Skip to main content

Pengertian Problem Solving, Proses dan Contohnya

problem solving concept

Problem solving adalah salah satu poin yang wajib dimengerti di dalam perusahaan atau organisasi. Di mana keberadaan berbagai macam individu pada beragam divisi, sehingga konflik dan masalah dapat muncul kapan aja. Problem solving menjadi metode yang membantu seseorang mengerti bagaimana cara membereskan dan menyelesaikan masalah dengan optimal.

Ini menjadi salah satu soft skill penting yang dibutuhkan seseorang, termasuk karyawan di perusahaan. Khususnya bagi seorang pemimpin dan manajer di hampir setiap profesi, kemampuan ini sangat berguna ketika seseorang harus mengambil keputusan saat dihadapkan pada berbagai situasi dan masalah yang sulit dan tidak berguna di tempat kerja.

Pengertian Problem Solving

Problem solving merupakan cara mengidentifikasi dan menemukan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Pada dasarnya, kemampuan ini berkaitan dengan berbagai kemampuan lain seperti kemampuan mendengar, menganalisa, meneliti, kreativitas, komunikasi, kerja tim dan pengambilan keputusan.

Menurut Oemar Hamalik, arti problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah. Kemudian memecahkan masalah berdasarkan data serta informasi akurat, sehingga mampu mendapat kesimpulan dengan cermat dan cepat. Dengan ini sebenarnya sudah mendapatkan apa tujuan utama dari pemecahan masalah ini.

Baca juga: Mengenal Teknologi Artificial Intelligence (AI) Beserta Contohnya

Proses Problem Solving

Sesuai pengertian apa itu problem solving, kemampuan ini berkaitan dengan berbagai skills mulai dari mendengar, menganalisa, meneliti, kreativitas, komunikasi, kerja tim dan pengambilan keputusan. Terdapat berbagai pendekatan yang bisa dilakukan menyelesaikan masalah, namun secara umum terdapat empat tahapan dasar problem solving.

  • Definisikan Masalah

Mendefinisikan masalah bukan berarti hanya melihat pada gejala yang terlihat, tetapi juga menganalisis kunci masalah yang sebenarnya. Ada banyak hal yang jadi latar belakang dan pengaruh suatu masalah. Makanya dalam tahapan ini penting untuk melihat masalah dari berbagai perspektif.

Memahami bahwa hal itu harus segera diselesaikan jika masalah datang, meminimalisir bias yang mungkin akan muncul. Karena itu, seseorang harus mendukung informasi pendukung agar proses identifikasi masalah bisa berjalan lebih lancar.

  • Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah dan informasi yang sudah dikumpulkan, proses pemecahan masalah ini sangat penting. Tujuannya agar membagi aspek-aspek penting untuk dipisahkan, selain itu agar tidak memunculkan elemen berbeda yang tercampur. Cara ini terbukti efektif karena menciptakan proses yang lebih terorganisir sehingga penemuan solusi menjadi lebih cepat.

Dalam melakukan hal ini diperlukan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis dan logis, bisa dengan membandingkan alternatif kemudian mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang ada. Tahapan ini juga disebut dengan mengembangkan alternatif solusi yang ada.

  • Tentukan Solusi Terbaik

Tujuan problem solving adalah menemukan solusi yang terbaik atas sebuah masalah, karena setelah memikirkan alternatif yang ada. Mencoba menentukan solusi mana yang paling tepat dengan mempertimbangkan solusi mana yang akan akan diterapkan dan tidak berpotensi menyebabkan masalah lainnya.

Dalam melalui tahap ini mungkin akan terasa lebih lama, karena memang menemukan beberapa solusi untuk masalah yang muncul menguras isi kepala. Perlu adanya melihat kedua sisi dari masing-masing solusi agar mendapatkan yang terbaik.

  • Lakukan Evaluasi

Melakukan evaluasi merupakan tahapan paling menentukan dari proses problem solving, dalam hal ini seseorang dituntut untuk menyusun strategi, membagikan ke anggota tim dan menindaklanjuti solusi yang telah diputuskan. Selain itu juga harus mengumpulkan masukan dari berbagai pihak yang terlibat, lalu melakukan evaluasi hasil jangka panjang dari penerapan solusi tersebut.

Contoh Problem Solving

Contoh dari kemampuan pemecahan masalah ini paling sering muncul dalam wawancara kerja, calon karyawan biasanya diminta untuk menyelesaikan beberapa pertanyaan berbasis skenario yang bisa dijawab seperti cara menangani situasi di masa lalu. Kemudian bagaimana mengelola masalah yang muncul di dalam pekerjaan berikut contoh pertanyaannya.

Pelamar diminta untuk melakukan penjadwalan terhadap sebuah proyek yang harus diselesaikan dengan cepat, namun ternyata tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Karena memerlukan informasi dari kolega lain yang saat ini tidak dapat dihubungi, bagaimana pelamar bisa menghadapi dan memecahkan masalah ini.

Jawabannya menilai kembali dari situasinya, apakah terdapat elemen lain dari proyek tersebut yang
bisa dikerjakan sampai rekan kerja kembali. Apabila ada maka bisa mengerjakan terlebih dahulu, jika tidak ada maka harus mencoba untuk menghubungi yang bersangkutan atau karyawan lain di kantor yang bisa membantu.

Untuk bisa memecahkan masalah dalam pekerjaan misalnya, diperlukan pengetahuan yang banyak karena hal itu merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan problem solving. Memperbanyak pengetahuan teknis di bidang pekerjaan yang digeluti, pengetahuan yang kuat tentu membuat lebih mudah masalah yang sedang dihadapi.

Demikian penjelasan mengenai apa itu problem solving, proses yang dilakukan dan contohnya dalam kehidupan. Di Sampoerna University, para mahasiswa akan mempelajari bagaimana menghadapi tantangan global dan salah satunya memiliki pemahaman problem solving terbaik dalam menghadapi setiap situasi.

Sampoerna University lebih dari sekadar kampus — melainkan merupakan sebuah komunitas belajar yang mempersiapkan siswa untuk sukses baik secara akademis maupun profesional. Di sini, siswa tidak hanya akan belajar dan memperoleh keahlian akademis—mereka akan ditantang untuk berpikir, melakukan, dan tumbuh menjadi lebih baik. Dengan program yang ada, siswa dijamin memiliki keterampilan dan kredensial yang lebih baik yang akan membuka pintu untuk karir nasional atau internasional setelah mereka lulus.

Pelajari lebih lanjut terkait program studi, metode pengajaran dan seputar informasi akademik yang ada di Sampoerna University dengan mengisi data dibawah ini dan team kami akan siap melayani.

Article Form

Referensi
Sodexo.co.id – Proses problem solving

X