Skip to main content

Pengertian Entrepreneurship, Manfaat dan Contohnya

By Februari 23, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FOB, Edukasi
Entrepreneurship

Di era kegiatan kreatif dan inovatif dalam bisnis, istilah entrepreneurship tengah mencuat di kalangan pebisnis. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini juga dikenal dengan kewirausahaan, maknanya memang lekat dan berkaitan dengan kreativitas serta inovasi,. Namun istilah ini tak lepas dari kegiatan wirausaha maupun bisnis yang tengah dijalankan seseorang.

Entrepreneurship merujuk pada proses atau kegiatan, berbeda dengan entrepreneur yang merujuk pada pelaku atau orang yang melakukannya. Entrepreneur merupakan orang yang melakukan proses entrepreneurship , namun banyak orang sering kali menyebut seorang yang melakukan entrepreneurship sebagai inovator, mengingat mengharuskan punya inovasi dan kemampuan.

Pengertian Entrepreneurship

Secara etimologis berasal dari bahasa Perancis yakni entreprende, yang berarti berusaha, berkembang di abad ke-18. Diperkenalkan oleh seorang ahli ekonomi bernama Richard Cantillon, diartikan sebagai upaya dalam mengejar peluang tanpa mempedulikan sumber daya yang dimiliki, kerap dikaitkan dengan istilah kewirausahaan ini.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kewirausahaan atau entrepreneurship disebut perihal usaha, sementara wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru. Menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya kemudian mengatur modal operasinya.

Baca juga: Revolusi Industri 4.0: Pengertian, Prinsip, Dampak dan Contohnya

Wirausaha memainkan peran penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara, dituntut memiliki kualitas untuk menjadi seorang pemimpin dan mengerti bagaimana cara untuk memimpin tim atau perusahaan agar bersatu dan mendapatkan keuntungan maksimum. Berikut ini beberapa pengertian entrepreneurship oleh ahli.

  • Peter Drucker

Kewirausahaan adalah sebuah kemampuan menciptakan hal baru dan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga menghasilkan sesuatu yang berbeda dari lainnya.

  • Zimmerer

Kewirausahaan adalah proses atau kegiatan yang membutuhkan kreativitas dan inovasi untuk menemukan peluang dalam kehidupan bisnis.

  • Eddy Soeryanto Soegoto

Usaha yang dilakukan seseorang berdasarkan perlakuan kreatif dan inovatif untuk menghasilkan suatu karya dan punya nilai jual, tujuan memberi manfaat bagi orang lain.

  • Siswanto Sudomo

Arti entrepreneurship adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan seorang wirausaha yang punya sikap mau bekerja keras dan berkorban, berani melakukan dengan daya dan upaya.

Istilah Entrepreneurship

Seiring perkembangan zaman dalam dunia bisnis dan entrepreneurship di kalangan masyarakat, ternyata terdapat kerancuan dari arti entrepreneurship itu sendiri. Kemudian intrapreneurship dan entrepreneurial maupun entrepreneur. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai beberapa istilah tersebut.

Entrepreneurship

Merupakan jiwa entrepreneur yang dibangun guna menjembatani ilmu dengan kemampuan pasar, meliputi pembentukan perusahaan baru, aktivitas serta kemampuan manajerial dan dibutuhkan seorang entrepreneur.

Intrapreneurship

Diartikan sebagai entrepreneur yang terjadi di dalam organisasi yang merupakan jembatan kesenjangan antara ilmu dengan keinginan pasar.

Entrepreneur

Perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship sangat jelas jika dilihat artinya, wirausaha sebagai seseorang yang membawa sumber daya seperti tenaga kerja, material dan aset lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkan nilai lebih besar ketimbang sebelumnya. Dan dilekatkan pada orang yang membawa perubahan, inovasi dan aturan baru.

Entrepreneurial

Secara singkat pengertian merupakan entrepreneurial merupakan kegiatan yang dilakukan dalam menjalankan suatu usaha.

Keberhasilan entrepreneur tergantung pada kemampuan diri sendiri dalam memanajemen, di mana seorang wirausaha bisa berhasil jika mempunyai kemauan keras dan tekad yang kuat. Kemudian memiliki modal yang cukup dan mengerti benar target pasar, di samping tersedianya pelayanan baik kepada pelanggan hingga memiliki jaringan yang luas.

Kegagalan bergantung pada kemampuan seorang wirausaha, terjadi apabila tidak berkompeten dalam manajerial. Pengalaman yang kurang, kurang bisa mengendalikan keuangan, gagal dalam melakukan perencanaan hingga yang paling utama adalah sikap kurang bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha.

Manfaat Entrepreneurship

Perubahan zaman membawa dampak pada entrepreneurship , mulai dari social entrepreneurship hingga digital entrepreneurship. Meski demikian, tidak mengubah manfaat yang diberikan dan justru semakin bertambah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari kewirausahaan baik bagi personal maupun masyarakat luas.

  • Peluang dan Kebebasan Menentukan Nasib Sendiri

Memiliki usaha sendiri adalah manfaat dari entrepreneurship yang pertama, menjadi seorang bos sekaligus pemimpin yang mengarahkan akan dibawa kemana bisnis yang dijalankan dan peluang mencapai tujuan hidup.

  • Membuat Perubahan

Seiring memberi peluang dalam mencapai tujuan hidup, kewirausahaan juga mampu menghasilkan perubahan. Perubahan ini bisa beraneka ragam, seperti penyedia rumah perumahan sederhana, sehat dan layak pakai atau perubahan dalam bisnis daur ulang limbah guna melestarikan alam.

  • Peluang Mencapai Potensi Diri

Bekerja di suatu perusahaan memang membosankan, bahkan bisa jadi kurang menantang dan tidak memiliki daya tarik baru. Berbeda dengan membuat usaha sendiri, bisnis yang dijalankan merupakan alat aktualisasi diri. Keberhasilan yang didapat tentu merupakan hasil yang ditentukan oleh kreativitas, inovasi dan sikap antusias terhadap visi yang diusung.

  • Meraih Keuntungan Optimal

Keuntungan bisa didapat dari melakukan wirausaha, selain merupakan sumber motivasi yang penting bagi seorang pelaku dalam membuat usaha sendiri. Keuntungan banyak menjadi tujuan utama dari seorang menjalankan wirausaha.

Demikian penjelasan mengenai pengertian entrepreneurship, istilah dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Di Sampoerna University memiliki salah satu jurusan yang dapat mendukung para mahasiswa dalam mengembangkan bakat entrepreneur dalam dirinya. 

Program akademik dalam Fakultas Bisnis dirancang untuk memenuhi kurangnya talenta bangsa dalam sektor ini dan memastikan bahwa semua mahasiswa kami sanggup bersaing untuk pekerjaan di dalam maupun luar negeri. Menurut Boston Consulting Group, banyak perusahaan-perusahaan Indonesia di segala tingkatannya mengalami krisis kekurangan manajer terlatih. Di tahun 2017, semua lulusan Fakultas Bisnis langsung menerima tawaran pekerjaan dan mulai bekerja dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan.

Yuk pelajari lebih lanjut tentang Fakultas Bisnis Sampoerna University di sini.

Referensi
Penerbitbukudeepublish.com – Pengertian Entrepreneurship

X