Skip to main content

Kegiatan Sosial, Manfaat dan Contohnya di Masyarakat

By Maret 14, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
kegiatan sosial

Pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial, ketika berada di lingkungan sosial maka mereka akan melakukan perannya masing-masing. Peran ini sesuai dengan kemauan dan kemampuan yang dimiliki, kegiatan sosial biasanya akan melibatkan banyak orang dan semata-mata bukan untuk kepentingan pribadi.

Pengertian sosial berkenaan dengan masyarakat maupun sifat-sifat kemasyarakatan yang memperhatikan kepentingan umum. Terdapat banyak sekali jenis kegiatan dalam rangka sosial, salah satunya mengikuti apa yang ada di lingkungan. Serangkaian kegiatan ini tentu memiliki manfaat bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya.

 

Pengertian Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial adalah agenda yang dilakukan bersama dengan elemen masyarakat, khususnya yang berada di lingkungan sekitar. Kegiatan yang dilakukan karena ingin mencapai tujuan bersama, atas dasar itulah kegiatan sosial akan selalu melibatkan partisipasi dari masyarakat. Banyak hal yang bisa dikerjakan dengan keadaan sosial.

Dalam artian lain seseorang memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu di mana yang dilakukan itu memiliki banyak manfaat dan tidak berorientasi pada keuntungan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kegiatan sosial berasal dari kata dasar sosial.

Sosial yang selalu berkaitan dengan masyarakat, sosial yang juga berkaitan dengan kepentingan umum. Sifat ini mementingkan kepentingan umum, sifat yang lebih mementingkan kepentingan umum, saling menolong dan lainnya. Kegiatan ini lebih mengarah pada sesuatu yang melibatkan masyarakat dalam berbagai jenis kegiatan di dalamnya.

 

Contoh Kegiatan Sosial di Masyarakat

contoh kerja bakti lingkungan

  • Kerja Bakti

Aktivitas ini dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat di suatu lingkungan untuk mencapai dan memenuhi kepentingan bersama. Kegiatan ini dilakukan guna memberi dampak yang besar bagi lingkungan masyarakat, seperti misalnya dilakukan mendekati musim penghujan maka nantinya mampu mencegah munculnya sarang nyamuk pada genangan air.

  • Kegiatan Ronda

Dilakukan oleh masyarakat secara bergiliran di suatu daerah dan tempat masing-masing, tujuannya agar mendapatkan rasa aman di malam hari. Kegiatan sosial ini sangat bermanfaat, khususnya pada daerah yang memang rawan terjadi aksi kriminal. Jika dilakukan bersama-sama, maka rasa aman menjadi hal sangat penting bagi masyarakat di tempat tersebut.

  • Penyuluhan

Kegiatan ini digunakan untuk meningkatkan pengetahuan masing-masing individu, bisa meliputi berbagai jenis sesuai dengan hal-hal yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jika masyarakat kurang peduli dengan cara menjaga kesehatan, maka penyuluhan yang harus dilakukan adalah berhubungan dengan kesehatan.

  • Peringatan Hari Kemerdekaan

Di Indonesia peringatan Hari Kemerdekaan dilakukan setiap tanggal 17 Agustus, sesuai dengan tanggal di mana Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan. Dalam menyambut hari kemerdekaan banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat, seperti kerja bakti, untuk bersih-bersih lingkungan, mengibarkan bendera dan acara lainnya.

  • Menjenguk Tetangga

Kegiatan ini masih sering dijumpai di wilayah masyarakat yang masih menjaga erat tali silaturahmi dengan sesama tetangga. Kepedulian terhadap tetangga bisa diperlihatkan dengan hal kecil seperti menjenguknya ketika ada yang sakit, bisa di rumah atau ketika sedang berada di rumah sakit dan harus memastikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Kegiatan ini terjadi karena situasi dan kondisi yang tidak menentu seperti adanya wabah penyakit, bencana alam hingga perang. Termasuk saat ini ketika masyarakat sedang dihantui penyebaran virus corona atau Covid-19. Pandemi yang muncul berdampak pada kesulitan masyarakat baik di bidang ekonomi maupun kesehatan.

 

Contoh Kegiatan Sosial di Kampus

Kegiatan sosial tak hanya terjadi di lingkungan masyarakat seperti kota, desa dan lainnya tetapi juga terjadi di lingkungan sekolah hingga perguruan tinggi. Seperti di kampus, para mahasiswa memiliki agenda tersendiri dalam melaksanakan kegiatan sosial. Berikut ini beberapa contoh kegiatan atas dasar solidaritas atau sosial yang terjadi di lingkungan mahasiswa atau kampus

  • Membentuk Kelompok Belajar

Kelompok belajar ini tak melulu membahas mata kuliah dari setiap mahasiswa yang bergabung di dalamnya. Tetapi juga hal lain, seperti bedah buku, film atau yang lain sesuai yang dikehendaki para mahasiswa. Topik yang dibawakan ini bisa secara bergiliran dibahas setiap pekannya, bisa juga membentuk panitia dalam pelaksanaan sebagai langkah serius dalam pemberian edukasi.

  • Penggalangan Dana

Biasanya kegiatan sosial ini dilakukan oleh para mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam proses penyaluran bantuan terhadap masyarakat yang terdampak suatu bencana. Seperti korban gempa dan gunung meletus, mahasiswa akan aktif menggalang dana baik secara kelompok individu maupun melibatkan organisasi kampus.

  • Peringatan Kemerdekaan

Sebagai mahasiswa yang aktif dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, peringatan kemerdekaan menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Kegiatan sosial yang bisa dilakukan seperti mengadakan acara dengan hadiah, atau mungkin sekaligus penggalangan dana dan hasilnya bisa dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

 

Manfaat Kegiatan SosialYoung managers and ceo spending time in conference hall

  • Mengasah Kemampuan Komunikasi

Baik secara sadar maupun tidak, kemampuan seseorang dalam melakukan komunikasi dengan orang lain maupun masyarakat akan meningkat ketika sedang mengikuti sebuah kegiatan sosial. Pasalnya, seseorang diharuskan untuk berkomunikasi secara intens dengan relawan agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar.

  • Menambah Pengetahuan dan Keterampilan

Berada di lingkungan organisasi sosial memungkinkan seseorang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan baru. Seperi manajemen organisasi hingga cara menggalang dana, seseorang bisa mengasah keterampilan ini atau keterampilan yang sebelumnya sudah lebih dulu dimilikinya dan menonjolkan di dalam organisasi tersebut.

  • Bangun Kepercayaan Diri

Kegiatan sosial bisa membangun kepercayaan diri seseorang, salah satunya ketika seseorang bisa menuntaskan tanggung jawab atau sebuah proyek yang sedang dikerjakan. Kegiatan yang dilakukan memberikan manfaat bagi orang lain, terlebih ketika mereka turut memberi kontribusi dari keahlian atau kemampuan yang dimiliki.

  • Memperluas Jaringan

Aktif dalam suatu jaringan yang melibatkan banyak orang tentu membuatnya memiliki kesempatan memperluas jaringan. Manfaatnya adalah membantu orang tersebut berkembang, utamanya mengembangkan diri baik secara personal maupun kompetensi profesional. Mengenal orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda justru memperkaya nilai hidup.

  • Membuka Peluang Pekerjaan

Dampak baik memiliki banyak jaringan secara tidak langsung akan membuka peluang pekerjaan, salah satu contohnya ketika ada rekan yang menggeluti suatu bidang pekerjaan. Lantas ia membutuhkan seorang dengan kemampuan yang dimiliki orang lain, hal ini tentu bisa menjadi sebagai peluang mendapatkan pekerjaan.

Demikian penjelasan mengenai kegiatan sosial, pengertian, contoh dan manfaatnya di lingkungan masyarakat. Sampoerna University memberikan bekal kepada para mahasiswa melalui pendidikan sistematis yang berbasis kurikulum internasional. Lewat banyak fakultas yang salah satunya berfokus pada pengembangan diri mahasiswa.

Sehingga mahasiswa yang telah mengenyam pendidikan di Sampoerna University memiliki banyak keahlian yang bermanfaat bagi masyarakat. Sampoerna University membantu Anda memperoleh dua keahlian ini. Terbukti dengan banyaknya lulusan Sampoerna University yang berhasil bekerja di perusahaan-perusahaan ternama.

X