Skip to main content

Tips Jitu Cara Membuat Judul Skripsi yang Menarik

By Februari 28, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FAS, Artikel - FET, Artikel - FOB, Artikel - FOE, Edukasi
mencari inspirasi judul skripsi

Merupakan tantangan akhir yang harus dihadapi dan diselesaikan setiap mahasiswa yang ingin segera lulus dan meraih gelar sarjana. Namun tak semua mahasiswa mampu menyelesaikan tugas akhir ini dengan mulus dan lancar, bahkan tak sedikit yang sudah dipersulit dengan judul skripsi, dalam hal ini banyak mahasiswa yang mengaku kesulitan bahkan sampai menyerah.

Mencari dan menetapkan judul merupakan langkah krusial, karena judul adalah tahap awal dalam proses pembuatan skripsi. Perlu mempertimbangkan matang-matang dalam memilih judul, bisa jadi judul dan tema yang dipilih bisa saja menyulitkan proses pembuatan skripsi. Apabila judul sudah diajukan ke dosen pembimbing maka mahasiswa berhak melangkah ke bab selanjutnya.

Baca juga: Pengertian Literasi Digital, Manfaat, Prinsip Hingga Contoh

Pentingnya Judul dan Karakteristik Skripsi

Perlu dipahami mengapa judul menjadi bagian penting dalam sebuah penulisan skripsi, judul dalam skripsi berisi susunan kata yang membentuk kalimat panjang. Berfungsi menggambarkan pokok bahasan dan argumentasi skripsi, biasanya judul tetap dituliskan di awal pembuatan proposal penelitian namun juga bisa dipertimbangkan hingga akhir penelitian.

Contoh judul skripsi bisa berubah karena harus disesuaikan dengan hasil temuan dan jalan di akhir penulisan, dengan demikian skripsi seharusnya bisa menjelaskan rangkuman garis besar penelitian yang dilakukan. Judul yang baik harus disusun dengan kalimat yang singkat, lugas dan mencakup gambaran secara keseluruhan.

Sebelum mengetahui cara menentukan judul, penting lebih dulu mengetahui karakteristik dari skripsi yang baik dan menarik. Dalam hal ini, judul yang baik dan menarik harus memenuhi empat indikator penting. Berikut ini beberapa karakteristik dari judul untuk skripsi menarik yang harus diperhatikan.

● Judul harus bisa menggambarkan prediksi isi penelitian.

● Judul yang bagus adalah singkat, jelas dan menarik.

● Judul mencerminkan nada tulisan atau arah dari penelitian.

● Judul harus memuat kata kunci penting yang membuat lebih mudah ditemukan, bagi siapapun yang melakukan pencarian melalui kata kunci.

Tips dan Cara Membuat Judul Skripsi

memilih bahan skripsi

● Sesuaikan Judul dengan Minat

Cara menentukan judul yang pertama adalah menyesuaikan dengan minat penulis atau pembuat. Harus diketahui minat apakah yang sesuai dengan keinginan, hal ini sangat penting karena mampu mendorong mahasiswa agar tetap semangat dan nyaman dalam menyelesaikannya. Habiskan beberapa waktu untuk mengetahui minat dalam diri.

● Perbanyak Referensi Judul 

Perbanyak waktu di perpustakaan, habiskan untuk membaca dan melakukan riset terhadap skripsi terdahulu. Cara ini tak menutup kemungkinan jika mahasiswa dapat mendapat inspirasi untuk membuat judul, salah satunya bisa mengembangkan skripsi dari judul yang sudah ada sebelumnya.

● Kembangkan Judul dari Penelitian Lama

Dengan hanya membaca penelitian lama, mahasiswa bisa mendapatkan judul baru dan memberi inspirasi dalam pembuatan judul. Baca jurnal baik dalam negeri maupun luar negeri, kesempatan ini bukan untuk dijadikan plagiasi namun sebagai sarana untuk mengembangkan penelitian sehingga menjadi judul baru.

● Referensi dari Situs Terpercaya

Banyak membaca referensi dari mana pun, baik situs berita, media hingga karya ilmiah lainnya, tujuannya adalah untuk mendapat banyak wawasan dari berbagai referensi tersebut. Dengan begini, ide atau minat akan muncul sebagai langkah awal menentukan judul untuk skripsi, sektor bisnis pun bisa menjadi peluang mendapat judul skripsi akuntansi dan judul manajemen.

● Diskusi dengan Kakak Tingkat

Cara ini juga termasuk langkah dalam menambah wawasan sebelum menentukan judul, tentunya diskusi dilakukan dengan kakak tingkat atau senior yang sudah lebih dulu lulus. Inilah pentingnya memiliki jaringan luas saat berada di kampus, termasuk keuntungan ketika aktif dalam organisasi sehingga tak kesulitan saat melakukannya.

● Ikut Proyek Dosen

Pertimbangkan ikut dalam proyek dosen, cara ini merupakan solusi jitu dalam mendapatkan inspirasi membuat judul makalah dan skripsi. Terlebih proses pengerjaan proyek dari dosen tak dapat dilakukan sendiri, tentu memerlukan bantuan dari mahasiswa lain. Artinya tak sendiri dalam mengerjakan proyek tersebut.

● Amati Lingkungan Sekitar

Tips terakhir yang bisa diterapkan adalah dengan mengamati lingkungan sekitar, pengamatan ini membuat mahasiswa paham akan isu atau masalah yang terjadi terkini dan dihadapi oleh banyak masyarakat sekitar.

Banyak kendala dalam menentukan judul, karena proses awal ini sangat menentukan bagaimana alur dari pembuatan skripsi berjalan. Tak jarang mahasiswa harus rela mengubah judul di tengah jalan atau bahkan di akhir proses pembuatan karena tuntutan dosen pembimbing yang menilai judul dan isi tidak saling berkaitan atau malah melenceng jauh dari pembahasan.

Masalah ini sangat wajar terjadi mengingat mencari judul bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Beberapa tips di atas dapat dijadikan sebagai acuan dalam memperoleh judul yang baik dan bagus sesuai dengan apa yang akan diangkat dalam pembahasan serta memberi dampak terhadap apa yang ingin ditonjolkan.

Demikian penjelasan mengenai tips dan cara membuat judul makalah dan skripsi. Sebelum menentukan judul yang menarik, ada baiknya kita melakukan research tentang apa yang ingin diteliti. Banyak referensi jurnal yang dapat mereferensi penelitian. Contohnya di Sampoerna University kamu dapat mengakses Indonesian Journal of Computing, Engineering, and Design (IJoCED) yang berisikan jurnal-jurnal bagus seputar ilmu komputer, engineer dan juga desain.

Cari tahu lebih lanjut tentang Sampoerna University dengan klik link berikut ini.

X