Apa Itu Marketplace
Marketplace disebut dengan suatu platform yang menyediakan tempat serta fasilitas bagi para penjual untuk berkumpul. Kemudian menawarkan produk atau barang yang dijual dan bisa berupa jasa kepada para calon konsumen atau pelanggan. Proses ini dilakukan tanpa bertemu secara fisik, karena memang sudah memakai platform untuk jual-beli di marketplace. Perusahaan yang bergerak di bidang marketplace merupakan penyedia platform, atau tempat bertemunya para penjual dan masyarakat yang membutuhkan barang atau jasa yakni konsumen. Adanya transaksi jual-beli di dalam marketplace, untuk kemudian perusahaan bisa mengambil keuntungan dari proses ini lewat komisi dari setiap penjualan. Adanya konsep marketplace ini sejatinya sangat mirip dengan pasar konvensional atau tradisional, hanya saja pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang yang dijual oleh para penjual. Tugas marketplace hanya sebagai penyedia tempat bagi penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual-beli secara cepat tanpa harus bertemu langsung.Jenis Marketplace

-
Marketplace Murni
-
Marketplace Konsinyasi
Contoh Marketplace di Indonesia

-
Tokopedia
-
Bukalapak
-
Shopee
-
Lazada
-
Blibli
Perbedaan E-Commerce dan Marketplace
Perbedaan paling mendasar dari kedua bagian ini adalah sisi platform, ecommerce berdiri sendiri dan fokus pada penjualan barang lewat situs atau website milik mereka sendiri. Sementara marketplace memiliki platform yang fokusnya pada penjualan barang dari berbagai toko, selain itu penjual harus masuk dan mendaftar lebih dulu di website mereka. Marketplace berupa toko online dengan rujukan toko tunggal, namun tidak seperti berkumpulnya penjual dalam satu platform. Yang kemudian menjual barang atau produk yang ditawarkan sendirian, marketplace memiliki ciri yakni perusahaan marketplace tidak menyediakan barang atau jasa yang ditawarkan karena yang menyediakan adalah penjual.Perbedaan Marketplace dengan Online Shop
Marketplace dan online shop merupakan dua hal yang berbeda, perbedaan paling mendasar terletak pada perantara. Marketplace merupakan perantara, penghubung antara penjual dan pembeli, sementara online shop tidak memerlukan perantara dalam proses jual-beli. Penjual bahkan langsung menjual produk lewat platform mandiri kepada pembeli. Dalam melakukan penjualan di online shop maupun toko online menuntut para penjual untuk lebih mandiri, terutama dalam mengelola toko lewat laman atau situs. Termasuk pengelolaan pemasaran produk yang biasanya menggunakan media sosial, atau juga bisa langsung bertemu dengan konsumen dalam proses transaksi.Kelebihan Bisnis Online Marketplace

-
Peluang Besar Lewat Komunitas
-
Tak Perlu Modal Besar
-
Tak Perlu Takut Kehilangan Konsumen
Kekurangan Bisnis Online Marketplace

-
Ketergantungan pada Pengelola
-
Persaingan Tinggi
-
Sulit Dipercaya