Pengertian ROI (Return On Investment)
ROI atau Return on Investment adalah perhitungan yang digunakan untuk mengukur tingkat keuntungan dan juga kerugian dari suatu investasi. Secara sederhana, ROI dapat diartikan sebagai persentase profit yang bisa didapat dari total jumlah aset yang diinvestasikan. Semakin tinggi nilai ROI, maka semakin menguntungkan investasi tersebut. Menurut Minawir (2017), Return on Investment adalah salah satu bentuk rasio profitabilitas yang ditujukan untuk mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang ditanamkan dalam aktiva yang digunakan untuk operasional perusahaan guna menghasilkan keuntungan. Return on Investment (ROI) juga sangat penting bagi perusahaan dalam mengukur keberhasilan sebuah proyek dengan cara membandingkan keuntungan yang diperoleh dari proyek tersebut dengan biaya yang dikeluarkan. ROI dapat membantu perusahaan mengukur peningkatan penjualan, peningkatan pelanggan, atau meningkatkan brand awareness. Biaya yang dikeluarkan dapat berupa biaya produksi, biaya pemasaran, atau biaya operasional lainnya.