Skip to main content

Mengenal Tipe Kepribadian Koleris: si Dominan dan Ambisius

By Februari 15, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
wanita kepribadian koleris adalah

Karakter manusia digolongkan menjadi empat jenis, sanguinis, melankolis, plegmatis dan koleris. Koleris adalah tipe kepribadian berdasarkan perangai dan watak, orang yang termasuk dalam tipe kepribadian ini dikenal sebagai orang yang cocok menjadi pemimpin. Karena kemampuannya menggunakan logika dan fakta dalam berpikir dan berargumentasi sangat baik.

Orang bertipe kepribadian koleris sering dianggap sebagai sosok yang ambisius dalam berbagai hal yang dilakukannya. Mereka suka menjadi pemimpin dan memiliki kecenderungan suka mengatur dan membuat aturan, selain itu koleris juga cepat serta tangkas dalam berpikir hingga membuat keputusan, kompetitif, perfeksionis hingga mandiri terhadap dirinya sendiri.

Mengenal Karakter Koleris

Koleris, sanguinis, plegmatis, melankolis memiliki karakter tersendiri dan bisa dikenali melalui ciri-cirinya. Guna melihat ciri-ciri kepribadian jenis ini, dapat dilihat dari karakternya masing-masing, sikap yang ditunjukkan sehari-hari. Mulai dari sifat koleris dan apa yang menjadi tujuan seseorang tersebut dalam mengambil pilihan hidup.

Orang yang koleris memiliki sifat ekstrovert, meskipun mudah tersinggung namun orang dengan karakter ini mampu menjadi pemimpin kelompok. Karakter kepribadian ini bisa sangat terlibat dalam segala hal yang mereka lakukan, baik di tempat kerja hingga selama percakapan. Nada dari ucapan mereka seperti memerintah dan mengatur.

Apa itu koleris? Salah satu kepribadian yang mudah tersinggung, secara umum orang pasti akan membayangkan jika mereka merupakan sosok penindas. Meskipun perlu diketahui bahwa tidak semua karakter kepribadian ini mudah tersinggung atau menjadi pengganggu. Beberapa dari mereka bahkan tak suka dengan pengganggu.

Bagi tipe kepribadian ini sebuah persaingan bukan hal yang buruk, namun dianggap sebagai permainan karena mereka ingin membuktikan diri dan menantang orang yang menurut mereka memiliki sifat jahat. Koleris juga pada umumnya tidak menyukai otoritas, walaupun dalam perasaannya sangat ingin menjadi otoriter.

Koleris ingin memegang kendali dan memiliki keyakinan bahwa mereka percaya tidak ada yang lebih baik dari mereka untuk bisa bertanggung jawab atas sesuatu yang mereka yakini. Termasuk ke dalam tipe orang yang impulsif dan aktif, namun dapat dengan mudah menjadi antusias terhadap sesuatu yang baru.

Baca juga: Ideologi Pancasila: Pengertian, Contoh dan Fungsi

Ciri-ciri Karakter Koleris

Koleris memiliki kelemahan, tipe kepribadian ini mudah terlempar dan goyah dari keseimbangan hingga menjadi marah saat semuanya tidak berjalan sesuai dengan kemauannya. Tipe ini bisa menjadi sosok dengan kinerja ekstrim dan antusiasme, tetapi juga akan meratapi kegagalan dengan dramatis koleris melankolis, berikut beberapa ciri dari karakter kepribadian koleris.

  • Dominan

Dominan dalam arti seorang pemikir cepat dan mampu sebagai pemikat yang andal, tipe kepribadian ini juga termasuk orang yang mandiri, kompetitif hingga sangat percaya diri. Inilah sebabnya karakter koleris terlihat lebih menonjol ketimbang karakter lain.

  • Pemimpin dan Pembicara

Koleris dikenal sebagai pemimpin dan pembicara yang andal, tipe kepribadian ini sangat suka berbicara untuk menarik perhatian banyak pendengar. Koleris adalah eksekutor selain menjadi seorang pemimpin.

  • Ambisius

Api ambisi berkobar besar dalam diri koleris, Tess Thompson dalam bukunya Choleric Melancholic Personality menyebut jika orang dengan karakter ini terkenal dominan, kuat dan memiliki keinginan besar mendapatkan apa yang diinginkan.

  • Manipulatif dan Keras Kepala

Personality Plus karya Florence Littauer menyebut jika salah satu sisi negatif orang yang memiliki tipe kepribadian karakter koleris adalah manipulatif dan terkesan tidak simpatik. Keras kepala menjadi sifat buruk lain yang dimiliki karena adanya perasaan dominan hingga mereka merasa berkuasa.

  • Suka Memaksa

Cenderung memiliki kepribadian yang suka memaksa, salah satunya memaksa orang lain untuk melakukan hal yang terbaik menurutnya. Ia bisa mendorong orang lain melakukan sesuatu di luar batas kemampuan orang tersebut.

  • Narsis

Kepribadian koleris juga memiliki sifat narsis, sangat bangga terhadap dirinya sendiri namun bukan berarti orang bertipe koleris sudah pasti memiliki kelainan narsistic. Mereka hanya menganggap dirinya adalah orang paling berjasa dalam suatu kelompok karena kontribusi yang diberikan.

Koleris juga sering kali tidak mau meminta maaf jika mereka meyakini apa yang dilakukan tidak salah, baik besar maupun kecil. Agar terbebas dari kewajiban meminta maaf, ia bisa saja memanipulasi perasaan orang lain dan menumpukkan kesalahan pada orang yang tidak sebenarnya.

Contoh Keperibadian Koleris dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Pengusaha

Pengusaha menjadi salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk orang dengan tipe kepribadian koleris. Jenis pekerjaan ini menjadi contoh mudah bagaimana melihat kepribadian koleris seseorang, selain mendapatkan kreativitas, pengusaha juga memiliki keberanian untuk mengambil risiko menghadapi tantangan tersebut.

  • Teknologi

Pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dirasa cocok untuk seorang koleris adalah sosok tipe kepribadian yang suka tantangan. Perkembangan teknologi yang selalu berubah-ubah dan cepat membuat koleris merasa tertantang untuk mengatasinya.

  • Petugas Keamanan

Sigap mengambil keputusan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain ketika berhadapan dengan permasalahan, selain itu juga memiliki jiwa kepemimpinan yang berkarakter dan penuh dengan semangat dalam menjalankan tugas.
Demikian pembahasan mengenai tipe kepribadian koleris beserta ciri dan contohnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tipe kepribadian ini cocok untuk mempelajari perkembangan teknologi dan sains.

Itulah tadi penjelasan tipe kepribadian koleris, ciri-ciri dan juga contohnya. Kalau kamu ingin belajar lebih tentang karakteristik dan budaya negara lain, kamu bisa banget join di Sampoerna University! Gak perlu repot-repot kuliah ke luar negeri, karena kamu bisa mendapatkan title dari University of Arizona Degree tanpa harus ke luar negeri! Koq bisa? Bisa banget, yuk klik disini untuk info lebih lanjut!

a university of arizona degree

Referensi:
Orami.co.id – Karakter Koleris
Hellosehat.com – Mental Koleris

 

X