Apa Itu Email Marketing?
Email marketing adalah salah satu metode pemasaran secara digital yang dilakukan dengan mengirim email ke pelanggan atau konsumen. Dengan tujuan yang bermacam, ada yang hanya untuk memberi informasi dan edukasi terkait produk dan lain sebagainya kepada konsumen, ada pula yang dilakukan untuk melakukan branding atau untuk meningkatkan penjualan. Proses penggunaan email marketing ini juga cukup sederhana, pelaku bisnis atau perusahaan bisa mendapatkan email konsumen atau calon pelanggan dengan penawaran yang menarik tentunya.Seperti penawaran pemberian beberapa produk dan jasa hingga acara secara gratis, hingga bebas penggunaan hak khusus dalam jangka waktu tertentu. Jika sudah mendapat email konsumen, kemudian perusahaan akan mengirim email dengan isi yang tentunya menarik. Sesuai tujuan utama dari perusahaan, yakni agar konsumen bisa tertarik mengenal produk atau bisnis yang ditawarkan. Bahkan jika bisa sampai lebih jauh lagi, dengan target final adalah agar konsumen membeli produk yang ditawarkan atau bergabung dalam bisnis. Penggunaan email sebagai marketing pertama kali dilakukan di tahun 1978, menariknya meski baru pertama kali digunakan namun cara ini ampuh dalam menarik pelanggan. Terbukti email marketing pertama itu mampu menghasilkan penjualan lebih dari 13 juta dolar. Tak heran mengapa sejak saat itulah email marketing dipakai sebagai salah satu upaya promosi atau pemasaran yang kini relevan. Baca Juga: Content Marketing: Pengertian, Manfaat dan JenisnyaApa Saja Manfaat Email Marketing
Karena fungsi yang dimiliki memberi dampak nyata yang menghasilkan keuntungan berlimpah, bukan tanpa alasan mengapa email marketing masih dipakai sebagai salah satu cara pemasaran. Hal ini karena banyak fungsi yang dimiliki, tak hanya satu tetapi ada beberapa fungsi yang secara nyata berdampak pada proses penjualan barang suatu perusahaan atau bisnis, berikut di antaranya.-
Meningkatkan Traffic ke Website
-
Mengubah Pengunjung menjadi Pembeli
-
Melakukan Targeting Secara Tepat
-
Mengurangi Ongkos Pemasaran

Cara Mempraktikkan Email Marketing dalam 6 Langkah
Email marketing menghasilkan setidaknya rata-rata mencapai 40x ROI (4.000%), dengan 60% pelanggan melakukan aktivitas pembelian menggunakan email marketing. Tentunya hal ini tidak boleh diabadikan, di era perkembangan teknologi yang semakin menggila dengan kecanggihan dan harus selalu diperbaharui, berikut cara mempraktikkannya.-
Gunakan Email Marketing Software yang Tepat
-
Tentukan Tujuan Email Marketing Bisnismu
-
Buatlah Lead Magnet
-
Kirimkan Email yang Menarik
-
Tentukan Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email
-
Pantau Performa Email Marketing Bisnis