25 Okt 2023

Apa Itu Kajian Pustaka? Mahasiswa Harus Tahu!

Artikel,

Edukasi,

Mengumpulkan, mengevaluasi, dan menganalisis literatur atau referensi yang berkaitan dengan topik penelitian tertentu dikenal sebagai kajian pustaka. Tujuan kajian pustaka adalah untuk memperoleh pemahaman dan interpretasi informasi yang ditemukan dalam literatur ilmiah dan sumber-sumber lainnya. 

 

Kajian pustaka adalah dasar ilmiah yang memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi informasi terbaru di bidang mereka, menemukan celah penelitian, dan membangun dasar teoritis untuk penelitian mereka. 

 

Peneliti dapat memastikan bahwa penelitian mereka relevan, memberikan informasi, dan mampu memberikan kontribusi yang berharga dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan melakukan kajian pustaka yang menyeluruh.

Apa Tujuan Kajian Pustaka?

Kajian pustaka dilakukan dengan tujuan untuk menyediakan dasar teoritis yang kuat untuk penelitian atau karya ilmiah. Kajian pustaka membantu peneliti memahami secara lebih mendalam apa yang telah diketahui tentang bidang tertentu, termasuk kerangka kerja konseptual, teori-teori yang relevan, dan temuan penelitian terdahulu. 

 

Kajian Pustaka dapat membantu dalam pembuatan hipotesis atau pertanyaan penelitian yang lebih khusus. Kajian pustaka juga merupakan bagian penting dari proses penelitian karena membantu peneliti memahami masalah kontroversial atau perdebatan dalam bidang studi yang bersangkutan. Dengan demikian, kajian pustaka merupakan langkah penting dalam proses penelitian dan membantu mengarah pada hasil ilmiah yang lebih signifikan.

Jenis-Jenis Kajian Pustaka

Jenis-Jenis Kajian Pustaka

Analisis literatur yang digunakan dalam penelitian ilmiah atau karya tulis akademik disebut kajian pustaka. Jenis kajian pustaka dibagi menjadi berbagai kategori berdasarkan tujuan dan pendekatan yang digunakan. Berikut ini adalah lima jenis kajian pustaka yang biasa digunakan:

1. Kajian Pustaka Sistematis

Kajian ini menggunakan metode yang lebih terstruktur untuk memilih, menilai, dan menyajikan literatur. Peneliti memilih sumber yang relevan berdasarkan standar tertentu.

2. Kajian Pustaka Analitis 

Kajian pustaka analitis melibatkan peninjauan literatur saat ini. Peneliti tidak hanya merangkum informasi tetapi juga menganalisis literatur untuk menemukan tren, pola, atau kontradiksi yang relevan.

3. Kajian Pustaka Deskriptif

Kajian Pustaka jenis ini mencakup ringkasan informasi dari literatur yang ada tentang topik tertentu dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang topik tersebut.

4. Kajian Pustaka Naratif

Kajian Pustaka jenis ini merupakan penelitian pustaka yang membahas bagaimana ide atau pemahaman tentang suatu topik berkembang seiring waktu. Kajian pustaka ini sering digunakan untuk menjelaskan bagaimana suatu bidang pengetahuan berkembang.

5. Kajian Pustaka Teoritis

Kajian Pustaka Teoritis berfokus pada pemahaman dan pengembangan teori dalam konteks tertentu. Peneliti melakukan analisis teoritis mendalam terhadap literatur saat ini untuk mendukung, memperbaiki, atau mengembangkan teori baru.

 

Jenis-jenis kajian pustaka yang tepat tergantung pada tujuan penelitian kamu dan metode yang ingin kamu gunakan untuk menganalisis literatur yang berkaitan dengan topik yang akan kamu teliti. Setiap jenis penelitian pustaka memiliki kelebihan dan keterbatasan tertentu, yang harus dipertimbangkan selama penelitian berlangsung.

Bagaimana Cara Membuat Kajian Pustaka?

Untuk melakukan kajian pustaka yang efektif, kamu harus menentukan topik penelitian terlebih dahulu. Kamu harus memiliki pemahaman yang kuat tentang subjek yang ingin diteliti. Setelah itu, kamu harus menetapkan tujuan kajian pustaka kamu. 

 

Apakah kamu ingin memberikan dasar teoritis yang kuat, menemukan celah penelitian yang belum terjawab, atau menjelaskan bagaimana konsep tertentu dalam bidang penelitian yang telah berkembang? Dengan memiliki tujuan yang jelas, pencarian dan analisis literatur yang akan kamu lakukan akan lebih mudah direncanakan.

 

Setelah kamu memiliki pemahaman yang kuat tentang topik dan tujuan penelitian, langkah selanjutnya adalah mencari literatur yang relevan dengan penelitian. Sumber literatur dapat dicari melalui basis data akademik seperti PubMed, Google Scholar, atau database lainnya yang relevan dengan bidang yang akan kamu teliti. Selain itu, katalog perpustakaan dan perpustakaan digital juga dapat berguna.

 

Setelah pencarian referensi literatur, langkah berikutnya adalah menilainya secara kritis. Kamu harus memeriksa kualitas setiap sumber dengan memeriksa kredibilitas penulis, jurnal, atau penerbit, serta metode penelitian yang digunakan. Kamu juga harus memastikan bahwa sumber-sumber tersebut memberikan informasi yang aktual dan relevan dengan topik penelitian.

 

Setelah evaluasi selesai, kamu dapat memulai analisis dan sintesis literatur. Langkah ini melibatkan membaca setiap sumber dengan teliti dan mencatat hasil utama. Cobalah untuk menemukan tren, kontradiksi, atau pola dalam literatur yang kamu baca. 

 

Terakhir, tulis kajian pustaka dengan sistematis dan logis. Kajian pustaka biasanya disusun dengan tiga bagian: pengantar yang menjelaskan tujuan kajian, tubuh kajian yang menguraikan hasil utama dari literatur yang ditinjau, dan kesimpulan yang merangkum hasil dan mengaitkannya dengan tujuan penelitian. Jangan lupa untuk menyertakan daftar referensi yang lengkap sesuai dengan aturan penulisan akademik yang berlaku.

 

Jika kamu mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati, kamu akan dapat menghasilkan kajian pustaka yang kuat dan menarik yang akan mendukung penelitian dan memberikan dasar yang kokoh untuk kerangka konseptual penelitian kamu. Semoga bermanfaat!

Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Kami adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Sampoerna University menawarkan berbagai program sarjana dan magister di bidang-bidang seperti bisnis, teknologi informasi, kreativitas dan desain, serta studi kelas dunia. Universitas ini menempatkan fokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada industri, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa berhasil dalam karir mereka.

 

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Mengenal Metode Waterfall, Pengertian dan Tahapan

Apr, 05 2024

Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang...

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Teknik Sistem Informasi - Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting...

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp