15 Feb 2024

Mengenal Distribusi Frekuensi Kumulatif, Biasa dan Relatif

Artikel,

Artikel - FOB,

Metode statistik yang dikenal sebagai distribusi frekuensi baik kumulatif maupun relatif digunakan untuk mengorganisasi, menganalisis, dan menampilkan data dalam bentuk tabel atau grafik. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk membuat data ringkas dan menunjukkan pola atau sebaran yang ada di dalamnya. 

Berbagai bidang, seperti ilmu sosial, ilmu ekonomi, dan science, sering menggunakan distribusi frekuensi untuk menjelaskan bagaimana data terdistribusi dalam berbagai kategori atau interval. Menyusun data ke dalam kategori atau interval memungkinkan untuk melihat pola yang mungkin tidak terlihat jika hanya melihat data inti. 

Distribusi frekuensi adalah alat penting dalam analisis data yang membantu memahami karakteristik data saat ini karena membantu dalam menentukan nilai-nilai yang sering muncul (mode), rentang nilai (range), dan ukuran pemusatan data seperti median dan rata-rata (mean).

 

Apa Itu Distribusi Frekuensi Kumulatif?

Distribusi Frekuensi Kumulatif adalah konsep statistik yang dikenal untuk menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik yang menunjukkan akumulasi frekuensi data dalam interval tertentu. 

Dalam distribusi frekuensi kumulatif,  jumlah atau persentase data yang kurang dari atau sama dengan batas tertentu dari interval kategori yang telah ditentukan sebelumnya. Ini membantu memahami sebaran data secara lebih luas daripada hanya melihat distribusi frekuensi biasa. 

Persentase, seperti median (persentil ke-50) dan kuartil (persentil ke-25 dan ke-75), yang merupakan titik penting dalam data, dapat dengan mudah diidentifikasi dengan melihat distribusi kumulatif. Dalam analisis statistik, distribusi frekuensi kumulatif sering digunakan untuk menunjukkan sejauh mana data berkonsentrasi pada nilai-nilai tertentu dan untuk menemukan outlier atau nilai-nilai ekstrim. 

 

Apa Itu Distribusi Frekuensi Relatif?

Distribusi Frekuensi Relatif digunakan untuk merangkum data, menghitung proporsi atau persentase relatif dari setiap interval atau kategori dalam distribusi frekuensi. Distribusi frekuensi relatif menghitung frekuensi relatif, yaitu bagian dari total data yang masuk ke dalam setiap kelas, bukan hanya jumlah frekuensi absolut dalam setiap kelas data. 

Perbandingan proporsi data dalam berbagai kelas atau interval dapat dengan mudah dilakukan dengan distribusi frekuensi relatif; ini seringkali lebih informatif untuk analisis daripada hanya melihat frekuensi absolut. 

Selain itu, distribusi frekuensi relatif berguna untuk menunjukkan distribusi data dalam bentuk persentase, yang memudahkan pemahaman tentang sebaran relatif dari nilai-nilai data dalam setiap kategori atau interval. Hal ini sangat bermanfaat dalam statistik karena memungkinkan untuk membandingkan distribusi data antara kelompok atau populasi yang berbeda dengan berbagai ukuran, yang memungkinkan perbandingan yang lebih objektif dalam analisis data.

 

Baca juga: Apa Itu Interpretasi Data? Bagaimana Cara Melakukannya

 

Apa Itu Distribusi Frekuensi Biasa?

Dalam distribusi frekuensi biasa, data dikelompokkan ke dalam kategori atau interval yang disebut kelas data. Teknik ini digunakan untuk merangkum dan menunjukkan pola atau sebaran data dalam tabel atau grafik. 

Distribusi frekuensi biasa memberikan gambaran visual yang jelas tentang sebaran nilai-nilai data dan memungkinkan kita untuk mengidentifikasi pola atau karakteristik khusus dari data tersebut, seperti nilai yang sering muncul (mode), rentang nilai (range), atau ukuran pemusatan data seperti rata-rata (mean) dan median. 

Dalam analisis data, distribusi frekuensi biasa sangat bermanfaat karena memudahkan pemahaman data secara keseluruhan dan membantu pengambilan keputusan berdasarkan data yang dihasilkan.

 

Bagian-bagian Distribusi Frekuensi

 

Bagian-bagian Distribusi Frekuensi

 

Berikut adalah beberapa komponen utama distribusi frekuensi yang membantu mengorganisasi dan merangkum data:

1. Kelas atau Interval Data 

Menentukan kelas atau interval data adalah bagian pertama distribusi frekuensi. Interval ini biasanya memiliki lebar yang sama, tetapi dapat berbeda tergantung pada situasinya.

2. Frekuensi Kumulatif Relatif

Jumlah akumulasi frekuensi relatif distribusi disebut frekuensi kumulatif relatif. Ini membantu untuk memahami seberapa konsentrasi data dalam interval tertentu.

3. Frekuensi Relatif 

Persentase atau proporsi total data yang jatuh ke dalam setiap kelas atau interval disebut frekuensi relatif. Ini menunjukkan sebaran relatif data.

4. Frekuensi Kumulatif 

Jumlah total frekuensi absolut dalam distribusi disebut frekuensi kumulatif. Ini membantu menentukan berapa banyak data yang kurang dari atau sama dengan nilai distribusi tertentu.

5. Frekuensi Absolut 

Jumlah data yang jatuh ke dalam setiap kelas atau interval disebut frekuensi absolut. Ini adalah ukuran seberapa sering nilai tertentu muncul dalam data.

6. Batas Kelas

Nilai-nilai yang membatasi setiap interval disebut batas kelas. Biasanya, ada batas bawah dan batas atas untuk setiap kelas.

7. Lebar Kelas 

Lebar kelas adalah selisih antara batas atas dan batas bawah setiap interval. Ini menunjukkan range nilai yang diwakili oleh setiap kelas.

8. Rata-rata (Mean

Jumlah semua nilai data dibagi dengan jumlah data adalah rata-rata. Ini adalah ukuran pemusatan data yang umum digunakan.

9. Nilai Tengah (Median)

Nilai tengah distribusi frekuensi dikenal sebagai median, yang membagi data menjadi dua bagian yang sama besar ketika diurutkan.

10. Rentang (Range

Nilai distribusi frekuensi maksimum dan minimum dibagi menjadi selisihnya. Ini digunakan untuk mengukur sebaran data secara keseluruhan.

Bagian-bagian ini memudahkan pemahaman dan analisis statistik dengan menggambarkan dan meringkas data dalam distribusi frekuensi.

 

Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Kami adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

Sampoerna University menawarkan berbagai program sarjana dan magister di bidang-bidang seperti bisnis, teknologi informasi, kreativitas dan desain, serta studi kelas dunia. Universitas ini menempatkan fokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada industri, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa berhasil dalam karir mereka.

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Informasi lebih lanjut terkait Fakultas yang tersedia, informasi terkait beasiswa, penerimaan mahasiswa baru dan informasi lainnya silakan klik pada tautan yang dilampirkan. Jadwalkan kunjungan langsung untuk melihat fasilitas, program kampus dan hal-hal menarik lainnya di seputar Sampoerna University dengan klik tautan berikut ini.

Belajar Dengan Pendidikan Berstandar Amerika Sepenuhnya Di Indonesia Bersama Sampoerna University.

 

Recent More

Mengenal Metode Waterfall, Pengertian dan Tahapan

Apr, 05 2024

Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang...

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Teknik Sistem Informasi - Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting...

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp