Apa Itu STP Marketing?
STP Marketing adalah sebuah pendekatan pemasaran yang berfokus pada konsumen yang dimana bisnis atau perusahaan melakukan sebuah strategi atau rencana marketing untuk mencapai tujuan perusahaan. Model STP marketing biasanya berfokus pada kampanye brand atau iklan untuk lebih mudah menentukan segmen bisnis yang tepat, melalui sistem positioning brand dalam setiap segmennya.Segmentasi STP Marketing
Segmentasi perusahaan merupakan sebuah awalan untuk melakukan STP marketing yang dimana membagi pasar menjadi segmen-segmen kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Berikut ini adalah beberapa segmentasi STP Marketing:1. Demografi
Segmentasi pertama adalah demografi, yang menentukan target konsumen menurut dari kategori jenis kelamin, pendapatan, umur, status, lokasi, pendidikan, dan pekerjaan.2. Psikografi
Segmentasi kedua adalah psikografi, yang menentukan karakteristik psikologis dan gaya hidup konsumen. Variabel yang digunakan untuk segmentasi pasar ini adalah kepribadian, nilai, gaya hidup, minat, dan pandangan konsumen.3. Geografis
Segmentasi ketiga adalah geografis, yang menentukan domisili setiap konsumen, mulai dari di desa, di kota, atau di perumahan. Segmentasi ini penting untuk membantu kita lebih mengenal budaya dan cara berkomunikasi dengan konsumen.
Target Pemasaran STP Marketing
Dengan menentukan segmentasi pasar, maka langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan menentukan target pemasaran yang dimana kita melihat peluang dan mempertimbangkan setiap sumber daya dan segmentasi yang kita miliki. Menentukan target pemasaran untuk STP marketing dapat dilakukan dengan memilih beberapa pola atau metode untuk dijadikan pedoman, seperti:- Kita perlu fokus pada satu segmentasi (Single Segment Concentration)
- Memilih segmentasi yang sesuai dengan keunggulan produk tertentu (Selective Specialization)
- Memilih produk khusus (Product Specialization)
- Fokus pada produk yang sesuai dengan kebutuhan kelompok tertentu (Market Specialization)
- Pilihan semua kelompok (Full Market Coverage)