STP Marketing : Pengertian, Target, Segmentasi, dan Strategi

STP Marketing adalah sebuah model pemasaran yang menggunakan model SWOT untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Strategi marketing ini cukup populer untuk era digital dan model marketing modern.    STP marketing adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, and Positioning. Strategi ini merupakan proses membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil, menargetkan segmen yang paling menguntungkan, dan menempatkan produk atau jasa perusahaan pada posisi yang tepat di benak konsumen.  

Apa Itu STP Marketing?

  STP Marketing adalah sebuah pendekatan pemasaran yang berfokus pada konsumen yang dimana bisnis atau perusahaan melakukan sebuah strategi atau rencana marketing untuk mencapai tujuan perusahaan.    Model STP marketing biasanya berfokus pada kampanye brand atau iklan untuk lebih mudah menentukan segmen bisnis yang tepat, melalui sistem positioning brand dalam setiap segmennya.   

Segmentasi STP Marketing

  Segmentasi perusahaan merupakan sebuah awalan untuk melakukan STP marketing yang dimana membagi pasar menjadi segmen-segmen kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Berikut ini adalah beberapa segmentasi STP Marketing:  

1. Demografi

  Segmentasi pertama adalah demografi, yang menentukan target konsumen menurut dari kategori jenis kelamin, pendapatan, umur, status, lokasi, pendidikan, dan pekerjaan.   

2. Psikografi

  Segmentasi kedua adalah psikografi, yang menentukan karakteristik psikologis dan gaya hidup konsumen. Variabel yang digunakan untuk segmentasi pasar ini adalah kepribadian, nilai, gaya hidup, minat, dan pandangan konsumen.   

3. Geografis

  Segmentasi ketiga adalah geografis, yang menentukan domisili setiap konsumen, mulai dari di desa, di kota, atau di perumahan. Segmentasi ini penting untuk membantu kita lebih mengenal budaya dan cara berkomunikasi dengan konsumen.    Free photo high angle people working with laptop  

Target Pemasaran STP Marketing

  Dengan menentukan segmentasi pasar, maka langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan menentukan target pemasaran yang dimana kita melihat peluang dan mempertimbangkan setiap sumber daya dan segmentasi yang kita miliki.    Menentukan target pemasaran untuk STP marketing dapat dilakukan dengan memilih beberapa pola atau metode untuk dijadikan pedoman, seperti:
  1. Kita perlu fokus pada satu segmentasi (Single Segment Concentration)
  2. Memilih segmentasi yang sesuai dengan keunggulan produk tertentu (Selective Specialization)
  3. Memilih produk khusus (Product Specialization)
  4. Fokus pada produk yang sesuai dengan kebutuhan kelompok tertentu (Market Specialization)
  5. Pilihan semua kelompok (Full Market Coverage)
 

Strategi Pemasaran STP Marketing pada Bisnis Online

  STP marketing adalah strategi pemasaran yang efektif untuk semua jenis bisnis, termasuk bisnis online. Dengan STP marketing, bisnis online dapat mencapai target pasar yang tepat dan meningkatkan penjualan.   Sebuah strategi marketing dapat dikatakan sukses atau berhasil ketika mencapai sasaran dan tujuan yang tepat. Pemasaran sendiri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk mengembangkan perusahaan dan memperoleh keuntungan.   

Sampoerna University

  Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.    Sampoerna University menawarkan berbagai program sarjana dan magister di bidang-bidang seperti bisnis, teknologi informasi, kreativitas dan desain, serta studi kelas dunia. Universitas ini menempatkan fokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada industri, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa berhasil dalam karir mereka.   Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.   Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.   Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.   Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!    

Recent Post

Jun 20, 2024


Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat....

Jun 20, 2024


Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game bukan....

Jun 15, 2024


7 Bisnis Model Yang Paling Populer

Di era yang penuh dengan persaingan dan dinamika, bisnis model menjadi pedoman penting bagi perusaha....

Terima kasih telah memilih Sampoerna University. Mulai pendaftaran Anda hari ini!

Dengan mengisi formulir pendaftaran kami, Anda mengambil langkah pertama untuk bergabung dengan lingkungan pembelajaran inovatif di Sampoerna University dan mempersiapkan diri untuk sukses global. Daftar hari ini dan biarkan kami membantu Anda meraih potensi terbaik!