Skip to main content

Apa Itu Teks Biografi? Ciri, Struktur dan Manfaatnya

By April 16, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FOE, Edukasi
struktur teks biografi

Tulisan yang menceritakan kisah hidup seseorang yang dikenal oleh masyarakat luas dan bahkan sebagai panutan serta idola. Termasuk Ir. Soekarno, R. A Kartini, BJ Habibie dan lain sebagainya biasanya dinamakan dengan teks biografi. Tujuan dibuatnya struktur teks biografi ini adalah untuk menceritakan kisah hidup seseorang yang menjadi teladan banyak orang.

Ada pula autobiografi yang menjelaskan riwayat hidup seseorang yang kebanyakan merupakan seorang tokoh yang dikenal banyak orang. Autobiografi ini bisa ditulis sendiri oleh tokoh tersebut, perbedaan antara biografi dan autobiografi terdapat pada tinjauan penulis. Autobiografi ditulis tokohnya sendiri sementara teks biografi ditulis penulis lain.

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi adalah teks yang berisi mengenai kisah dan cerita seseorang yang selama hidup memiliki banyak nilai yang patut diteladani oleh orang lain dengan membaca tulisan ini. Pada dasarnya merupakan cerita mengenai seorang tokoh, ditulis oleh orang lain dan dilakukan agar teladan dari tokoh terkenal itu bisa diteladani banyak orang yang membacanya.

Karena itu, teks biografi harus ditulis mengenai kehidupan tokoh tersebut mulai dari masalah yang dihadapi. Kemudian perjuangan melawan masalah tersebut hingga mendapatkan keberhasilan setelah melalui proses perjuangan. Selain membahas mengenai kehidupan dengan nilai teladan, teks ini juga membahas mengenai latar belakang tokoh tersebut.

Tujuan membaca teks ini adalah untuk mengenal tokoh dan memahami serta mengetahui pemikiran hingga tindakan yang dilakukan ketika menghadapi segala persoalan hidup. Bisa juga disebut dengan salah satu tulisan yang menceritakan kisah hidup seseorang. Lebih dari itu, beberapa ahli juga membedakan pengertian dari teks biografi lewat cara pandangan mereka masing-masing.

Pengertian Biografi Menurut Ahli

  • Nugraha dan Riyadi

Menjelaskan bahwa teks biografi merupakan sebuah kisah riwayat hidup seseorang, yang kemudian kisah itu dituliskan melalui sebuah tulisan. Sehingga dimengerti dan diketahui oleh masyarakat luas setelah teks biografi dibagikan.

  • Wahono

Definisi teks biografi sebagai cerita yang sifatnya faktual, cerita yang ditulis berdasarkan dengan fakta-fakta yang disampaikan oleh penulis. Misalnya berupa keistimewaan dari orang tersebut, termasuk ideologi dan prestasi lainnya.

  • Istiqomah

Teks biografi adalah riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat sebuah tulisan, selain itu juga disebutkan bahwa teks jenis ini pelaku atau penulisnya adalah pihak ketiga. Dalam hal ini penulis sudah memiliki hak cipta atas karya tokoh yang dituliskan.

  • Mahsun

Teks biografi merupakan naratif yang punya tujuan akhir untuk menceritakan tahapan kehidupan seseorang yang memuat fakta, riwayat hidup tokoh.  Apa yang perlu disampaikan dalam penulisan teks biografi bisa seperti keistimewaan, latar belakang keluarga, identitas, riwayat organisasi dan hal-hal lain yang bersifat berprestasi.

Ciri-ciri Teks Biografi

Setelah memahami pengertian teks biografi, langkah selanjutnya yang perlu diketahui adalah memahami ciri-ciri dari teks ini. Fungsi dari ciri-ciri ini adalah untuk membedakan satu teks dengan teks yang lain. Berikut beberapa langkah yang bisa diterapkan ketika sudah membaca pengertian teks biografi.

  • Teks biografi mempunyai bentuk penyajian narasi dan proses penceritaan.
  • Teks biografi dalam bentuk penyajian narasi maupun menceritakan prosesnya.
  • Sebuah teks biografi dikatakan aktual jika berdasarkan peristiwa penting yang pernah dialami oleh seorang tokoh dalam hidupnya.

Struktur Teks Biografi

  • Orientasi

Urutan struktur teks biografi yang benar adalah dimulai dari rangkaian orientasi memuat awalan mengenai pengenalan tokoh yang diangkat, cukup ditulis secara umum. Selain itu mempersiapkan informasi terkait seorang tokoh, latar belakang tokoh, riwayat pendidikan hingga alamat lengkap kediaman atau rumah yang ditempati.

  • Peristiwa atau Masalah

Teks biografi merupakan peristiwa dan masalah atau sering disebut dengan rangkaian peristiwa, kedua poin berikut yang termasuk dalam struktur memiliki isi mengenai peristiwa apa saja yang pernah dialami oleh tokoh secara urut. Untuk penulisannya ditulis sesuai dengan ketentuan waktu peristiwa terjadi.

  • Reorientasi

Reorientasi atau penutup yang mana beberapa ahli menyebutkan jika reorientasi sebenarnya adalah struktur bersifat opsional. Yang berarti struktur ini boleh digunakan atau tidak ada dalam teks biografi, biasanya memuat beberapa pendapat dari penulis, mulai tanggapan hingga simpulan.

Kaidah Teks Biografi

  • Kata Ganti atau Pronomina

Pemakaian kata ganti orang ketiga tunggal atau disebut dengan pronomina dipakai secara bergantian dengan menyebutkan nama tokoh atau nama panggilan tokoh yang diangkat. Seperti kata ganti orang ketiga tunggal dalam pembuatan teks biografi adalah, bisa digunakan kata seperti dia, ia atau beliau.

  • Kata Kerja Tindakan

Penggunaan kata kerja tindakan ini banyak dipakai dalam menjelaskan peristiwa atau tindakan yang dilakukan oleh tokoh yang dituliskan. Beberapa kata kerja tindakan dalam teks biografi biasanya seperti berjalan, berbicara, belajar, membaca, melempar dan menulis.

  • Kata Adjektiva

Penggunaan kata adjektiva ini digunakan untuk memberi informasi mengenai sifat-sifat tokoh dalam teks biografi, seperti pandai, tekun, rajin, ulet dan lain sebagainya. Dalam menjelaskan tokoh lewat teks biografi biasanya menggunakan kopulatif sebelum kata sifat adalah atau merupakan.

  • Kata Sambung

Kata sambung, kata depan atau nomina yang berkaitan dengan urutan waktu, ketiga jenis kata ini banyak digunakan untuk memudahkan penjelasan antar peristiwa dan masalah. Contoh penggunaan misalnya sesudah, sampai, setelah, pada saat, kemudian, selanjutnya selama dan saat itu.

  • Kata Kerja

Kata kerja banyak dipakai untuk kaitannya dengan kondisi mental, menjelaskan penggambaran dari tokoh yang diangkat. Penggunaan kata kerja mental dalam teks biografi biasanya seperti menyetujui, menginspirasi, memahami, meyakinkan dan mencintai.

Manfaat Teks Biografi

  • Mengenal Tokoh Lebih Dekat

Baik disadari atau tidak, seseorang yang membaca teks biografi akan lebih mengenal tokoh yang dituliskan. Ini menjadi salah satu manfaat dari penulisan teks biografi, pembaca akan lebih kenal meski tidak pernah bertemu langsung. Selain itu pembaca juga bisa belajar dari perjalanan hidup mereka serta perjuangan seorang tokoh yang memberi inspirasi.

  • Belajar Tentang Keteladanan

Pembaca akan lebih banyak belajar mengenai keteladanan seorang tokoh, melalui poin-poin dan keteladanan yang ingin disampaikan ke para pembaca berikut ini termasuk unsur-unsur kebahasaan dalam teks biografi kecuali yang tidak disebutkan. Seperti mengenai keteladanan dalam menghadapi masalah hidup dan menjadi seseorang yang dihormati.

  • Membangun Sebuah Motivasi

Tanpa disadari pembaca akan belajar banyak mengenai motivasi, seperti motivasi meraih mimpi, motivasi menghadapi kehidupan dan masih banyak lagi. Jika berbicara mengenai motivasi, ada dua dorongan motivasi seperti dorongan dari dalam diri dan dari luar.

  • Pahami Keputusan Tokoh dalam Biografi

Banyak pesan dan gagasan dari tokoh yang digambarkan penulis, gagasan dan pesan ini dimunculkan penulis bisa jadi akan berbeda dengan pendapat yang dimiliki pembaca. Semakin banyak membaca teks biografi, maka akan lebih toleran atau lebih terbuka dengan pendapat dari orang lain.

  • Berpikir Analisis

Berpikir kritis dan analitis seperti yang sudah diungkapkan dalam banyak penelitian, membaca bisa membuat sel saraf menjadi ter stimulasi sehingga melakukan proses berpikir. Karena itu, salah satu cara membaca yang baik adalah dengan membaca teks biografi. Teks ini juga mengenai para pemikir banyak menyisipkan pemikiran-pemikiran penting dari tokoh.

Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Unsur dan Contohnya

Contoh Teks Biografi

  • Orientasi

Joanne Kathleen Rowling atau dikenal dengan JK Rowling merupakan seorang penulis yang sempat menggemparkan dunia. Keberhasilan mengantar tiga novel seri remaja Harry Potter dan membuatnya dikenal publik. Novel yang dibuatnya menjadi best seller, para penggemarnya itu membuat kekayaan Rowling meningkat pesat.

  • Peristiwa Penting

JK Rowling lahir pada 31 Juli 1965 di Yate, Inggris dan merupakan seorang penulis cerita serta kutu buku. Ketika masih sekolah saat remaja di Wyedean, Rowling ingin melanjutkan jenjang pendidikan di Universitas Oxford. Meskipun hal itu tak berhasil, ia kemudian memutuskan melanjutkan pendidikan di jurusan Bahasa Prancis di Universitas Exeter.

Harry Potter muncul di benak JK Rowling saat kereta yang ditumpangi mengalami keterlambatan saat melakukan perjalanan dari Manchester menuju London di tahun 1990. Mulai dari menulis di banyak lembaran kertas, ribuan kertas berhasil ditulis dengan jerih payah. Perjuangannya untuk menggunakan mesin ketik lama dan harus berulang kali agar naskah terkumpul.

  • Reorientasi

Meski begitu, JK Rowling sempat dibuat sakit hati setelah banyak penerbit yang menolak tulisannya dan total terdapat delapan perusahaan penerbit yang menolaknya. Beruntung ia tak pantang menyerah dan akhirnya tulisan JK Rowling diterima di kantor penerbit bernama Bloomsbury, menjadi penerbit pertama yang menerbitkan Harry Potter pada Juni 1997.

Demikian penjelasan mengenai teks biografi mulai dari pengertian hingga contohnya, jurnal Sampoerna University memberi penjelasan lebih detail mengenai ilmu pengetahuan. Termasuk salah satunya penjelasan teks biografi, jurnal Sampoerna University memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan.

Melalui program Sampoerna University, para mahasiswa mendapat jaminan memiliki kredensial dan keterampilan yang lebih baik dan membukakan pintu untuk karier. Dengan menerapkan kurikulum internasional, lulusan Sampoerna University memiliki kesempatan bersaing tak hanya di level nasional tetapi juga internasional.

Referensi
Katadata – Struktur teks biografi

X