Skip to main content

Pengertian Email Marketing, Manfaat dan Cara Memakainya

By Juli 24, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
email marketing

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, perusahaan dalam menjalankan bisnis memakai cara seefisien mungkin dalam menjalankan strategi pemasaran. Termasuk salah satunya dalam hal ini adalah menggunakan email marketing yang masih menjadi andalan banyak perusahaan, hal ini tak lepas dari aktivitas pengiriman surel yang terjadi secara kontinyu.

Maraknya penggunaan media sosial di tengah pesatnya perkembangan teknologi, hal ini juga berdampak pada pemasaran. Sosial media marketing menjadi istilah populernya, mau tak mau pelaku bisnis khususnya perusahaan besar harus menyesuaikan dengan perubahan perkembangan ini agar tetap eksis dan mampu bersaing hingga menghasilkan keuntungan.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah salah satu metode pemasaran secara digital yang dilakukan dengan mengirim email ke pelanggan atau konsumen. Dengan tujuan yang bermacam, ada yang hanya untuk memberi informasi dan edukasi terkait produk dan lain sebagainya kepada konsumen, ada pula yang dilakukan untuk melakukan branding atau untuk meningkatkan penjualan.

Proses penggunaan email marketing ini juga cukup sederhana, pelaku bisnis atau perusahaan bisa mendapatkan email konsumen atau calon pelanggan dengan penawaran yang menarik tentunya.Seperti penawaran pemberian beberapa produk dan jasa hingga acara secara gratis, hingga bebas penggunaan hak khusus dalam jangka waktu tertentu.

Jika sudah mendapat email konsumen, kemudian perusahaan akan mengirim email dengan isi yang tentunya menarik. Sesuai tujuan utama dari perusahaan, yakni agar konsumen bisa tertarik mengenal produk atau bisnis yang ditawarkan. Bahkan jika bisa sampai lebih jauh lagi, dengan target final adalah agar konsumen membeli produk yang ditawarkan atau bergabung dalam bisnis.

Penggunaan email sebagai marketing pertama kali dilakukan di tahun 1978, menariknya meski baru pertama kali digunakan namun cara ini ampuh dalam menarik pelanggan. Terbukti email marketing pertama itu mampu menghasilkan penjualan lebih dari 13 juta dolar. Tak heran mengapa sejak saat itulah email marketing dipakai sebagai salah satu upaya promosi atau pemasaran yang kini relevan.

Baca Juga: Content Marketing: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Apa Saja Manfaat Email Marketing

Karena fungsi yang dimiliki memberi dampak nyata yang menghasilkan keuntungan berlimpah, bukan tanpa alasan mengapa email marketing masih dipakai sebagai salah satu cara pemasaran. Hal ini karena banyak fungsi yang dimiliki, tak hanya satu tetapi ada beberapa fungsi yang secara nyata berdampak pada proses penjualan barang suatu perusahaan atau bisnis, berikut di antaranya.

  • Meningkatkan Traffic ke Website

Memakai email marketing merupakan cara yang sangat diandalkan untuk membuat pelanggan mengunjungi laman resmi suatu perusahaan atau website. Perusahaan atau pebisnis bisa menyertakan tautan relevan ke situs dalam konten email. Selain itu bisa digunakan pula konten email dalam membuat pelanggan bisa melihat produk lainnya.

  • Mengubah Pengunjung menjadi Pembeli

Tujuan utama menggunakan email marketing adalah kemudahan dalam memberi penawaran kepada para pelanggan. Hal itu dilakukan demi memenuhi target yang ingin dicapai, yakni agar pengunjung tertarik dengan produk yang ditawarkan kemudian membelinya. Hal inilah yang nantinya mampu mengubah status pengunjung menjadi pembeli.

  • Melakukan Targeting Secara Tepat

Dalam industri penjualan diperlukan suatu targeting yang didapatkan dengan melakukan riset, terkait rata-rata industri penjualan bisa dilakukan atau berhasil dijalankan menggunakan email marketing. Penggunaan rata-rata ini nantinya dijadikan sebagai patokan dalam menentukan target penjualan, selain memerlukan data penggunaan email dan penetapan target realistis.

  • Mengurangi Ongkos Pemasaran

Dalam penerapan email marketing, dapat dilihat secara jelas bahwa biaya yang dikeluarkan untuk proses ini relatif sedikit. Meski demikian, hasil dari proses pemasaran menggunakan email marketing ini bisa dibilang sangat maksimal. Karena itulah lebih dari 90 persen konsumen melakukan cek email di setiap harinya karena dinilai lebih efektif ketimbang media sosial.

Mail communication connection message to mailing contacts phone global letters concept

Cara Mempraktikkan Email Marketing dalam 6 Langkah

Email marketing menghasilkan setidaknya rata-rata mencapai 40x ROI (4.000%), dengan 60% pelanggan melakukan aktivitas pembelian menggunakan email marketing. Tentunya hal ini tidak boleh diabadikan, di era perkembangan teknologi yang semakin menggila dengan kecanggihan dan harus selalu diperbaharui, berikut cara mempraktikkannya.

  • Gunakan Email Marketing Software yang Tepat

Proses pengiriman email marketing sangat berbeda dengan email pribadi, baik menggunakan Gmail maupun Yahoo. Dalam email marketing, suatu perusahaan perlu membuat tampilan email yang menarik bisa seperti menambahkan gambar, video hingga landing page website. Hal ini dilakukan agar tujuan dari strategi marketing bisa tercapai.

Dalam melakukan proses yang pertama ini harus pintar dalam memilih tools email marketing, beberapa platform terbaik untuk mengoperasikan sistem ini contoh email marketing seperti OptinMonster, Sumo dan Mailchimp yang masing-masing memiliki keunggulan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

  • Tentukan Tujuan Email Marketing Bisnismu

Email marketing tidak akan bisa dijalankan jika tak memiliki alamat email yang akan dituju, dalam hal ini alamat email pelanggan. Gunakan email list sebagai daftar email dari konsumen, tujuannya adalah untuk mempromosikan produk dan layanan ke target konsumen yang potensial. 

  • Buatlah Lead Magnet

Bisa dengan memberi penawaran berharga, karena isi email yang dikirim ke pelanggan atau calon konsumen tidak hanya berupa informasi. Tetapi juga adanya penawaran menarik yang bisa didapatkan para pelanggan. Tujuan pemberian penawaran menarik ini adalah agar calon pelanggan bisa langsung menjadi pembeli.

  • Kirimkan Email yang Menarik

Dalam hal ini kaitannya dengan subjek email yang harus dipikirkan dan dibuat sebaik mungkin, perusahaan atau pelaku bisnis harus memastikan subjek email tidak terlalu panjang. Atau bahkan sampai tidak sesuai dengan isi email atau clickbait. Subjek harus bisa membuat calon konsumen kemudian bisa menjadi pelanggan.

  • Tentukan Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email

Jam kerja di pagi hari menjadi waktu yang paling tepat untuk mengirimkan email marketing, bisa juga siang hari mendekati waktu makan siang. Apalagi jika email marketing ini menyasar pada email pribadi yang bisa langsung keluar notifikasinya melalui ponsel pintar yang digunakan oleh calon konsumen.

  • Pantau Performa Email Marketing Bisnis

Terdapat lebih dari 50 persen penerima email akan membukanya melalui perangkat seluler atau ponsel alias smartphone. Karena memang ponsel di jaman sekarang sudah sangat canggih dalam kaitannya dengan performa dan kelebihan yang dimiliki. Pantau dengan kontinyu perkembangan dari pengiriman email, dan jika ada balasan segera ditindaklanjuti.

Demikian penjelasan mengenai email marketing, mulai dari pengertian email marketing, manfaat hingga cara menerapkan email marketing dalam dunia bisnis. Secara keseluruhan materi ini akan masuk di dalam salah satu fokus Sampoerna University, Fakultas Bisnis akan mempersiapkan para lulusan agar bisa bersaing tak hanya di level nasional tetapi juga internasional.

Selain itu kemampuan dalam menguasai perkembangan teknologi juga menjadi salah satu kuncinya, mengingat dunia bisnis dan perkembangan teknologi saat ini sangat sulit untuk dipisahkan. Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University berkomitmen membangun kompetensi STEAM yakni Science, Technology, Engineering, Arts and Math pada siswa didik kami.

Referensi
Niagahoster

X