Skip to main content

Tindakan Ekonomi adalah Hal Penting untuk Manusia, Apa Contohnya?

By Agustus 29, 2022September 9th, 2022Artikel, Artikel - FOB
tindakan ekonomi adalah

Dalam kehidupan sehari-hari, tindakan ekonomi adalah tindakan manusia yang selalu berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia sebagai makhluk sosial juga terus mendorong mereka untuk melakukan tindakan ekonomi, demi memenuhi segala kebutuhan hidup.

Tindakan ekonomi merupakan hal pokok dalam proses ekonomi manusia, dan hal ini juga berhubungan erat dengan motif serta prinsip ekonomi. Tiga hal ini adalah yang kemudian membangun kegiatan ekonomi masyarakat.

Jadi sebenarnya, apa itu tindakan ekonomi dan bagaimana contoh tindakan ekonomi? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Pengertian Tindakan Ekonomi

Dalam KBBI, tindakan diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan; perbuatan. Sedangkan ekonomi salah satunya diartikan sebagai pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga. Artinya, tindakan ekonomi bisa diartikan sebagai sebuah perbuatan yang dilakukan untuk proses perekonomian manusia, dengan tujuan memenuhi kebutuhan dan mencapai kesejahteraan.

Tindakan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan yang dilakukan dengan hasil yang diperoleh. Sejahtera bukan berarti kaya raya atau bergelimang harta, tetapi artinya semua kebutuhan manusia tersebut tercukupi dengan baik.

Jadi, jika ada pertanyaan, “jelaskan pengertian tindakan ekonomi!”, jawabannya adalah, tindakan ekonomi merupakan perbuatan yang dilakukan semua manusia, berhubungan dengan manusia lainnya, dalam hal ekonomi guna memenuhi segala kebutuhannya untuk bisa bertahan hidup dan mencapai kesejahteraan dengan mempertimbangkan pengorbanan dengan hasil yang didapat.

Sedangkan alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Motif ekonomi ini bermacam-macam, dan biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu karena faktor dari dalam (intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik). Contoh dari kegiatan yang menunjukkan sebuah tindakan ekonomi adalah membeli makanan.

Seseorang memiliki motif ekonomi ingin membeli makanan untuk memenuhi kebutuhan makannya. Ia punya prinsip ekonomi untuk membeli makanan yang enak dan murah. Lalu, ia mengambil tindakan ekonomi untuk membeli makanan tersebut. Lalu, sebenarnya bagaimana pengertian tindakan ekonomi menurut para ahli?

Tindakan Ekonomi Menurut Para Ahli

tindakan ekonomi adalah

Berikut ini adalah definisi tindakan ekonomi menurut para ahli:

  1. Lionel Robbins

Robbins adalah ekonom yang menganut paham ekonomi formalis. Menurutnya, tindakan ekonomi merupakan kalkulasi efisien dari sarana yang langka dalam kaitannya dengan mencapai tujuan beragam. Tujuan ini termasuk tujuan ekonomi finansial dan non-finansial.

  1. Rohmatul Hamidah

Menurut Hamidah, tindakan ekonomi mencakup seluruh upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup. Termasuk di dalamnya proses mencari uang, mencari produk kebutuhan, mencari penjual, hingga membelinya.

  1. Rendy Andika

Rendy Andika berpendapat bahwa tindakan ekonomi adalah semua usaha seorang manusia mendapatkan kebutuhan hidup dengan jumlah yang tak terbatas.

  1. Alfred Marshall

Marshal adalah ekonom yang memiliki paham ekonomi substantif, dengan menurutnya tindakan ekonomi merupakan pengejaran keuntungan material yang pada prosesnya bertentangan dengan prinsip-prinsip moral.

  1. Elias L. Khalil

Dalam jurnal Journal of the History of Economic Thought, Khalil mengatakan tindakan ekonomi adalah hal yang tidak hanya menyoal proses individu dalam mengejar selera ekonomi tertentu, melainkan juga tentang proses meminimalkan biaya pada setiap tujuan ekonomi.

Menurutnya, tindakan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan seseorang serta meminimalkan biaya pengeluaran.

Baca juga: Sistem Ekonomi Kapitalis: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh

Tujuan Tindakan Ekonomi

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari tindakan ekonomi yang dilakukan:

  1. Untuk membedakan mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan.
  2. Untuk bisa membedakan kualitas serta harga barang dan jasa.
  3. Untuk bisa membedakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan.
  4. Untuk dapat lebih memprioritaskan kebutuhan hidup.

Jenis-jenis Tindakan Ekonomi

tindakan ekonomi adalah

Tindakan ekonomi bisa dibagi menjadi dua jenis: tindakan ekonomi rasional dan irasional. Perbedaan ini terletak pada tujuan atau fokus dari tindakan ekonomi tersebut. Berikut ini penjelasannya:

  1. Rasional

Dalam KBBI, rasional berarti menurut pikiran dan pertimbangan yang logis; menurut pikiran yang sehat; cocok dengan akal. Artinya, tindakan ekonomi rasional adalah tindakan ekonomi yang didasari pada pemikiran yang logis, masuk akal, dan dengan pikiran yang sehat.

Dengan kata lain, tindakan ekonomi rasional bertujuan mendapatkan keuntungan, atau memperoleh suatu kepuasan maksimal. Biasanya, ada banyak faktor yang dipertimbangkan lebih dahulu sebelum mengambil tindakan ekonomi ini, dengan mempertimbangkan faktor biaya, kebutuhan, waktu, tenaga, dan lain sebagainya.

Dalam bisnis misalnya, tindakan rasional mencakup tindakan untuk mendapat keuntungan, membuat produk yang bermanfaat, diminati masyarakat, harga sesuai pasar, teknik pemasaran tepat, dan hal-hal lainnya.

Dalam hal individu, contohnya adalah ketika ingin membeli sesuatu, lalu dibandingkan terlebih dahulu harganya dengan benda atau tempat lain, kualitas barang, dan hal-hal lainnya.

  1. Irasional

Dalam KBBI, irasional berarti tidak berdasarkan akal (penalaran) yang sehat atau tidak masuk akal; tidak terhitung lagi. Artinya, ini adalah tindakan ekonomi yang tidak didasarkan pada akal sehat dan tidak masuk ke nalar, atau kebalikan dari tindakan ekonomi rasional.

Tidak ada pertimbangan faktor biaya, kebutuhan, waktu, tenaga, dan lain sebagainya, sebelum memutuskan melakukan tindakan ekonomi tersebut. Artinya, kadang tindakan ini menurut manusia akan menguntungkan, namun akhirnya justru merugikan.

Ada pula manusia yang memang kerap melakukan hal ini tanpa berpikir panjang, dan langsung melakukan tindakan ekonomi irasional. Contohnya adalah ketika membeli barang, hanya mengunjungi satu toko untuk menghemat waktu. Ternyata, barang dijual lebih murah dengan kualitas lebih baik di toko lain, membuat kecewa pada akhirnya.

Atau dalam bisnis, pengusaha mengeluarkan produk varian baru tanpa dasar yang kuat sehingga produk tersebut gagal di pasaran dan membuat kerugian bagi perusahaan.

Motif Tindakan Ekonomi

Alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Motif ekonomi ini bermacam-macam, dan biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu karena faktor dari dalam (intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik).

  1. Motif Tindakan Ekonomi Intrinsik

Dalam motif ini, tindakan ekonomi didasari segala sesuatu yang berasal dari dalam diri atau dalam perusahaan, tanpa ada pengaruh faktor dari luar. Contoh tindakan ekonomi ini adalah misal perusahaan ingin mendaur ulang sampah, mereka lalu melakukan jajak pendapat dari karyawan sendiri dan disetujui lalu membuat mesin daur ulang sampah.

Di level individu, contohnya adalah ketika seseorang ingin membeli makanan karena ia merasa lapar, lalu membeli makanan, tanpa ada pengaruh dari luar, artinya motif ekonominya adalah diri sendiri.

  1. Motif Tindakan Ekonomi Eksintrik

Berbeda dengan intrinsik, motif ekonomi ini didorong dengan faktor dari luar, seperti dari lingkungan sekitar. Contohnya, seseorang ingin membeli barang karena ia melihat iklan atau melihat orang lain menggunakan barang tersebut, lalu juga ingin membelinya.

Bisa juga contohnya adalah seseorang berjualan, bukan untuk dirinya, tetapi hasil penjualan digunakan untuk biaya pengobatan keluarga, misalnya.

Demikian penjelasan tentang arti, tujuan, jenis, dan contoh tindakan ekonomi. Agar lebih memahami materi ini lebih lanjut, Sampoerna University memiliki fakultas Bisnis yang membantu lulusannya menjadi lebih cakap dan terlatih untuk mengisi lapangan pekerjaan di sektor manajemen bisnis, perbankan dan jasa keuangan di Indonesia. 

Selain itu, mahasiswa di Fakultas Bisnis memiliki kesempatan belajar yang unik di luar negeri melalui kerja sama kami dengan universitas-universitas di Amerika Serikat. Mereka dapat memilih untuk belajar di luar negeri dan mendapatkan nilai yang bisa langsung masuk ke dalam SKS mereka di Sampoerna University.

Informasi lebih lanjut terkait kemahasiswaan, pendaftaran, kunjungan dan metode pembelajaran dapat mengisi data dibawah ini. Team admission kami akan segera menghubungi, terima kasih.

Article Form

Referensi
Gramedia

X