Skip to main content

Pengertian Literasi Digital, Manfaat, Prinsip Hingga Contoh

By Februari 27, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FAS, Artikel - FET, Artikel - FOB, Artikel - FOE, Edukasi
literasi digital adalah

Seiring perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi bisa tersampaikan dengan cepat dan mudah. Teknologi yang dimanfaatkan dengan baik, sangat mampu membantu perkembangan bidang-bidang penting dalam kehidupan masyarakat. Literasi digital adalah kemampuan dalam memahami dan memakai informasi dari berbagai sumber yang diakses dengan komputer.

Di bidang teknologi khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan si pengguna. Kemampuan dalam memakai teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif. Cara ini juga membuat seseorang dapat berpikir kritis, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lancar dan kesempatan berkolaborasi.

Baca juga: Budaya Hustle Culture: Pengertian, Dampak dan Cara Mengatasinya

Pengertian Literasi Digital

Sederhananya, literasi bisa bermakna kemampuan manusia dalam membaca dan menulis, meskipun pengertiannya tak hanya sebatas pada kemampuan itu. Banyak pengertian mengenai apa itu literasi digital, seperti Paul Glister menyebutnya sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi yang didapat dari berbagai sumber.

Kemudian Deakin University’s Graduate Learning Outcome 3 menyebut jika literasi digital adalah upaya dalam memanfaatkan teknologi dalam menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital seperti saat ini. Sementara itu Common Sense Media, memiliki pendapat lain soal pengertian istilah ini.

Literasi digital kominfo mencakup tiga kemampuan yang berupa kompetensi dalam pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital hingga menilai kredibilitas dengan meneliti hingga melakukan komunikasi dengan alat yang tepat. Dapat disimpulkan bahwa literasi digital merupakan upaya yang diperlukan seseorang di era sekarang guna menyaring informasi secara akurat.

Literasi yang buruk bisa berdampak tidak baik juga bagi psikologis seseorang, khususnya usia remaja karena cenderung labil dan sering menelan mentah-mentah informasi. Tanpa mencari tahu lebih dulu kebenaran dan seberapa akurat informasi yang didapat itu, kondisi ini membuat tak sedikit munculnya kegaduhan karena salah mendapat informasi yang kemudian disebarluaskan.

Prinsip Literasi Digital

Menurut Yudha Pradana dalam bukunya berjudul Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital yang diterbitkan tahun 2018 menyebutkan beberapa prinsip dasar. Di antaranya adalah pemahaman, saling ketergantungan, faktor sosial hingga kurasi. Berikut ini penjelasan dari beberapa prinsip literasi digital tersebut.

  • Pemahaman

Dalam artian masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan oleh media, baik secara implisit maupun eksplisit.

  • Ketergantungan

Antara media yang satu dengan lainnya saling bergantung dan berhubungan, media yang ada saling berdampingan serta melengkapi antara satu sama lain.

  • Faktor Sosial

Media saling berbagi pesan atau informasi kepada masyarakat, keberhasilan jangka panjang dari media ditentukan oleh pembagi serta penerima informasi.

  • Kurasi

Masyarakat punya kemampuan untuk mengakses, memahami dan menyimpan informasi untuk dibaca di lain kesempatan. Kurasi merupakan kemampuan bekerja sama dalam mencari, mengumpulkan hingga mengorganisasi informasi yang dinilai berguna.

Manfaat Literasi Digital

Pemahaman mengenai informasi digital memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, mulai bagi diri sendiri maupun kelompok masyarakat umum. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan literasi digital dalam kehidupan sehari-hari dalam buku Literasi Digital karya Janner Simarmata.

Memperoleh dan memperluas informasi secara cepat dan terkini, seperti jika ingin melihat jadwal keberangkatan pesawat. Tak perlu lagi harus berada di bandara, informasi mengenai itu sudah bisa diakses secara digital melalui internet.

Penggunaan internet di era digital membuat seseorang secara tak langsung belajar dan melatih keterampilan. Seperti ketika akan memasak namun tidak mengetahui secara pasti bumbu yang akan digunakan, semuanya sudah bisa dilihat dan dipelajari melalui internet.

Penggunaan referensi internet dimana dan kapan saja sudah membuktikan bahwa munculnya literasi digital bisa menghemat penggunaan waktu. Internet saat ini bisa diakses menggunakan ponsel canggih, sehingga tak perlu lagi memikirkan perangkat apa yang harus dipakai.

Seseorang mencari dan menambah teman baru dari berbagai wilayah, maupun negara di berbagai belahan dunia hanya melalui media sosial. Hal baru yang kini semakin dianggap sebagai budaya dan kebiasaan dari mudahnya penggunaan internet.

Tantangan Literasi Digital

  • Arus Informasi Banyak

Tantangan paling kuat yang pertama adalah informasi yang muncul terlalu banyak, hal ini membuat masyarakat dipaksa banyak menerima informasi secara bersamaan. Literasi digital adalah literasi yang berperan untuk mencari, menemukan, memilah dan memahami informasi yang benar serta akurat.

  • Konten Negatif

Banyaknya arus informasi tak pelak membuat sulit menyaring konten yang ada, ini memunculkan kehadiran konten negatif. Seperti pornografi, SARA dan lain sebagainya bisa dilihat dan didapat dengan mudah lewat akses internet.

Contoh Literasi Digital

  • Literasi Digital di Sekolah

Komunikasi dengan guru dan teman menggunakan media sosial, mengirim tugas, melakukan pembelajaran hingga mencari bahan ajaran dari sumber terpercaya.

  • Literasi Digital di Rumah

Melakukan penelurusan dengan memakai browser, mendengarkan musik, melihat film, melihat video tutorial memasak di internet hingga bekerja dengan memanfaatkan internet.

Demikian penjelasan mengenai pengertian literasi digital beserta prinsip hingga manfaat dan contohnya.  Belajar seru mengenai ilmu pendidikan di Sampoerna University merupakan pilihan yang tepat. Didirikan dengan tujuan yang jelas untuk memenuhi standar nasional dan internasional, Sampoerna University secara unik memenuhi syarat untuk memberikan kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan.

Dapatkan info terkait Fakultas Ilmu Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris dengan klik link berikut ini.

Referensi
Media Indonesia – Pengertian Literasi Digital

X