalam suatu cerita inspirasi. Umumnya, teks inspirasi hewan adalah cerita fiksi yang menceritakan terkait kehidupan hewan, tetapi tetap memberikan nilai inspirasi bagi pembacanya. 

Biasanya teks ini lebih ditujukan untuk anak-anak agar dapat mendapatkan nilai moral dari hewan-hewan yang digambarkan dalam bentuk yang cenderung lucu dan menyenangkan.

Ciri-Ciri Teks Inspirasi

Teks inspirasi dapat diidentifikasi dengan cara melihat ciri-cirinya. Terdapat beberapa ciri khas yang membedakan antara teks inspirasi dengan teks yang lainnya, di antaranya adalah:

  • Bertema

Teks inspirasi biasanya memiliki tema tertentu yang dikembangkan menjadi sebuah cerita. Tema dari cerita ini menjadi salah satu penentu apakah teks akan menarik perhatian pembaca.Tema dalam hal ini berarti konteks dari cerita yang dikembangkan.

  • Masuk Akal

Masuk akal dalam hal ini maksudnya adalah cerita yang dituliskan tetap bisa dicerna oleh pembaca meskipun sifatnya fiksi atau khayalan. Jadi meskipun cerita dengan tokoh utama hewan yang sebenarnya tidak mungkin terjadi, tetapi harus dikemas secara masuk akal agar dapat dicerna oleh pembaca. 

  • Judul Cenderung Menarik

Salah satu faktor yang membuat teks inspirasi menarik perhatian adalah judulnya. Biasanya judul teks inspirasi ini harus membuat para pembaca penasaran dan bisa langsung merasa relevan ketika judul baru dibaca. 

  • Alur Menarik

Alur juga akan menentukan apakah teks inspirasi akan dibaca sampai akhir oleh pembaca. Biasanya cerita teks inspirasi ini akan memberikan alur secara kronologis yang membuat pembaca semakin penasaran dengan suatu kisah inspiratif. Di dalam alur itu akan ada cerita-cerita inspiratif yang tersirat.

  • Naratif

Salah satu ciri-ciri dari teks inspirasi lainnya adalah naratif. Naratif berarti teks menjelaskan secara runtut suatu peristiwa. Jadi teks inspirasi harus dinarasikan sesuai dengan urutan suatu peristiwa. 

  • Ada Tokoh Utama

Salah satu ciri utama dari teks inspirasi adalah ada tokoh utama yang diceritakan. Sebab, teks inspirasi ini dituliskan untuk menceritakan pengalaman seseorang dalam menjalani hidupnya sehingga dapat dijadikan inspirasi bagi pembacanya.

Adapun tokoh yang diceritakan biasanya memang memiliki kisah yang banyak prestasi dan perjuangan dan terbukti banyak menginspirasi seseorang. Tokoh ini pun juga tidak pandang bulu, siapapun dapat menjadi tokoh asalkan memenuhi kriteria tersebut. 

Tetapi tak menutup kemungkinan juga tokoh dalam teks inspirasi hanyalah fiksi. Namun, meski hanya fiksi tokoh itu tetap akan bercerita soal prestasi dan perjuangannya. 

Struktur Teks Inspirasi

Sama seperti tulisan-tulisan lainnya, teks inspirasi pun juga memiliki struktur penulisannya. Di antaranya adalah: 

  • Abstraksi

Abstraksi merupakan bagian pertama pada struktur teks inspirasi. Jadi abstraksi ini maksudnya adalah gambaran umum mengenai cerita yang akan dituliskan. Namun demikian, abstraksi ini sifatnya opsional. Artinya, bisa dituliskan, tetapi bisa juga tidak dituliskan. 

  • Orientasi

Orientasi adalah bagian kedua pada teks inspirasi. Maksud dari orientasi ini adalah pengenalan mengenai latar belakang tokoh dan penjelasan mengenai latar dan suasana cerita sehingga pembaca memiliki gambaran di pikirannya.

Urutan dari orientasi ini biasanya dimulai pada pengenalan tokoh lebih dulu, kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai latar dan suasana. 

  • Komplikasi

Komplikasi dapat dikatakan sebagai konflik atau permasalahan yang dialami oleh tokoh utama. Permasalahan tokoh ini biasanya berupa penderitaan yang dialami oleh tokoh utama. Penderitaan itu berupa keterbatasan yang dimiliki oleh tokoh, seperti misalnya kemiskinan, kondisi kesehatan, kondisi keluarga, dan lain sebagainya. 

  • Resolusi

Resolusi dalam teks inspirasi berisi mengenai cara-cara tokoh dalam menyelesaikan permasalahannya. Resolusi ini menjadi bagian yang penting pada teks inspirasi karena pada bagian ini akan menentukan apakah pembaca dapat terinspirasi dengan kisah si tokoh utama yang tengah menyelesaikan masalahnya. 

  • Koda

Koda adalah bagian akhir dari teks inspirasi, jadi pada bagian ini akan berisi mengenai konklusi atau bagan terakhir dari keseluruhan cerita yang telah dipaparkan. 

Bagian ini biasanya akan berisi mengenai kesimpulan yang dapat diambil dari perjuangan tokoh dalam menyelesaikan permasalahannya. 

Kaidah Kebahasaan Teks Inspirasi

Teks inspirasi juga memiliki kaidah kebahasaan dalam penulisannya, di antaranya adalah penggunaan: 

  • Kata Ekspresif

Kata ekspresif berarti emosi dari tokoh dapat dirasakan secara langsung oleh pembaca sehingga memicu tergeraknya perasaan pembaca. 

  • Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif maksudnya adalah teks inspirasi harus dituliskan secara detail dan terstruktur alurnya. 

  • Konjungsi

Karena cerita yang dituliskan secara runut, maka harus ada konjungsi yang menghubungkan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya, agar berkesinambungan. 

  • Majas

Penggunaan majas juga dapat digunakan untuk menjadi bumbu dalam cerita teks inspirasi. Majas ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu sehingga dapat relevan dengan pembaca.

Baca juga: Teknik Analisis Data: Pengertian, Macam, dan Cara Pemilihan

Contoh Teks Inspiratif Beserta dengan Strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks inspirasi singkat beserta dengan strukturnya.

Judul: Lionel Messi, Gangguan Hormon Pertumbuhan, dan 7 Kali Ballon d’Or

  • Orientasi

Lionel Messi merupakan salah satu sosok fenomenal di dunia sepak bola. Sejak Messi menjalani debut pada tahun 2003, persaingan antar pemain di dunia sepak bola mulai berubah. Keberadaan pemain asal Argentina ini mulai diperhitungkan meskipun usianya masih 18 tahun saat itu. Berbagai aksi dilakukan oleh Messi ketika menghadapi lawan-lawannya. 

  • Komplikasi

Di balik kesuksesannya, Lionel Messi ternyata memiliki keterbatasan fisik. Pemain kelahiran Rosario itu ternyata mengidap Growth Hormone Deficiency (GHD) pada umur 11 tahun. Penyakit tersebut mengakibatkan pertumbuhannya terhambat. Kondisi perekonomian keluarga Messi saat itu juga kurang untuk melakukan pengobatan. 

  • Resolusi

Meskipun mengalami banyak keterbatasan, Messi tidak berhenti untuk memperjuangkan karier sepak bolanya. Sejak masih berusia 11 tahun, Messi tidak berhenti untuk bermain sepak bola, demi mencapai mimpinya. Hingga pada akhirnya ia mencoba peruntungan untuk melakoni seleksi di akademi Barcelona pada tahun 2000. 

Kesempatan itu pun tidak disia-siakan olehnya, Messi menunjukkan kemampuan terbaiknya selama seleksi. 

Hasilnya, salah satu petinggi Barcelona bernama Charly Rexach terpesona dengan penampilan Messi. Pihak Barcelona pun langsung memberikan kontrak kepada Messi. Menariknya, kontrak untuk Messi saat itu hanya tercantum di sebuah tisu makan karena Charly Rexach tidak memiliki kertas. 

Sejak saat itu, keputusan Barcelona untuk merekrut Messi ternyata tepat sasaran. Messi akhirnya menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

  • Koda

Kerja keras yang dimiliki Messi di tengah berbagai keterbatasan rupanya tidak menghambatnya untuk berprestasi. Meskipun mengidap penyakit yang langka, Messi mampu membuktikan dengan menjadi pemain terbaik dunia sebanyak 7 kali. 

Itulah pembahasan mengenai pengertian teks inspirasi dan contoh beserta strukturnya. Di Sampoerna University, pembahasan mengenai berbagai jenis teks akan dijelaskan melalui mata kuliah inti Pendidikan Umum. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan kerangka pendidikan interdisipliner berdasarkan kurikulum pendidikan tinggi standar Amerika Serikat dan dipandu oleh standar pendidikan Indonesia. 

Referensi
Ruangguru – pengertian teks inspirasi

X