09 Jan 2023

7 Aplikasi Pendukung Pendidikan yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

Artikel,

Teknologi semakin berkembang dan semakin banyak memudahkan kehidupan manusia, termasuk mahasiswa. Aplikasi adalah salah satu teknologi yang sangat membantu para mahasiswa dalam memaksimalkan potensi mereka dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi selama kehidupan akademik mereka.

Sebagai institusi pendidikan terkemuka di Indonesia, Sampoerna University mendorong mahasiswanya untuk memanfaatkan aplikasi yang dapat membantu mereka dalam kehidupan akademik dan profesional.

Aplikasi pendukung pendidikan dapat membantu mahasiswa mengelola waktu, tugas, catatan, dan jadwal mereka secara lebih efisien dan efektif. Dalam dunia yang semakin sibuk dan padat, mahasiswa seringkali mengalami kesulitan dalam mengatur waktu dan mengelola tugas.

Aplikasi manajemen tugas dan catatan seperti Todoist, Notion, dan Evernote dapat membantu mahasiswa untuk mengorganisir daftar tugas, menambahkan catatan, dan membuat pengingat untuk menghindari keterlambatan atau melewatkan tenggat waktu penting.

Aplikasi seperti ini sangat berguna dalam membantu mahasiswa untuk tetap fokus pada tujuan akademik mereka dan memaksimalkan waktu yang mereka miliki. Yuk simak lebih lengkap 7 (tujuh) aplikasi pendukung yang wajib dimiliki oleh mahasiswa.

white office desk with a hand touching a mobile phone

7 Aplikasi Pendukung Pendidikan yang Membuat Hidup Mahasiswa Menjadi Lebih Mudah

Berikut adalah 7 (tujuh) aplikasi pendukung pendidikan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa agar hidup menjadi lebih mudah:

todoist

1. Aplikasi Manajemen Tugas dan Catatan

Aplikasi Manajemen Tugas dan Catatan sangat membantu mahasiswa dalam mengorganisir dan mengatur tugas, catatan, dan jadwal mereka. Aplikasi seperti Todoist, Notion, dan Evernote adalah contoh dari aplikasi yang dapat membantu mahasiswa untuk mengatur prioritas tugas dan mengingatkan mereka pada tenggat waktu yang penting.

Todoist, misalnya, memungkinkan mahasiswa untuk membuat daftar tugas, menetapkan prioritas, menambahkan tenggat waktu, dan menandai tugas yang telah selesai.

Notion, di sisi lain, memungkinkan mahasiswa untuk membuat catatan, mengatur jadwal, dan menambahkan pengingat dalam satu platform.

Sedangkan Evernote memungkinkan mahasiswa untuk membuat catatan, menambahkan gambar, dan bahkan merekam suara dalam catatan mereka.

Dengan aplikasi manajemen tugas dan catatan yang tepat, mahasiswa dapat mengoptimalkan waktu mereka dan fokus pada tujuan akademik mereka dengan lebih baik.

google drive

2. Aplikasi Penyimpanan dan Sinkronisasi Dokumen

Aplikasi Penyimpanan dan Sinkronisasi Dokumen adalah alat penting yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses dokumen mereka dari berbagai perangkat secara mudah dan aman.

Salah satu contoh aplikasi pendukung pendidikan dalam penyimpanan dan sinkronisasi dokumen yang populer adalah Google Drive. Dengan Google Drive, mahasiswa dapat mengunggah, menyimpan, dan membagikan dokumen mereka dengan mudah.

Selain itu, Google Drive juga memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen mereka dari perangkat manapun dan kapanpun, selama mereka terhubung dengan internet. Hal ini sangat membantu mahasiswa yang sering bepergian dan membutuhkan akses ke dokumen mereka.

Selain Google Drive, ada juga aplikasi penyimpanan dan sinkronisasi dokumen lainnya seperti Dropbox, OneDrive, dan iCloud Drive, yang dapat membantu mahasiswa dalam mengelola dokumen mereka secara aman dan efisien.

Mendeley Blog

3. Aplikasi Bacaan dan Referensi Ilmiah

Aplikasi Bacaan dan Referensi Ilmiah sangat membantu mahasiswa dalam mengakses literatur dan referensi akademik yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dan penelitian mereka. Salah satu contoh aplikasi bacaan dan referensi ilmiah yang terkenal adalah Mendeley.

Mendeley adalah aplikasi referensi ilmiah dan manajemen referensi berbasis cloud yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses dan mengelola jurnal, artikel, dan buku elektronik dari berbagai disiplin ilmu.

Aplikasi ini juga memudahkan mahasiswa untuk membuat daftar referensi dan sitasi dalam berbagai format, seperti APA, MLA, dan Harvard. Selain itu, Mendeley juga dapat membantu mahasiswa untuk mengatur daftar bacaan mereka dan memberikan referensi mereka dengan teman atau rekan penelitian mereka.

Aplikasi lain yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah Zotero dan EndNote. Kedua aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur yang mirip dengan Mendeley, sehingga mahasiswa dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan aplikasi bacaan dan referensi ilmiah yang tepat, mahasiswa dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan dan meningkatkan kualitas penelitian mereka.

duolingo english

4. Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Aplikasi Belajar Bahasa Asing memungkinkan mahasiswa untuk belajar bahasa asing dengan cara yang lebih efektif dan mudah. Salah satu contoh aplikasi yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah Duolingo.

Duolingo menawarkan pembelajaran bahasa yang interaktif dan menyenangkan, dengan fitur-fitur seperti latihan kosakata, kuis, dan permainan bahasa yang menarik. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan kelas bahasa asing secara online yang dapat diikuti oleh pengguna.

Aplikasi lain yang juga populer di kalangan mahasiswa adalah Babbel, Rosetta Stone, dan Memrise. Keempat aplikasi ini menawarkan pembelajaran bahasa asing dengan pendekatan yang berbeda-beda, sehingga mahasiswa dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Dengan aplikasi belajar bahasa asing yang tepat, mahasiswa dapat memperluas kemampuan bahasa mereka, yang dapat membantu mereka dalam studi dan karir di masa depan.

Microsoft Teams

5. Aplikasi Komunikasi dan Kolaborasi Online

Aplikasi Komunikasi dan Kolaborasi Online memungkinkan mahasiswa untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan teman sekelas dan dosen dari jarak jauh. Salah satu contoh aplikasi yang sangat populer adalah Microsoft Teams.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan video conference, chat, dan berbagi dokumen secara online. Selain itu, Microsoft Teams juga memiliki fitur-fitur yang memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas kelompok secara online.

Aplikasi lain yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah Zoom, Google Meet, dan Slack. Ketiga aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur yang mirip dengan Microsoft Teams, sehingga mahasiswa dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan aplikasi komunikasi dan kolaborasi online yang tepat, mahasiswa dapat memaksimalkan waktu dan produktivitas mereka dalam bekerja sama dengan teman sekelas dan dosen, terutama dalam situasi pandemi saat ini yang membatasi pertemuan tatap muka.

Google Calendars

6. Aplikasi Pengelolaan Waktu dan Jadwal

Aplikasi Pengelolaan Waktu dan Jadwal sangat penting bagi mahasiswa untuk mengatur jadwal perkuliahan, tugas, dan kegiatan lainnya. Salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan mahasiswa adalah Google Calendar.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal dengan mudah, mengatur pengingat, dan membagikan jadwal dengan teman atau keluarga. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Google Meet, sehingga pengguna dapat langsung mengakses jadwal pertemuan online dari Google Calendar.

Aplikasi lain yang juga populer di kalangan mahasiswa adalah Trello, Asana, dan Todoist. Ketiga aplikasi ini menawarkan fitur-fitur pengelolaan tugas yang lengkap, seperti pengaturan deadline, pengingat, dan fitur untuk memprioritaskan tugas yang paling penting.

Dengan aplikasi pengelolaan waktu dan jadwal yang tepat, mahasiswa dapat mengatur waktu mereka dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat menyelesaikan tugas dan kegiatan dengan lebih baik dan terorganisir.

Quizlet Live!

7. Aplikasi Quiz dan Tes Online

Aplikasi Quiz dan Tes Online dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang sedang dipelajari. Salah satu aplikasi yang populer di kalangan mahasiswa adalah Quizlet.

Aplikasi Quizlet menawarkan berbagai jenis quiz, mulai dari pilihan ganda hingga mengisi kekosongan, yang dapat disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari. Selain itu, pengguna dapat membuat flashcard untuk mempermudah mengingat definisi dan istilah penting, dan fitur kolaborasi memungkinkan pengguna untuk berbagi flashcard dan mengambil quiz bersama teman atau kelompok studi.

Aplikasi lain yang dapat membantu mahasiswa dalam ujian atau tes online adalah Kahoot! dan Quizizz. Kedua aplikasi ini menawarkan fitur permainan yang menyenangkan, di mana pengguna dapat bersaing dengan teman atau kelompok studi mereka dalam mengambil quiz atau tes online.

Dengan aplikasi Quiz dan Tes Online yang tepat, mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi ujian atau tes.

Dalam dunia pendidikan, teknologi dan inovasi terus berkembang untuk mempermudah kehidupan seorang mahasiswa. Terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dan meningkatkan pemahaman terhadap materi yang sedang dipelajari.

Namun, tak hanya aplikasi, keunggulan lainnya dapat ditemukan di perguruan tinggi yang memberikan pendidikan berkualitas. Salah satu perguruan tinggi yang menawarkan pengalaman belajar yang berbeda adalah Sampoerna University.

Dengan kurikulum yang dirancang khusus dan didukung dengan fasilitas modern serta pengajar yang berkualitas, mahasiswa di Sampoerna University diharapkan mampu mengembangkan potensi diri dan bersaing di tingkat global.

Bergabunglah dengan Sampoerna University dan rasakan pengalaman belajar yang berkualitas dan menyenangkan. Melalui berbagai macam program dan aktivitas ekstrakurikuler, mahasiswa dapat meningkatkan soft skills dan keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja.

Selain itu, dengan dukungan teknologi yang mutakhir, mahasiswa juga dapat mengeksplorasi potensi diri dengan lebih baik. Sampoerna University menawarkan berbagai macam program studi yang berkualitas dan dipersiapkan untuk generasi global yang tangguh dan siap bersaing di dunia kerja.

Informasi seputar pendaftaran akademik, program beasiswa dan bantuan konsultasi calon mahasiswa silakan klik pada tautan yang dilampirkan.

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut, silakan isi form dibawah ini.

[formidable id=8]

Artikel menarik lainnya:

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp