Skip to main content

Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Unsur dan Contohnya

Pengertian Teks Argumentasi, Ciri, Struktur dan Contohnya

Sebuah tulisan yang digunakan untuk menggambarkan atau memberi sesuatu hal disebut dengan teks deskripsi. Teks deskripsi adalah tulisan yang berisi rangkaian paragraf dengan bahasan objek atau tempat, tujuannya agar para pembaca bisa melihat, mendengar dan merasakan apa yang digambarkan oleh penulis serta pesan apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

Langkah awal dalam penulisan deskripsi adalah penulis melakukan identifikasi lebih dulu pada benda atau peristiwa yang akan diangkat dalam tulisan tersebut. Cara yang digunakan adalah dengan mengamati lewat panca indra dan pengalaman. Tulisan deskripsi berisi mengenai penggambaran terhadap suatu berdasar apa yang dilihat, dirasakan dan diraba.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah jenis tulisan yang menjelaskan dan menggambarkan mengenai suatu hal, objek dan keadaan tertentu. Deskripsi bisa diartikan sebagai kaidah pengolahan data, membuatnya menjadi sesuatu yang bisa diutarakan dengan jelas dan tepat. Untuk kemudian dengan mudah dipahami oleh orang lain.

Penulisan deskripsi juga menekankan ide utama merupakan penyampaian dengan menggambarkan objek, tempat serta peristiwa tertentu dengan sangat rinci. Diharapkan para pembaca seolah-olah bisa merasakan dengan baik secara fisik maupun emosi langsung terkait apa yang dijelaskan melalui tulisan dalam teks ini.

Secara etimologis, deskripsi berasal dari bahasa latin yakni describere yang artinya menggambarkan atau memberi penjelasan mengenai sesuatu. Deskripsi adalah tulisan yang menggambarkan cerita yang tujuannya mengajak para pembaca untuk dapat memahami, merasakan dan menikmati sesuatu yang dijelaskan lewat teks termasuk emosi, aktivitas dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Teks Argumentasi, Ciri, Struktur dan Contohnya

Ciri-ciri Teks Deskripsi

  • Berisi tentang penjelasan dan penggambaran mengenai suatu objek, seperti benda, tempat, suasana dan lain sebagainya.
  • Penjelasan yang melibatkan seluruh panca indera, termasuk penglihatan, pendengaran, penciuman dan peraba.
  • Penjelasan dari ciri-ciri fisik dengan sifat suatu objek yang secara rinci dijelaskan melalui sebuah tulisan.
  • Tulisan yang dibuat seolah-olah membuat pembaca bisa merasakan dan mengalami langsung kejadian yang digambarkan.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda, seperti Pak Mahmud adalah seorang kepala desa yang tegas.
  • Mengandung kata sifat, gunanya adalah untuk menggambarkan kondisi, seperti dua kaus putih, seorang siswa malas dan lainnya.
  • Menggunakan kata kerja transitif dalam penyampaian informasi seperti murid itu mengenakan sepeda motor warna hitam.
  • Mengandung kata kerja perasaan dan bisa bertujuan untuk mengungkap pandangan pribadi dari penulis terhadap subjek yang dituliskan.
  • Mengandung kata keterangan dalam memberi informasi tambahan, seperti kencang, di lapangan dan sore hari serta lainnya.
  • Mengandung bahasa kiasan atau metafora, seperti kulitnya seputih salju, mobil secepat kilat dan lain sebagainya.

Struktur Teks Deskripsi

Tanpa adanya struktur, maka susunan tulisan bisa menjadi tidak padu sehingga dapat membuat orang merasa tidak nyaman ketika membacanya. Teks deskripsi juga memiliki struktur untuk bisa membangunnya, sebutkan struktur teks deskriptif yang ada dan penjelasan singkat mengenai poin-poin pentingnya.

  • Judul

Judul dalam sebuah paragraf tentu harus mengandung setidaknya tiga aspek, seperti relevan, provokatif atau menarik dan singkat. Judul melambangkan cerita, sebuah ringkasan tersirat dari seluruh tulisan dan memiliki fungsi sebagai daya tarik dan nama yang sifatnya promosi.

  • Identifikasi dan Klasifikasi

Langkah penentuan identitas dari seseorang, objek maupun benda yang lainnya. Kemudian diikuti klasifikasi yang merupakan unsur penyusun menggunakan sistem dari suatu kelompok yang sesuai dengan kaidah dan standar yang sudah ada atau ditetapkan sebelumnya.

  • Deskripsi dan Kesimpulan

Isinya berupa gambaran-gambaran dan penjelasan mengenai objek atau hal yang akan dibahas dalam tulisan. Sementara kesimpulan merupakan penegasan pada hal yang dianggap penting, meski begitu kesimpulan bisa ditulis atau tidak.

Unsur-unsur Kebahasaan Teks Deskripsi

Dalam penulisan teks deskripsi menggunakan kata umum, kata khusus dan kalimat penjelasan. Kata umum merupakan kata yang mencakup banyak hal, ruang lingkup yang luas dan contohnya seperti kata melihat dan membawa. Kata khusus memiliki cakupan kata yang lebih sempit, seperti kata khusus seperti menjinjing, melirik, memandang, indah, menakjubkan dan yang lainnya.

Kalimat penjelas dalam teks deskripsi digunakan untuk memperjelas dan meyakinkan pembaca agar lebih memahami suatu objek. Penggunaan kalimat perincian ini dapat memperjelas dari kalimat utama, contoh kalimat utama yang bisa dipakai seperti ibuku orang yang sangat sabar. Kemudian bisa ditambahkan kalimat perincian.

Pengetahuan terkait penggunaan bahasa dalam teks deskripsi tak hanya berguna saat mempelajari bahasa Indonesia. Namun, ilmu ini juga dapat dimanfaatkan dalam komunikasi sehari-hari, khususnya saat akan menjelaskan atau menggambarkan suatu benda atau objek tertentu kepada orang lain.

Menulis Teks Deskripsi

Dalam menulis teks deskripsi terdapat beberapa tahapan yang memudahkan penulis dalam menyusun teks atau tulisan deskripsi dengan baik. Terdapat beberapa langkah yang harus diketahui sebelum menyusun dan membuat teks deskripsi. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan dengan dalam penulisan deskripsi.

  • Penulis harus memilih topik yang ingin dijadikan sebagai dasar dalam penggambaran dalam teks deskripsi di awal ketika akan memulai.
  • Setelah itu penulis juga harus mengamati objek yang dideskripsikan, hal ini dilakukan untuk memudahkan langkah selanjutnya.
  • Mengumpulkan data-data yang kredibel dan mampu dipertanggungjawabkan, seperti angka, grafik, ilustrasi dan statistik.
  • Setelah itu penulis harus menetapkan pola pengembangan terkait paragraf yang sesuai dengan hal jenis tulisan.
  • Penulis harus menyusun kerangka paragraf yang terdiri dari beberapa susunan dan diawali dengan gagasan awal.
  • Langkah selanjutnya penulis harus mengembangkan kerangka paragraf untuk kemudian dijadikan sebagai suatu paragraf yang utuh menggunakan kalimat padu dan logis.
  • Terakhir adalah pemberian judul, gunakan judul yang menarik dan menyita perhatian pembaca untuk kemudian membaca isi tulisan deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi

  • Tentang Tempat

Positano merupakan desa di Pantai Amalfi d Campania, Italia yang memiliki iklim sangat sejuk, tipe mediterania atau musim dingin di Positano juga dapat dikatakan sangat hangat. Suhu minimum yang hampir tidak pernah di bawah enam derajat celcius. Positano punya musim panas yang panjang, hangat dan cerah namun sering kembali digerakan dengan angin laut.

Karena suhu sejuk dengan pemandangan indah, positano menjadi salah satu destinasi liburan menarik dikunjungi sejak Kekaisaran Romawi. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya sebuah vila di teluk, Ciri khas yang dimiliki adalah memiliki banyak anak tangga yang asalnya di atas desa, anak tangga ini menghubungkan distrik atas dengan daerah lembah.

Demikian penjelasan mengenai teks deskripsi, pengertian, ciri, struktur dan contoh yang sudah digunakan. Jurnal Sampoerna University memberi penjelasan lengkap mengenai materi perkuliahan, termasuk salah satunya penjelasan teks deskripsi. Untuk memudahkan mahasiswa dalam membuat tugas perkuliahan dengan baik dan benar.

Sampoerna University memberi fasilitas lengkap untuk para mahasiswa melalui program yang diterapkan sesuai dengan kurikulum internasional. Mahasiswa dijamin memiliki kredensial dan keterampilan yang lebih baik dan membukakan pintu peluang karier tak hanya di tingkat nasional tetapi juga tingkat internasional.

Referensi
Zenius – Teks Deskripsi Adalah Struktur Contoh

X